Sejarah Sepak Bola

Posted on

Pada Kali ini kita akan membahas materi tentang sejarah sepak bola yang meliputi penjelasan, penemu, peraturan, teknik dan jumlah pemainnya

Penjelasan Sejarah Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola
Sejarah Sepak Bola

Permainan sepak bola terdiri dari dua kata, yaitu Football dan Ball. Sepak bola dapat disebut tendangan (menggunakan kaki), dan bola adalah alat untuk permainan yang memiliki bentuk bulat yang terbuat dari karet, kulit dan bahan lainnya.

Singkatnya, konsep sepak bola adalah permainan di mana seorang pemain menendang bola bolak-balik, memegangnya dengan tujuan, dan tujuannya adalah untuk mencetak bola ke gawang lawan.

Permainan sepak bola adalah permainan dalam bentuk tim, setiap tim terdiri dari 11 orang, termasuk 1 orang sebagai penjaga gawang, dan memiliki beberapa pemain cadangan.

Tujuan permainan sepak bola ini adalah memasukkan sebanyak mungkin bola ke gawang lawan dan mencoba menjaga gawangnya sendiri agar tidak mengenai sasaran.

Pertandingan sepak bola itu sendiri diadakan dalam 2 putaran, masing-masing selama 45 menit dengan istirahat antara dua putaran 10 menit.

Jika selama 2 putaran dua tim dengan skor atau imbang atau imbang yang sama akan menghabiskan waktu tambahan 2 x 15 menit. Jika waktu tambahan masih dengan skor atau imbang yang sama, atau penalti akan dikenakan biaya. Membuat tendangan bebas, tim akan diberikan kesempatan untuk mencapai gawang lima kali.

Peraturannya

Dalam pertandingan sepak bola, kita harus mematuhi aturan saat berpartisipasi dalam permainan. Sebagai aturan, aturan permainan sepakbola diketahui oleh semua orang, baik para pemain yang ikut serta dalam pertandingan maupun para penonton yang hanya menonton.

Sebelum memainkan pertandingan sepak bola, alangkah baiknya jika kita mengetahui teknik dasar sepakbola sehingga saat bermain sepakbola kita tidak lagi bingung tentang langkah apa yang harus diambil. Berikan deskripsi lengkap tentang aturan sepakbola.

Lapangan

  • Panjang Field = 100-110 m
  • Lebar Bidang = 64 – 75 m
  • Area gerbang = 18,35 x 5,5 m
  • Radius lingkaran tengah = 9,15 m
  • Daerah penalti adalah 40,39 x 16,5 m.
  • Jarak penalti dengan garis gawang = 11 m
Baca Juga :  Arti Mimpi Tentang Mayat

Gawang

  • Target tinggi = 2,44 m
  • Lebar Target = 7,32 m

Bola

  • Bahan Bola = Kulit
  • Bentuk Bola = Bulat
  • Berat bola = 396 – 453 gram
  • Dalam lingkaran, bola = 68 – 71 cm

Sebelum dimulainya pertandingan, pemain harus berjabat tangan antara pemain lain atau lawan dan pergi ke penonton. Wasit membawa koin, dan kapten dari setiap tim memilih sisi koin, kemudian wasit melempar koin, dan kapten dapat memilih sisi koin yang sesuai. bola atau gol awal.

Jumlah pemain

Ada 2 tim dan masing-masing tim terdiri dari 11 orang (salah satunya adalah penjaga gawang). Jika seorang pemain tim dengan kurang dari 7 atau 4 pemain terkena kartu merah dan keluar maka tim dianggap dikalahkan.

Ketua Tim (Kapten)

Setiap tim harus memiliki kapten, sehingga jika ada masalah dengan tim, kapten akan berdiskusi dengan wasit.

