Yang Membatalkan Puasa

Posted on

Yang Membatalkan Puasa – yaitu segala hal yang membatalkan puasa, atau dengan kata lain puasanya menjadi tidak sah. Berikut ini suhupendidikan.com aka berbai waawasan tentang hal apa saja yang membatalkan puasa agar menjadi renungan dan ilmu tambahan untuk kita semua

batal puasa
batal puasa

Yang Membatalkan Puasa

Ada beberapa hal yang membatalkan puasa, berikut ini adalah pembahasan secara lengkapnya

1. Memasukkan Benda Dengan Sengaja ke Dalam Lubang

Sesuatu hal yang bisa membatalkan puasa yaitu makan, minum dan segala sesuatu hal yang masuk melalui lubang anggota tubuh yang masuk (mutasil) hingga lambung, dan memasukannya dengan cara sengaja, artinya jika perbuatan itu dilakukan tanpa kesengajaan atau lupa, maka tidak membatalkan puasanya.

Sesuai dengan Hadits

Siapa yang lupa akan keadaannya sedang berpuasa, lalu ia makan dan minum, maka hendaklah ia menyempurnakan kembali puasanya, karena sesungguhnya Alloh-lah yang memberikan makanan dan minuman itu”. (Hadits Shahih, riwayat al-Bukhari: 1797 dan Muslim: 1952)

2. Melakukan Hubungan Seksual

Hubungan seksual yang dilakukan pasangan suami isteri maupun bukan adalah mampu menyebabkan batalnya puasa dengan ketentuan yaitu melakukannya dalam keadaan sadar dan sengaja. Suatu perbuatan bisa dikatakan hubungan seksual dengan batas minimal yang masuknya khasafah ke dalam farji (vagina), dan jika kurang dari itu maka tak dikatagorikan hubungan seksual dan tak bisa membatalkan puasa.

Barang siapa yang melakukan hubunngan seksual dengan sengaja ketika menjalankan ibadah puasa Ramadhan, sedangkan malam harinya ia memiliki niat menjalankan puasa, maka orang itu berdosa dengan alasan sudah merusak ibadah puasa, oleh sebab itu ia diwajibkan untuk mengqadla dan membayar kifarat

Jika tidak menemukan budak untuk dimerdekakan / tidak mampu untuk memerdekakannya dari segi pembiayaan, maka menggantinya dengan cara berpuasa 2 bulan secara berurut-urut di bulan selain bulan Ramadhan, dan jika ia tak mampu juga maka diwajibkan yaitu membayar fidyah untuk 60 orang fakir ataupun miskin. Dan bagi setiap orang miskin mendapat satu mud dari makanan yang mencukupi untuk zakat fitrah.

Jika ia tidak mampu semuanya, maka kafarat tu tidak gugur dan tetap menjadi tanggungannya. Dan pada saat ia memiliki kemampuan untuk membayar dengan cara mencicil, maka lakukan dengan segera.

3. Mengobati Kemaluan dan Dhubur

Baca Juga :  Qalqalah

Pengobatan yang dilakukan dari salah satu dari dua jalan yaitu (kemaluan dan dhubur) atau kedua-duanya, khusus bagi orang yang sakit, maka pengobatan yang seperti itu bisa membatalkan puasa

4. Muntah Disengaja

Muntah dengan disengaja, dan jika tanpa disengaja atau karena sakit, maka tidak membatalkan puasa seperti keterangan di atas.

Dari Abu Hurairah r.a, menuturkan, sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Siapa yang tidak sengaja muntah, maka tidak diwajibkan untuk mengganti puasanya, dan barang siapa yang sengaja muntah maka a wajib mengganti puasanya”.
(Hadits Hasan Gfarib, riwayat al-Tirmidzi: 653 dan Ibn Majah: 1666)

5. Keluar Air Mani Karena Bersentuhan

Keluarnya air mani yang disebabkan bersentuhan (tanpa hubungan seksual) maka menyebabkan batalnya puasa, baik itu yang keluar dengan usaha tangan sendiri (masturbasi) atau memakai tangan seorang isteri yang sah. Dengan kata lain, jika keluar air mani tanpa sebab bersentuhan misalnya bermimpi basah maka puasanya tidak batal.

6. Haid

yaitu darah yang keluar dari kemaluan seorang perempuan yang sudah ada di usia batas minimal 9 tahun. Dengan waktu haid paling cepat yaitu 24 jam, ghalibnya (keumuman) keluar darah selama 1 minggu, paling lama yaitu selama 15 hari, dan jarak antara kedua masa haid batas minimal yaitu 15 hari.

Darah yang keluar dari kemaluan seorang perempuan dengan cirri-ciri seperti di atas, jika keluar di saat seorang perempuan sedang ibadah puasa maka puasanya batal.

Baca Juga : Tentang darah perempuan

kami (perempuan) diperintahkan mengganti puasa yang ditinggalkan, tetapi tidak diperintahkan untuk mengganti sholat yang ditinggalkan”. (Hadits Shahih, riwayat Muslim: 508)

7. Nifas

Nifas, yaitu darah yang keluar dari kemaluan seorang perempuan sesudah proses melahirkan dengan rentang waktu hingga dua bulan (ukuran maksimal) juga bisa menyebabkan batalnya puasa, jika keluar di saat sedang berpuasa.

Baca Juga :  Rukun Sholat Jenazah

8. Gila
Gila yang terjadi saat seseorang sedang mengerjakan ibadah puasa, maka puasanya akan batal.

9. Murtad
Murtad, adalah sesuatu hal yang menyebabkan seorang keluar dari islam dengan melakukan pengingkaran akan keberadaan Alloh SWT sebagai dzat tunggal, jika disaat ia sedang melaksanakan ibadah puasa, maka puasanya batal.

Itulah 9 hal yag mapu membatalkan puasa, namun ada jugahal yag merusak puasa, yaitu misalnya

  • marah
  • bohong
  • ghibah (menceritaka keburukan orang lain)
  • Dll.. yang sebenarnya adalah penyakit hati

Karena puasa adalah menahan hawa nafsu, maka nafsu marah termasuk merusak ibadah puasa. untuk mengetahui apa saja rukun puasa yaitu ada di link dibawah ini

Baca juga : Rukun Puasa

catatan : bukan batal, namun rusak

apakah menangis membatalkan puasa ? apa saja yang membatalkan pahala puasa ? apakah marah membatalkan puasa ? yang membatalkan puasa bagi perempuan ? membayar hutang puasa ? nah sekarang kalia sudah bisa menjawab pertanyan pertanyan ini setelah mengetahui hal yang membatalkan puasa di atas dengan dalilnya

 

Dalil Puasa

Kata puasa dalam bahasa Arab yaitu “Shiyam atau shaum”, keduanya adalah bentuk masdar, yang memiliki makna menahan. Sedangkan menurut hukum fiqh yaitu menahan diri sepanjang hari dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari dengan niat tertentu, menahan dari segala sesuatu yang mapu menyebabkan batalnya puasa bagi orang islam dan berakal, sehat, serta suci dari haid dan nifas bagi seorang muslimah.

Puasa ramadhan yaitu hukumnya wajib untuk semua umat muslim yang memenuhi syarat melakukannya. Kewajiban berpuasa ketika bulan Ramadhan menurut nash al-Qur’an yang sifatnya qot’i di dalam kajian ilmu fiqh.

dalil puasa
dalil puasa

Demikianlah pembahasan mengenai hal yang membatalkan puasa, Semoga bermanfaat