Tugas Malaikat

Posted on

Tugas malaikat lengkap dengan urutanya agar mudah dipahami oleh pembaca, Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini.

Rukun iman dalam agama Islam ada enam. Beriman kepada malaikat merupakan rukun ian yang ke dua. Jika Anda seorang Muslim, Anda harus percaya pada malaikat.

Alloh SWT menciptakan malaikat memiliki tugas masing-masing. Malaikat-malaikat ini memang tidak terlihat oleh kita karena mereka merupakan makhluk gaib. Meskipun demikian, kita masih harus mengimani.

Tugas Malaikat

Malaikat diciptakan oleh Allah dari cahaya (nur). Karena itu manusia tidak dapat melihatnya dengan kedua mata. Namun, beberapa orang yang dipilih Allah SWT dapat melihat para malaikat dengan seizinnya. Contohnya ialah para nabi dan rasul zaman dahulu. Terlebih lagi, para malaikat ini selalu menaati Tuhan dan tidak pernah menduakan-Nya. Jadi mereka tidak pernah berbuat dosa.

Sebenarnya ada banyak malaikat, tetapi hanya Allah SWT yang tahu. Adapun yang Anda harus percaya adalah Sepuluh malaikat dengan tugas masing-masing. Di bawah ini adalah nama-nama malaikat ini dan tugasnya masing-masing:

Malaikat Jibril

Memiliki Tugas : Menyampaikan wahyu

Anda mungkin sering mendengar tentang malaikat jilbril. Malaikat jibril memiliki tugas utama untuk menyampaikan kepada rasul wahyu dari Allah swt. Selain itu, malaikat jibril juga memiliki tugas lain berupa meniup ruh pada setiap janin yang masih di dalam rahim (kandungan).

Sekarang tidak ada lagi nabi dan rasul. Karena Nabi Muhammad SAW telah menjadi nabi dan utusan terakhir. Dia juga telah pergi selama berabad-abad yang lalu. Apa tugas Malaikat jibril jika tidak ada nabi dan rasul? Beberapa pendapat juga mengatakan bahwa malaikat jibril ditugaskan untuk berbagi pengetahuan. Karena wahyu juga merupakan bagian dari ilmu pengetahuan.

Baca Juga :  Tayammum

Malaikat Mikail

Memiliki Tugas : Memberi Rizki kepada seluruh umat manusia di Dunia.

Malaikat berikutnya adalah Malaikat Mikail. Tugas malaikat Mikail yaitu memberi rezeki kepada semua makhluk hidup di bumi. Oleh karena itu rezeki bukan hanya untuk manusia. Karena bentuk rezeki yang diberikan oleh Allah berbeda-beda.

Malaikat mikail tidak hanya bertugas membagikan rezeki, tetapi juga mengatur hujan, angin, dan tanaman. Semua kendali ada pada Malaikat Mikail dengan izin Allah SWT.

Malaikat Israfil

Memiliki Tugas : Meniup sangkakala pada hari kiamat.

Malaikat ketiga yang harus anda percayai ialah Malaikat Israfil. Malaikat israfil ini memiliki tugas untuk meniup sangkakala pada hari penghakiman. Sangkakala itu sendiri merupakan semacam terompet. Jika Tuhan memerintahkan Malaikat Israfil untuk meniup terompetnya ketika Hari Penghakiman tiba, semua makhluk hidup di dunia akan mati.

Kemudian Allah akan menghidupkan kembali Malaikat Israfil dan memerintahkannya untuk meniup sangkakalanya lagi. tiupan kedua ini berisi semua roh makhluk hidup yang kehidupannya telah dicabut. Sesudah sangkakala ditiup, roh-roh kembali ke tubuh mereka dan hidup kembali. Pada saat ini disebut hari kebangkitan.

Malaikat Izrail

Memiliki Tugas : Mencabut nyawa semua makhluk hidup.

Lalu ada malaikat yang juga terkenal dengan manusia, yaitu malaikat izrail. Malaikat ini terkenal karena memiliki tugas utama menyabut kehidupan semua makhluk di dunia. Tidak ada makhluk yang akan pernah lolos dari takdirnya ketika tiba saatnya untuk mati. Jadi malaikat Izrael akan datang ke makhluk itu dan mencabut nyawanya.

Malaikat Munkar

Memiliki Tugas : Menanyai orang di dalam kubur (yang berbuat keburukan).

Berikutnya ialah Malaikat Munkar. Jangan pernah berpikir bahwa hidup anda akan berakhir dan dikuburkan segera setelah kematian anda. Anda masih harus berhadapan dengan Malaikat Munkar, yang menanyakan pertanyaan tentang kepercayaan anda. Malaikat Munkar hanya akan datang kepada seseorang yang selalu melakukan hal-hal buruk dalam hidupnya.

Baca Juga :  Idgham

Malaikat Munkar dikatakan datang ke orang-orang yang dimakamkan dengan sosok yang menakutkan. Dia membawa palu sebagai senjata. Jika orang tersebut tidak dapat menjawab pertanyaan, orang tersebut dipukuli hingga hancur dengan palu. Kemudian bangkit kembali dan bertanya lagi. Jika masih tidak bisa menjawab, itu akan dihancurkan lagi. Demikian seterusnya, sampai hari kebangkitan datang.

Malaikat Nakir

Memiliki Tugas : Menanyai orang di dalam kubur (yang berbuat kebaikan).

Malaikat Nakir memiliki peran yang sama dengan Malaikat Munkar. Sebaliknya, ia hanya mendatangi orang-orang yang melakukan hal-hal baik selama hidup mereka. Ini juga memiliki tampilan yang lebih bagus untuk dilihat. Orang-orang yang kepadanya para malaikat Nakir datang akan masuk Surga.

Malaikat Raqib

Memiliki Tugas : Mencatat amal baik manusia selama hidupnya.

Berikutnya adalah malaikat Raqib yang memiliki tugas mencatat perbuatan baik umat manusia sepanjang hidupnya. Ingatlah bahwa semua tindakan dalam hidup Anda dicatat oleh malaikat dan mendapatkan balasan kelak. Jadi, sebisa mungkin, selalu lakukan kebaikan dalam hidup Anda. Sehingga Anda juga menerima balasan yang baik dari Allah SWT.

Malaikat Atid

Memiliki Tugas : Mencatat amal buruk manusia selama hidupnya.

Berbeda dengan malaikat Raqib, malaikat ini memiliki tugas untuk mencatat kesalahan manusia. Jika Anda berencana untuk melakukan sesuatu yang buruk, jangan lupa kalau malaikatl Atid akant mencatatnya. Juga ingat bahwa Allah SWT selalu melihat Anda dan tahu semua yang Anda lakukan.

Malaikat Malik

Memiliki Tugas : Menjaga pintu nerakanya Allah Swt.

Neraka merupakan tempat bagi mereka yang selalu melakukan kejahatan dalam hidup mereka dan tidak percaya kepada Allah SWT. Di neraka ini, seorang malaikat mengawasi pintu yaitu malaikat Malik.

Malaikat Ridwan

Memiliki Tugas : Menjaga pintu Surganya Allah Swt.

Baca Juga :  Hukum Adzan Jum'at Dua Kali

Malaikat terakhir yang harus diyakini ialah malaikat Ridwan. Jika Malaikat Malik adalah Penjaga Gerbang Neraka, maka Malaikat Ridwan bertanggung jawab untuk menjaga gerbang Surga.