Qalqalah

Posted on

Qalqalah

Pengertian Qalqalah dalam bahasa artinya yitu gerak. Sedangkan isitilah qalqalah memiliki arti bunyi huruf yang memantul jika huruf itu mati atau dimatikan.

Adapun huruf qalqalah ada 5 yaitu :

  • ba’ (ب)
  • jim (ج)
  • dal (د)
  • tha (ط
  • qaf (ق).

Atau untuk lebih mudah diingat kamu bisa menyingkatnya menjadi BA JU DI TO KO

huruf qolqolah dan tanda waqof
huruf qolqolah dan tanda waqof

Qalqalah

Qolqolah adalah bacaan pada huruf-huruf qalqalah dengan bunyi seakan-akan berdetik atau memantul. Huruf qalqalah ada lima yaitu :

huruf qolqolah
huruf qolqolah

Jenis-Jenis Qolqolah

Qalqalah terbagi menjadi dua jenis:

Qalqalah Sughra
yaitu apabila salah satu daripada huruf qalqalah itu berbaris mati dan baris matinya adalah asli karena harakat sukun dan bukan karena waqaf.
Contoh :

contoh qolqolah kecil
contoh qolqolah kecil

Qalqalah kubra
yaitu apabila salah satu daripada huruf qalqalah itu dimatikan karena waqaf atau berhenti. Dalam keadaan ini, qalqalah dilakukan apabila bacaan diwaqafkan tetapi tidak diqalqalahkan apabila bacaan diteruskan

contoh :

contoh qolqolah kubro
contoh qolqolah kubro

 

Tanda-tanda Waqof

tanda tanda waqof

Membaca kitab Al-Qur-an dengan baik dan benar adalah berdampak pada maknanya. Pengucapannya pun harus sesuai makhroj dan juga tajwid-nya. Seperti yang sudah kita kenal, ada hukum bacaan nun mati/ tanwin, hukum mim mati, dan hukum bacaan qalqalah seperti yang sudah kami jelaska di atas

Mungkin sebagian orang, ada yang telah diajarkan membaca Al-Qur’an sejak kecil oleh orangtuanya. Kalaupun tidak, orangtua umumnya menitipkan putra-putrinya di TPA/TPQ.

Namun, ada juga orang yang baru saja mulai belajar membaca kitab Al-Qur’an pada usia remaja, dewasa bahkan lanjut usia. Hal ini memang tidak masalah, bahkan seharusnya perlu mengapresiasi mereka-mereka yang lanjut usia namun tetap semangat mempelajari Al-Qur’an.

Jika dilihat, yang sudah belajar sejak kecil pun terkadang masih lupa dengan hukum bacaan Al-Qur-an ini. Sehingga, artikel ini semogga membantu untuk para pembaca yang masih atau sedang didalam proses belajar membaca kitab Al-Qur’an. Artikel ini sebagai pengingat untuk sebagian pembaca yang mungkin saja lupa dengan hukum bacaan qalqalah.

Meskipun begitu, materi ini khusus biasa diajarkan pada materi agama islam di jenjang Sekolah Menengah Pertama.

Demikianlah, Semoga bermanfaat

Baca Juga :

 

Baca Juga :  Amalan Bulan Ramadhan