Tekniknya

Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

Ini adalah teknik dasar yang harus Anda kuasai sebelum menguasai teknik lain. Teknik dribbling atau dribbling melibatkan menggerakkan bola dengan kaki Anda sambil mengendalikan kecepatan bola.

a. Speed Dribbling dan Closed Dribbling

Dalam menggiring bola ada teknik menggiring bola berkecepatan tinggi, di mana Anda berlari, melempar bola ke depan dan mengejarnya. Selain itu, ada juga dribbling dalam ruangan. Teknik ini dilakukan dengan menggiring bola dengan hati-hati dan mengendalikan bola, dan bisa dilakukan ketika seorang pemain dari tim lawan menghancurkan Anda.

Selain itu, ada tiga metode utama dalam menggiring bola, yaitu menggiring bola dengan mengangkat, kaki bagian dalam dan kaki bagian luar.

b. Menggiring dengan Punggung Kaki

  • Lihatlah lurus ke depan.
  • Letakkan potongan dengan kaki Anda di ujung bola.
  • Dorong bola dengan bagian belakang kaki Anda.
  • Lakukan ini beberapa kali, lalu berhenti dengan kaki Anda.
  • Bergeraklah dengan kaki bagian dalam Anda

c. Menggiring dengan Kaki Bagian Dalam

  • Lihatlah lurus ke depan.
  • Putar pergelangan kaki Anda ke luar.
  • Kemudian mulailah mendorong bola dengan kaki luar.
  • Lakukan ini beberapa kali, lalu hentikan bola dengan telapak kaki Anda.

d. Menggiring dengan kaki bagian luar

Teknik terbaru, beternak sapi dengan kaki luar, cara melakukan ini, tidak jauh berbeda dengan merumput dengan kaki bagian dalam. Ikuti langkah-langkah yang sama dengan teknik menggiring bola di bagian dalam kaki.

Teknik Menendang Bola (Shooting)

Selanjutnya yang perlu Anda kuasai adalah tendangan. Teknik ini berguna untuk menembus target musuh, serta untuk menyelesaikan teknik yang akan dibahas setelah ini.

Baca Juga :  Arti Qada Dan Qadar

Anda bisa menggunakan tiga teknik tendangan, yaitu menggunakan kaki bagian luar, bagian dalam. Anda dapat melakukan tiga teknik tendangan ini dengan berfokus pada sisi target yang menjadi targetnya, posisikan tubuh Anda, letakkan satu kaki kiri / kanan di sisi bola.

Kemudian putar kaki yang dibuat untuk menyerang, memfokuskan energi pada bagian atas telapak kaki dan melihat ke arah target.

Teknik Mengoper Bola (Passing)

Teknik ini akan lebih berguna daripada menggiring bola, hanya berdasarkan pada kemampuan individu. Anda tidak sendirian dalam permainan sepak bola, Anda memiliki 10 teman di lapangan (kecuali kiper) yang siap saling membantu.

Bagian ini akan sangat efektif untuk menembus pertahanan musuh. Cara ini bisa dilakukan secara singkat, panjang atau lewat, dan jauh, yang lebih dikenal sebagai umpan lambung.

Cara atau teknik ini dilakukan dengan memposisikan tubuh menghadap bola, fokus pada pemain yang ingin Anda lewatkan, lalu tarik dan putar kaki yang menendang bola ke arah pemain dan sesuaikan kekuatan kaki Anda sesuai dengan jarak yang harus ditempuh pemain.

Teknik Menghentikan Bola

a. Hentikan bola dengan kaki Anda

Caranya adalah dengan memfokuskan mata Anda pada bola yang menunjuk pada Anda, dan kemudian hentikan dengan kaki Anda, tergantung pada arah bola itu bergerak. Setelah bola datang, pastikan Anda melindunginya dari intervensi musuh.

b. Hentikan bola di bagian dada

Kemudian, untuk berhenti menyusui, lakukan ini dengan memfokuskan mata Anda pada bola yang diarahkan ke arah Anda, bergerak maju atau mundur, regangkan lengan dan dada Anda, lalu pegang bola.

