Umrah : Pengertian , Syarat , Rukun , Doa dan Tata Cara Umroh

Posted on

Umrah – Merupakan salah satu kegiatan ibadah di dalam agama Islam. Hampir sama dengan ibadah haji, ibadah ini dilaksanakan dengan melakukan beberapa ritual ibadah di kota suci Mekkah, khususnya di Masjidil Haram. Berikut adalah pengertian umroh beserta biaya, paket dan doanya, Untuk lebih jelasnya simak pembahasa dibawah ini

umroh
umroh

Pengertian Umroh

Pada istilah teknis secara syari’ah, Umrah memiliki arti melaksanakan tawaf di Ka’bah dan sa’i antara bukit Shofa dan Marwah, setelah menggunakan pakaian ihram yang diambil dari miqat. Sering disebut dengan haji kecil.

Perbedaan Umroh dan Haji

Perbedaan umrah dengan haji yaitu pada waktu dan tempat. Umrah bisa dilakukan sewaktu-waktu misalnya setiap hari, bulan, tahun dan hanya di kota Mekkah, Sedangkan haji hanya bisa dilaksanakan pada beberapa waktu antara tanggal 8 Dzulhijjah sampai 12 Dzulhijjah dan dilaksanakan sampai ke luar kota Mekkah.

Syarat Umrah

Syarat mengerjakan umrah yaitu sama dengan syarat mengerjakan haji, berikut adalah syarat-syarat nya:

  1. Beragama Islam
  2. Baligh dan berakal
  3. Merdeka
  4. Mempunyai kemampuan, (Ilmu, Biaya, dan Kesehatan jasmani serta rohani)
  5. Terdapat mahram (khusus bagi wanita)

Rukun Umrah

Berikut d bawah ini adalah Rukun umrah :

  1. Ihram, berniat memulai umrah
  2. Thawaf
  3. Sai
  4. Tahallul
  5. Tertib

Wajib

Adapun wajib umrah adalah:

  1. Melakukan ihram saat hendak memasuki miqat
  2. Bertahallul dengan menggundul / memotong sebagian rambut

Keterangan:

Meninggalkan rukun, maka umrahnya tidak sempurna dan wajib diulangi
Meninggalkan kewajiban, umrah tetap sah dan kesalahan itu mampu ditutupi dengan DAM
Bersetubuh jika sebelum tahallul maka wajib membayar se ekor kambing

Jenis Umroh

Ada beberapa tipe umrah, yang umum yaitu umrah yang digabungkan dengan pelaksanaan haji sepertimisalnya pada haji tamattu, adapula umrah yang tidak terkait dengan haji.

  1. Umrah Mufradah
  2. Umrah Tamattu’
  3. Umrah Sunah

Tata cara umroh

Untuk tatacara pelaksanaan umrah, Perlu diperhatikan hal-hal dibawah ini :

