Tata Cara Sholat Jenazah

Posted on

Tata Cara Sholat Jenazah Lengkap dengan Tata Cara melakukan solat gaib hingga doanya. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

solat gaib hukumnya sunnah. solat gaib merupakan solat jenazah yang dilakukan dari kejauhan dikarenakan jarak yg tidak terjangkau untuk menghadiri solat jenzah dimana jenazah itu di solatkan.

Tentu ada perbedaan dalam pelaksanaan solat jenazah maupun solat gaib tetapi tetap bermakna dihadapan-Nya.

Tata Cara Sholat Jenazah

Niat

Solat Gaib dilaksanakan untuk Muslim pada umumnya, untuk jenazah tertentu atau untuk jenazah banyak disuatu tempat. Solat gaib dilakukan dengan cara yang sama dengan solah jenazah pada umumnya, yaitu Takbir 4 kali lipat tanpa ruku dan sujud.

Perbedaan antara keduanya terletak pada keberadaan jenazah, yang tidak dapat diakses, sehingga niat solat gaib berbeda dari doa jenazah.

Ketika solat gaib ditujukan kepada mayat yang identitasnya diketahui dengan jelas, bunyi niatnya adalah:

أصلى على ميت (فلان) الغائب اربع تكبيرات فرض الكفاية لله تعالى

Artinya : “Saya niat mayit atas mayit (si fulan) empat kali takbir fardu kifayah karena Allah Ta’ala.”

Jika solat gaib dilaksanakan tanpa mengenali identitas tubuh, seperti yang sering dilakukan setelah salat Jumat, niatnya sebagai berikut :

صلى على من صلى عليه اللإمام اربع تكبيرات فرض الكفاية مأموما لله تعالى

Artinya: “Saya niat salat gaib atas mayit yang disalati imam empat kali takbir fardu kifayah menjadi makmum karena Allah Ta’ala”

Takbir Pertama

Pelaksanaannya sama seperti sholat biasa, bacalah surat Al-Fatihah setelah takbir pertama (takbiratul ihram) sebagai salah satu rukun sholat.

Baca Juga :  Akhlak

Takbir ke Dua

Kemudian takdir kedua membaca shalawat untuk baginda Rasul Nabi Muhammad Saw. Setidaknya sholawat pendek seperti ‘allahumma shalli’ ala sayyidina Muhammad ‘.

Takbir ke Tiga

Yang dilakukan setelah takbir ketiga adalah membaca doa untuk jenazah, yaitu dengan membaca :

اللهم اغفر له وارحمه وعافه واعف عنه

artinya “Ya Allah, ampunilah dia, berikan dia rahmat dan kemakmuran, dan maafkan dia.”

Takbir ke Empat

Membaca doa solat jenazah seperti dibawah ini :

اللهم لاتحرمنا أجره ولاتفتنا بعده واغفرلنا وله

Artinya “Ya Tuhan, jangan merampas pahala yang akan datang kepada kami, dan jangan memfitnah kami sepeninggalannya dan memaafkan kami dan dia.”

Salam

Setelah menyelesaikan Takbir keempat dan membaca doa, Anda harus menutup solat, seperti solat lainnya yakni dengan melakukan salam dengan menengok dua kali, sambil melihat ke kanan dan ke kiri.