Sholawat Nabi

Posted on

Suhupendidikan.com-Kali ini kita akan membahas materi tentang Kumpulan bacaan sholawat nabi, arab, latin lengkap dengan artinya.

Membaca sholawat kepada nabi adalah doa kepada Allah SWT. Dengan cara ini, kita dapat dilimpahkan berkah dan keselamatan kepada Nabi Muhammad.

Seperti yang diketahui, membaca sholawat untuk Nabi adalah kewajiban bagi orang beriman. Hanya saja para ulama berbeda pendapat kapan sholawat dilakukan. Diantaranya ada yang berpendapat wajib bersholawat ketika nama Nabi Muhammad disebutkan. Ada juga yang berpendapat, setiap kali mereka membaca Tasyahud terakhir dalam sholat. Ada juga yang berpendapat setidaknya satu kali dalam hidup mereka.

Kumpulan Sholawat

Berikut inilah kumpulan sholawat yang disusun oleh para ulama dan Kiai:

Sholawat Fatih

Pengucapan Sholawat Fatih dikutip dari Kitab perdukunan Melayu. Dalam kitab tersebut, ada kutipan dari Syaikh Al-Arif Al-Kubra, yang menyebutkan semacam keefektifan pembacaan sholawat Fatih. Sedangkan untuk pengucapan Sholawat Fatih, terjemahan berikut adalah sebagai berikut:

(Allāhumma shalli wa sallim wa bārik ‘alā sayyidinā Muhammadinil Fātihi limā ughliqa, wal khātimi limā sabaqa, wan nāshiril haqqā bil haqqi, wal hādī ilā shirātin mustaqīm (ada yang baca ‘shirātikal mustaqīm’). Shallallāhu ‘alayhi, wa ‘alā ālihī, wa ashhābihī haqqa qadrihī wa miqdārihil ‘azhīm)

Artinya : “Ya Allah, berikanlah sholawat, salam dan keberkahan kepada Nabi Muhammad, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk untuk Jalan yang Lurus. Semoga Allah melimpahkan sholawat kepadanya, keluarga, dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukan yang agung.”

Syekh Ahmad At-Tijany berkata: “Keistimewaan sholawat Al-Fatih sangat sulit diterima dengan akal pikiran. karena itu adalah rahasia Allah SWT. Seumpama ada seratusan ribu bangsa, masing-masing terdiri dari seratus ribu orang, dan masing-masing diberi umur panjang oleh Allah SWT selama seratus ribu tahun, dan setiap orang bersholawat kepada Nabi setiap hari seratus ribu kali, yang semuanya belum mampu menandingi pahala membaca shalawat al-Fatih sekali. “

Baca Juga :  Syair Abu Nawas

Syekh Muhammad Al Budairi Al Qudsi mengatakan bahwa siapa saja yang membacanya setiap hari setelah mebaca Al-Musabbi’at Al-Asyr atau sepuluh bacaan yang dibaca tujuh kali, yaitu, ayat kursi, Al Fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq, Al Naas, Al Kafirun , tasbih-tahmid-tahlil-takbir-hauqalah, sholawat Ibrahimiyah, doa. Maka akan mendapatkan manfaat, termasuk perlindungan terhadap bahaya dunia dan pada masa orang-orang dikumpulkan di padang mahsyar.

Sholawat Nariyah

Siapa pun yang memiliki ambisi atau ingin menolak sesuatu yang tidak disukainya. Hendaknya berkumpul dalam sebuah majelis untuk membaca sholawat Nariyah sebanyak 4444 kali dan dengan cepat mencapai apa yang mereka inginkan (bi idznillah).

Imam Al-Qurthubi mengatakan: “Siapa pun yang membaca Shalawat Nariyah ini sebanyak 41 kali, 100 kali atau lebih, Allah akan meringankan masalahnya, menghilangkan kesedihannya, meringankan urusannya, menerangi hatinya sesuai dengan keyakinannya, meninggikan derajatnya, memperbaiki keadaannya, memperluas rezekinya, membuka pintu-pintu kebaikan dan melindunginya dari bencana sepanjang tahun, menyelamatkan dari bencana kelaparan dan kemiskinan, dicintai oleh semua makhluk dan dikabulkan doa dari segala doa. “

Sholawat Munjiat

Hasan bin ‘Ali al-Aswani berkata: “Siapa pun yang membaca shalawat ini seribu kali dalam setiap masalah penting atau bencana.Niscaya Allah menghilangkan bencana dan mennyampaikan apa yang dia inginkan atau terkabul hajatnya.”

Diriwayatkan juga oleh Ibn al Fakihani dari Syaikh al Shalih Musa al Darir, berkata bahwa suatu saat Beliau pernah berlayar disebuah laut. Tiba-tiba angin (badai) menghantam kapal tempat dia berada, beberapa orang bisa selamat dari amukan angin tersebut, banyak orang menjerit ketakutan, Beliau tiba-tiba merasa mengantuk dan kemudian tertidur dalam tidur dia bermimpi bertemu dengan Rasulullah Saw, yang memerintahkan kepada Syekh al-Shalih untuk membaca Shalawat munjiyat tersebut, kemudian Beliau dan para penumpang kapal bersama-sama mengucapkannya sekitar tiga ratus kali dan mereka selamat dari bencana tersebut.

Baca Juga :  Lirik, Teks, Arti dan Terjemah Sholawat Ya Rasululloh Salamun 'Alaik

Artikel Lainnya :

sholawat-badar

ya-maulidal-musthofa

sholawat-ya-robbi-ya-alimal-hal