  1. Disunnahkan mandi besar (janabah) sebelum ihram pada umrah.
  2. Menggunakan pakaian ihram. Untuk Pria 2 kain yang dijadikan sarung dan selendang, Dan untuk wanita
  3. Menggunakan pakaian apa saja yang menutup aurat tanpa ada hiasannya dan tik memakai cadar dan juga sarung tangan.
  4. Niat umrah ada dalam hati, saat sampai di miqot ( batas daerah tanah suci ) sholat sunah dua rokaat lalu mengucapkan Labbaika Allahumma ‘umrotan / Labbaika Allahumma bi’umrotin. Kemudian bertalbiyah dengan suara dikeraskan bagi kaum laki-laki dan dengan suara rendah bagi wanita, yaitu mengucapkan Labbaikallahumma labbaik lab baika laa syarika laka labbaik. In nal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika laka.
  5. Andai sudah sampai di kota Makkah, disunnahkan mandi dahulu sebelum memasukinya.
    Setelah sampai di ka’bah, talbiyah berhenti sebelum thawaf. Lalu menuju hajar aswad sambil menyentuhnya dengan tangan kanan serta menciumnya andai mampu dan mengucapkan Bismillahi Allahu Akbar. Jika tidak mampu menyentuh dan menciumya, cukup memberi isyarat dan berkata Allahu Akbar.
  6. Thawaf sebanyak 7x putaran. 3 putaran pertama jalan cepat dan sisanya adalah jalan biasa. Thowaf diawali dan diakhiri di hajar aswad dan ka’bah dijadikan di sebelah kiri.
  7. Sholat 2 raka’at di belakang maqam Nabi Ibrahim jika bisa ataupun di tempat lainnya di masjidil haram dengan membaca surat Al-Kafirun di raka’at pertama dan Al-Ikhlas di raka’at kedua.
  8. Sa’i dengan naik ke bukit Shofa serta menghadap kiblat seraya mengangkat kedua tangan dan mengucapkan kalimat Innash shofa wal marwata min sya’aairillah. Abda’u bima bada’allahu bihi (Aku memulai dengan apa yang Alloh memulainya). Lalu kemudian bertakbir 3 kali tidak memberi isyarat dan mengucapkan Laa ilaha Illallahu wahdahu laa syarika lahu. Lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai’in qodiir. Laa ilaha illallahu wahdahu anjaza wa’dahu wa nasoro ‘abdahu wa hazamal ahzaaba wahdahu 3x. Kemudian berdoa sekehendaknya.
  9. Amalan pada poin 8 diulangi tiap putaran di sisi bukit Shofa dan Marwah dan disertai dengan doa.
  10. Sa’i dilakukan 7x dengan hitungan berangkat satu kali dan kembalinya dihitung satu kali, diawali dari bukit Shofa dan diakhiri di bukit Marwah.
  11. Mencukur seluruh atau sebagian rambut kepala bagi kaum lelaki dan memotongnya sebatas ujung jari bagi kaum wanita.
  12. Dengan demikian selesai sudah umrah anda
Baca Juga :  Pengertian Kaligrafi

Doa dan Bacaan Umroh

Berikut adalah doa-doa yang dibaca ketika umroh, diantaranya :

Doa bepergian/safar, yang meliputi :

1. Niat Umroh

Niat berumroh adalah sebagai berikut:

Niat Umroh

Labbaika Allahumma ‘umratan.

Artinya:
“Aku datang memenuhi panggilan Mu untuk berhaji dan umroh.”

2. Doa Setelah Menggunakan Pakaian Ihram

Doa Setelah Menggunakan Pakaian Ihram

Allohumma uharramu sya’rii wabasyarii wajasadii wajamii’a jawaa rihiiy min kulla syai’in harram tahu ‘alalmuhrimi abtaghiiy bidzaa lika wajhakal kariima yaa rabbal ‘aalamiin.

Artinya:

“Ya Alloh aku haramkan rambut, kulit, tubuh dan seluruh anggota tubuhku dari semua yang Kau haramkan bagi seseorang yang sedang berihram, demi mengharapkan diriMu semata, wahai Tuhan pemelihara alam semesta.”

3. Membaca Talbiyah

Begitu di Turki sampai melakukan thawaf hendaknya para jamaah memperbanyak baca talbiyah. Adapun doa talbiyah, adalah :

Membaca Talbiyah

Labbaika Allohumma labbaik, labbaika laa syariika laka labbaik, innalhamda wanni’mata laka wal mulka laa syariika laka.

Artinya:
“Aku datang memenuhi panggilanmu Ya Alloh, aku datang memenuhi panggilan Mu, aku datang memenuhi panggilan Mu, tiada sekutu bagi Mu, aku datang memenuhi panggilan Mu. Sesungguhnya segala puji, kemuliaan, dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi Mu.”

4. Doa memasuki Mekah

Ketika jemaah sudah tiba di Tanah Suci Mekkah, hendaklah membaca doa di bawah ini:

Doa memasuki Mekah

Allohumma haadzaa haramuka wa amnuka fa harram lahmiiy wadamiiy wasya’riiy wabasyarii ‘alannaari wa aaminnay min ‘adzaabika yauma tab’atsu ‘ibaadaka waj’alnii min awliyaaaika wa ahli tha’atika.