c. Hentikan bola di bagian paha

Selanjutnya, bagaimana cara berhenti dengan pinggul, Anda harus melakukan hal yang sama seperti menghentikan bola lainnya, tetapi ketika bola datang, angkat salah satu kaki Anda dan ketika bola memegang pinggul. Anda harus memindahkannya sedikit agar bola bisa jatuh dengan sempurna di depan Anda.

d. Teknik Menyundul Bola (Heading)

Anda akan menggunakan teknik ini ketika Anda tidak bisa mendapatkan bola terlalu tinggi dan untuk menyelesaikan teknik ini, Anda perlu menyesuaikan posisi tubuh Anda dan waktu yang tepat untuk melompat menyambut bola.

Kemudian gunakan dahi untuk kepala, bukan bagian dari mahkota. Dengan demikian, Anda bisa mengarahkan bola sesuai keinginan, dan bola akan meluncur dengan arah dan kekuatan.

e. Teknik Merebut Bola (Intercepting)

Pada dasar ini juga bisa disebut intersepsi. Yaitu teknik ini akan digunakan ketika Anda ingin mengambil bola dari kaki lawan. Untuk melakukan ini, Anda perlu membaca gerakan lawan Anda.

Baca Juga :  Arti Tawadhu

Atau Anda juga bisa menghentikan umpan musuh. Sangat penting untuk melindungi teknik ini dari serangan musuh, tetapi hati-hati untuk mengambil bola, bukan kaki. Anda bisa mendapatkan kartu kuning, bahkan kartu merah. Karena itu, Anda harus pintar membaca gerakan lawan.

f. Teknik Menyapu Bola (slidding takle)

Berikut ini adalah teknik dalam bertahan dari serangan lawan. Namun, kalian haru waspada pada saat melakukan teknik ini dikarenakan sangat beresiko, kalian bisa saja melukai lawan kalian ketika kalian melakukan teknik ini, maka kita harus menentukan waktu kita kapan kita akan bergerak untuk meraih bola.

Untuk melakukan ini, Anda perlu menyesuaikan kecepatan Anda dengan lawan, lalu turunkan tubuh Anda, luruskan satu kaki, yang akan berguna untuk memegang bola.

g. Teknik Lemparan ke Dalam (throw in)

kalian akan menggunakan teknik ini saat bola keluar disaat berjalannya pertandingan bola keluar lapangan kekiri atau kekanan lapangan, kalian harus melempar bola dengan dua tangan dan mendorong bola dari belakang kepala sampai kedepan.

Ketika Anda melakukan lemparan ke dalam, Anda juga bisa berjinjit untuk membuat pitch lebih kuat, dan rekan tim Anda bisa mendapatkan bola.

h. Teknik Menangkap Bola (Goalkeeping)

Cara menangkap bola ini dibuat khusus untuk kalian yang akan menjadi penjaga gawang dan kiper sangat berperan penting dalam menjaga pertahanan terakhir dari sebuah tim sepak bola

Anda perlu melatih refleks dengan menangkap bola ke kiri dan ke kanan, selain itu, Anda juga perlu menguasai teknik pukulan dengan kekuatan yang kuat.

i. Teknik Juggling Bola

Teknik dasar sepak bola terbaru adalah teknik juggling bola. Anda dapat menggunakan teknik ini untuk memamerkan pengalaman sepak bola Anda. Teknik ini juga bisa belajar mengendalikan bola, bahkan saat bermain dan menipu musuh di lapangan.

Yang perlu Anda lakukan untuk menyelesaikan teknik ini adalah pertama-tama fokus mata Anda pada bola dan kemudian tarik bola dengan telapak tangan ke jari-jari kaki Anda. Saat bola menyentuh ujung kaki, angkat kaki sehingga bola juga naik. Tetap fokus dan cobalah untuk tidak jatuh ke tanah.

Demikian sekian materi tentang sejarah sepak bola semoga bermanfaat terima kasih …..

Artikel lainnya :