Yaumul Jaza artinya

Posted on

Kali ini kita akan membahas makalah materi tentang yaumul jaza artinya yang meliputi Penjelasan, nama-nama hari akhir dan contoh soalnya

yaumul jaza artinya

Penjelasan Yaumul Jaza

arti Yaumul Jaza berasal dari bahasa Arab: (يوم الجزا)

yang berarti “hari pembalasan”

Di mana kalimat Yaumul Jaza ialah hari pembalasan atas semua tindakan manusia waktu hidup di dunia

Dia akan menerima balasan yang diberikan oleh Allah SWT dari semua tindakan manusia selama hidupnya, dan semua ini tergantung pada tindakan yang dilakukan oleh umat manusia selama hidupnya di bumi.

Maka kita, sebagai seorang Muslim, harus bisa percaya bahwa hari terakhir itu ada.

Seperti yang telah dijelaskan, kehidupan manusia di dunia ini adalah kekhalifahan sementara, dan Hari Penghakiman adalah hari di mana setiap tindakan baik dan buruk diajukan ke pengadilan sesuai dengan hasil tindakannya.

Jadi, dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa Yaumul Jaza adalah hari di mana semua umat manusia akan berkumpul untuk menerima balsan atas tindakan mereka sepanjang hidup mereka di bumi. Di mana bentuk balasan apapun akan diterima sepenuhnya tergantung pada apa yang ia lakukan pada waktu hidup di dunia.

Ketika seseorang melakukan perbuatan baik / buruk, ketika menjalani hidupnya di dunia ini, maka ini jelas merupakan bentuk balasan atau hadiah sesuai apa yang ia lakukan.

Namun, ketika seseorang / manusia melakukan perbuatan buruk / praktik buruk selama hidupnya, maka akan sangat jelas bahwa mereka akan menerima neraka yaitu siksaan sebagai balasannya.

Komentar untuk Yaumul Jaza (يوم الجز)

Berdasarkan penjelasan kata-kata di atas, Yaumul Jaza, yang juga dijelaskan dalam firman Allah SWT.

Baca Juga :  Pengertian Kaligrafi

Ini ditulis dalam ayat Al-Qur’an dalam ayat 17 Surat Al-Mumin, yang menyatakan:

Nama- Nama Hari akhir

  • Yaumul Qiyamah adalah “Hari Kebangkitan,” ketika hari ini seluruh alam semesta akan dihancurkan dan semuanya akan binasa.
  • Yaumul Fashl adalah hari perpisahan yang akan terjadi antara orang-orang yang beriman dan yang tidak beriman pada hari ini.
  • Yaumul Khisab adalah “hari perhitungan,” yang hari ini akan menjadi hari perhitungan bagi seluruh umat manusia dan untuk setiap tindakan yang dilakukan selama hidupnya di dunia.
  • Yaumul Talak: “Hari pertemuan, ketika hari ini semua umat manusia akan bersatu kembali setelah pemisahan yang begitu lama.
  • Yaumul Jam’i adalah “hari pertemuannya, di mana semua orang akan berkumpul hari ini, dari orang-orang tua dari zaman Adam hingga manusia baru yang diciptakan oleh Tuhan terakhir.
  • Yaumul Mahsyar: Hari Rakyat di bidang Mahsyar) pada hari ini, semua orang akan berkumpul bersama di bidang Mahsyar.
  • Yaumul Ba’ats adalah “Hari Kebangkitan”, di mana hari ini Yang Mahakuasa akan membangkitkan semua massa umat manusia yang mati.
  • Yaumul Mizan – “Kiamat dari setiap kegiatan amal yang ia lakukan sepanjang hidupnya saat ia berada di dunia
  • As-Saah adalah hari penghakiman, ketika pada hari itu Tuhan akan menentukan kapan Hari Penghakiman akan datang.
  • Yaumul Diin adalah hari pembalasan dari kayak yang diadopsi / beragama, yang berarti bahwa itu adalah hari pembalasan atas apa yang ia konsumsi sepanjang hidupnya, praktik-praktik seperti sholat, puasa, amal, shodako, dan ziarah.

Contoh Soal nya

1. Persiapan apa yang terbaik untuk menuju kematian atau hari akhir…

a. Sebuah Amar Macruff

b. Birul walidaini

c. Nahi mungkar.

Baca Juga :  Arti Zodiak Libra

d. Ukulul walidaini

Jawab: a

2. Yaumul kiyamah juga disebut yaumul mizan, yang mempunya arti  …

a. Sebuah Hari perhitungan untuk setiap amal

b. Hari Pembalasan

c. Hari penimbangan amal manusia

d. HAri dibangkitkannya manusia

Jawab: c

3. Untuk seseorang yang lulus ujian dalam perkuliahan, dan kemudian hasil ujian ini membuktikan bahwa selama hidupnya ia selalu melakukan hal yang sangat buruk sehingga ia akan menerimanya dengan ….

a. wajah bersinar

b. bergairah

c. tangan kanan

d. tangan kiri

Jawab: D

4. Bagi mereka yang menerima balasan atas apa yang mereka lakukan dalam bentuk surga dan neraka, disebut apa kah hari itu ? …

a .Yaumul ba’ats

b. Yaumul Fashl

c. Yaumul jaza

d. Yaumul Mizan

Jawab: d

Demikan dan sekian yang bisa suhupendidikan.com sampaikan mengenai yaumul jaza artinya semoga bermanfaat terima kasih

Artikel Lainnya :