Artinya:

“Ya Alloh, kota ini adalah Tanah Haram Mu dan tempat aman Mu, maka hindarilah daging, darah, rambut, dan kulitku dari neraka. Dan selamatkanlah diriku dari siksa Mu pada hari Engkau membangkitkan kembali hamb -Mu dan jadikalnlah aku termasuk rombongan orang-orang yang selalu dekat dan taat kepada-Mu.”

5. Doa memasuki Masjidil Haram

Sesaat hendak memasuki Masjidil Haram, disunnahkan membaca doa berikut ini:

Baca Juga :  Tugas Malaikat

Doa memasuki Masjidil Haram

Allohumma antassalaamu wa minkassalaam, wa ilaika ya’uudussalaam, fa hayyana rabbanaa bissalaam, wa ad hilnal jannata daarassalaam, tabaarakta rabbana wata’alaita ya dzaljalaali wal ikram. Allahummaftah liiy abwaaba rahmatika, bismillaahi walhamdulillaahi wasshalaatu wassalaamu ‘ala rasuulillaahi.

Artinya:

“Ya Alloh, Engkau sumber keselamatan, daripadaMu-lah datang keselamatan, dan kepada Mu kembalinya keselamatan. Maka hidupkanlah kami, wahai Tuhan kami dengan selamat sejahtera dan masukkanlah kami dalam surga negri keselamatan.

Maha Banyak anugerah Mu dan Maha Tinggi Engkau wahai Tuhan yang mempunyai keagungan dan kehormatan. Ya Alloh bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu. (Aku masuk masjid ini) dengan nama Alloh disertai dengan segala puji bagi All0h serta bershoalawat dan salam untuk Rasululloh SAW.”

6. Doa melihat Ka’bah

Ka`bah adalah pusat kiblat umat Islam di seluruh dunia, saat melihatnya, kita membaca doa berikut ono
 Doa melihat Ka’bah

Allohumma zid’hadzalbaita tasyriifan wata’dzhiimaan watakriimann wa mahaabatan, wazid man syarrafahu wa’adhzamahu wakarramahu mimman hajjahu awi’tamarahu tasyriifan wa ta’dzhiman watakriimaan wabirran.

Artinya:

“Ya Alloh, tambahkanlah kemuliaan, keagungan, kehormatan dan wibawa pada Bait (Ka`bah) ini. pula pada orang-orang yang memuliakan, mengagungkan, dan menghormatinya di antara mereka yang berhaji ataupun yang berumroh dengan kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan kebaikan.”

7. Doa Melintasi Makam Nabi Ibrahim

Doa Melintasi Makam Nabi Ibrahim

Robbi ad’khilnii mudkhola shidqin wa akhrijnii mukhroja shidqin waaj’alliy min ladunka sulthoonan nashiiron, waquljaa alhaqqu waza haaqol baathil innalbaatila kaana zahuuqoo

Artinya:

“Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah aku (pula) dengan keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Mu kekuasaan yang menolong. Dan katakanlah (wahai Muhammad) yang benar sudah datang dan yang batil telah lenyap. Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap.”

Baca Juga :  Sejarah 12 kerajaan islam di indonesia

Umrah dari Indonesia

Indonesia Adalah negara muslim yang terbesar di dunia, sekitar 80% penduduk Indonesia yaitu muslim. Pada umumnya masyarakat muslim Indonesia melaksanakan umrah menuju Masjidil Haram di Arab Saudi melalui travel umrah / sebuah perusahaan travel dan biro perjalanan yang khusus untuk menyelenggarakan jasa perjalanan umrah yang banyak tersebar luas di Indonesia.

Mereka menyediakan berbagai fasilitas yang sangat memudahkan jamaah hingga konsentrasi jamaah hanya tertuju pada pelaksanaan ibadah umrah saja di Masjidil Haram di Mekkah dan Madinah. Travel umrah bekerja sama dengan hotel yang ada di sekitar Masjidil Haram hingga sangat memudahkan para jamaah. Pada umumnya biro perjalanan umrah menetapkan beberapa paket umrah dan minimal adalah 9 hari perjalanan dari Indonesia ke Arab Saudi dan kembali ke Indonesia lagi.

Demikianlah penjelasan mengnai umroh lengkap beserta doanya, Semoga bermanfaat

Artikel Lainya :