Sejarah Kerajaan Tarumanegara

Posted on

suhupendidikan.com-Kali ini kita akan membahas tentang materi sejarah kerajaan tarumanegara yang meliputi latar belakang, masa keemasan dan runtuhnya secara singkat dan jelas

Latar Belakang

Sejarah Kerajaan Tarumanegara adalah salah satu kerajaan tertua di Indonesia atau tertua kedua setelah Kerajaan Kutai. Kerajaan ini berdiri dari abad ke-4 hingga abad ke-7. Menurut catatan sejarah, Kerajaan Tarumanegara adalah kerajaan Hindu.

Periode awal

Kerajaan Tarumanegara didirikan oleh Rajadirajagur Jayasingawarman pada tahun 358 Masehi. Kerajaan ini merupakan kelanjutan dari sejarah kerajaan Salakanegar, yang didirikan antara 130 dan 362. A.E. Pada saat itu, Salakanegara menjadi kerajaan regional di bawah kerajaan Tarumanegara.

Kerajaan Tarumanegara terletak di wilayah Salakanegara. Informasi lebih lanjut tersedia di kabupaten Banten dan Bogor. Ibukota Sundapur. Menurut prasasti Tug pada 417 M, wilayah kerajaan Tarumanegara meliputi Banten, Jakarta, Bogor, dan Cirebon.

Masa Keemasan

Tidak banyak waktu berlalu, Kerajaan Tarumanegara selamat dari masa kejayaan atau masa keemasan hanya sekitar 3 generasi sejak awal pembentukannya. Ya, Kerajaan Tarumanegar telah berhasil mencapai puncaknya di kepala raja ketiga, Purnavarman, cucu Rajadirajagur Jayasingawarman.

Selama masa kejayaannya, Tarumanegara mengalami perkembangan pesat. Selain memperluas kerajaan dengan memperluas ke kerajaan kecil di sekitar kekuasaannya, Raja Purnawarman juga membangun berbagai infrastruktur yang mendukung ekonomi kerajaan.

Salah satunya adalah sungai Gomati dan Chandrabaga. Kedua sungai ini, selain mencegah banjir selama musim hujan, juga memainkan peran penting dalam mengairi sawah, yang dulunya merupakan salah satu penggerak kehidupan ekonomi Kerajaan Tarumanegara.

Pemerintahan Raja Purnawarman dianggap sebagai anugrah kerajaan Tarumanegara, dikarenakan kemampuan kerajaan untuk mengorbankan 1.000 sapi selama pembangunan dua sungai.

Baca Juga :  VOC - Sejarah, Tujuan Dan Sistemnya Singkat Lengkap

Runtuhnya kerajaan tarumanegara

Runtuhnya Kerajaan Tarumanegara jarang diketahui. Bahkan dalam berbagai prasasti hanya nama Maharaja Purnavarman yang disebutkan. Kemungkinan besar, ketika Raja Lingavarman turun tahta. Dia digantikan oleh menantu Tarusbava. Tarusbava, yang pada waktu itu naik takhta ketika pamor Kerajaan Tarumanegara jatuh, berniat untuk menghidupkan kembali nama besar kerajaan kerabatnya. Namun langkah yang diambil justru menghancurkan kerajaan Tarumanegar.

Pada 670 M, Tarusbava, yang berasal dari Kerajaan Sunda Sambava, mengubah nama Kerajaan Tarumanegar menjadi Kerajaan Sunda. Peristiwa ini memaksa Vretikandayun, cicit Manikmayi, yang pada waktu itu adalah Raja Kerajaan Galuh, untuk memisahkan negaranya dari Tarusbawa.

Demikianlah pembahasan materi tentang sejarah kerajaan tarumanegara yang singkat dan jelas semoga dapat bermanfaat.

Artikel Lainnya :

sejarah-12-kerajaan-islam-sejarah-masuk-islam-serta-peninggalannya

10-peninggalan-kerajaan-majapahit-beserta-gambarnya

ayat-seribu-1000-dinar