Sholat Dhuha

Posted on

Suhupendidikan.com Bab Sholat Dhuha

Sholat dhuha

Pengertian Sholat Dhuha

Sholat Duha (Arab: صلاة الضحى) yaitu sholat sunnah yang dilakukan seorang muslim diwaktu duha. Waktu duha yaitu waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul tujuh pagi) sampai waktu zuhur.

Jumlah rakaat sholat duha adalah minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. dan dilakukan satuan 2 rakaat sekali salam.

Tata cara sholat dhuha.

rukun solat

Niat Sholat Dhuha dan Rukun Sholat Dhuha

Niat sholat dhuha bisa diucapkan secara lisan ataupun diam dalam hati. Cara diucapkan yaitu berdasarkan madzhab imam syafi’i, hal itu bergantung madzhab apa yang anda ikuti, ada yang dibaca dan ada yang sekedar niat dalam hati. Dalam pelaksanaannya dilakukan secara berbarengan dengan takbiratul ikhrom.

niat Sholat Dhuha

Penulisan Latin: ” Ushollii sunnaata dluhaa rak’ataini mustaq bilalqiblati adaa-a llillaahi ta’aala.”

Artinya :

“Saya berniat sholat dhuha 2 rakaat menghadap kiblat karena Alloh SWT”.

Lalu kemudian setelah melakukan takbiratul ihrom, kita membaca doa ifititah di sambung dengan surat al Fatihah.

Selanjutnya ruku’ dan membaca tasbih tiga kali. Lalu bangkit dari ruku’ dilanjutkan dengan gerakan i’tidal

Kemudian Sujud pertama lalu membaca tasbih tiga kali, disambung dengan duduk diantara dua sujud dan membaca tasbih tiga kali. Dilanjutkan kembali dengan sujud yang kedua dengan bacaan yang sama yaitu tasbih

Ketika rakaat pertama selesai, digenapkan dengan rakaat ke-2 hingga tasyhhadud akhir dan melakukan salam.

Do’a Setelah Sholat

doa setelah sholat dhuha
doa setelah sholat dhuha

Artinya

“Ya Alloh, sesungguhnya waktu dhuha itu adalah dhuha-Mu, keagungan itu merupakan keagungan-Mu, keindahan itu merupakan keindahan-Mu, kekuatan itu adalah kekuatan-Mu, kekuasaan itu adalah kekuasaan-Mu”, dan penjagaan-penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Alloh, jika rezeki ku masih di langit maka turunkanlah, jika ada di dalam bumi maka keluarkanlah, jika sulit maka mudahkanlah, apabila itu haram maka sucikanlah, jika jauh maka dekatkanlah. Demi kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, kekuatan-Mu dan kekuasaan-Mu, berikanlah kepadaku sebagaimana apa yang engkau berikan kepada hamba-Mu yang sholeh”.

Catatan
Jika belum bisa dalam membaca aksara arab, baca doa dalam artinya saja karna Alloh Maha mengetahui hati seorang hamba-Nya

Dzikir Setelah Sholat

Pagi hingga siang hari adalah waktunya manusia beraktivitas, ada yang sekolah, bekerja, berdagang dll. Apabila teman teman memiliki waktu yang lebih luang sangat dianjurkan membaca dzikir seusai sholat dhuha.

Baca Juga :  Izhar

membaca dzikir setelah sholat dhuha yaitu sebanyak 100x,

dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha bahwa Nabi sallallahu alaihi wasallam setelah sholat dhuha mengucapkan doa dan dzikir berikut:

Dzikir setelah Sholat Dhuha

ALLAAHUMMAGHFIR-LII WA TUB ‘ALAYYA, INNAKA ANTAT TAWWAABUR ROHIIM 100x

“Ya Alloh, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang”.

Nabi Muhammad SAW membacanya seratus kali. (HR. Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad. Syaikh al-Albani mengatakan dalam kitab Shahih al-Adab al-Mufrad bahwa hadis ini shahih)

Waktu

waktu sholat dhuha
waktu sholat dhuha

Pertama, awal waktu dhuha adalah setelah matahari terbit dan meninggi sampai setinggi tombak atau u kira-kira pukul 07:00

Kedua akhir waktu, adalah dekat dengan waktu syawal saat matahari akan tergelincir ke barat.

Kira-kira waktu yang diperbolehkan dimulainya sholat dhuha adalah jam 07.00 pagi, dan beberapa ulama menetapkan pukl 08.00 (terserah anda memilih yang mana, keduanya afdhol penetapan itu). hingga batas waktu paling terakhir untuk melaksanakan sholat dhuha adalah jam 11.00 atau mendekati zhuhur.

Demikianlah materi sholat dhuha, Semoga bermanfaat

Artikel Lainya :