Qalqalah Sugra Dan Penjelasannya

Posted on

Membaca Al-Qur’an dengan benar akan memengaruhi maknanya. Pelafalan juga harus sesuai dengan mahra dan tajvid. Seperti yang kita ketahui, ada hukum membaca biarawati / tanvin, hukum membaca meme mati, dan hukum membaca kertas kalkir, seperti yang akan saya bahas dalam artikel ini.

Mungkin bagi sebagian orang ada yang diajarkan orang tua untuk membaca Al-Quran sejak usia dini. Bahkan jika tidak, orang tua biasanya meninggalkan anak-anak mereka di TPA / TPQ. Namun, ada juga orang yang baru mulai belajar membaca Alquran di usia remaja, dewasa dan bahkan orang yang lebih tua. Ini benar-benar bukan masalah, sebenarnya, kita harus menghargai mereka yang sudah lanjut usia, tetapi masih tertarik mempelajari Al-Qur’an.

Jika kita perhatikan, bahkan mereka yang telah belajar sejak kecil terkadang masih melupakan hukum membaca Alquran. Dengan demikian, artikel ini ditujukan bagi pembaca yang masih atau sedang dalam proses belajar membaca Alquran. Artikel ini juga merupakan pengingat bagi beberapa pembaca yang mungkin lupa hukum membaca kertas kalkir.

Meskipun demikian, materi ini secara khusus diajarkan pada materi keagamaan di tingkat sekolah menengah. Berikut ini adalah penjelasan tentang hukum membaca Kalkala, serta pemahaman, jenis dan contoh bacaan.

Qalqalah Sugra

Qalqalah dibagi menjadi 2 yaitu kubro dan sugro, sebelumnya kita sudah membahas qalqalah kubro, sekarang kita akan membahas qalqalah sugro

Pengertian Qalqalah Sugra

Pengertian Qalqalah Menurut harfiah qalqalah memiliki arti pantulan suara/getaran suara. Sedangkan menurut istilah qalqalah ialah membaca huruf-huruf tertentu dalam satu kalimat dengan suara memantul dari makhrajnya karena huruf tersebut berharakat fathah (a), kasrah (i) atau dammah (u) yang dibaca mati karena waqaf atau berhenti.

Baca Juga :  Contoh Tajwid

Qalqalah sugra atau kecil merupakan huruf qalqalah yang terletak pada pertengahan kata yang berharakat sukun. Cara membacanya dengan pantulan yang tidak terlalu kuat.

Contoh Qalqalah Sugra

Cara Membaca Qalqalah Sugra

Cara membaca Qalqalah Sugra suara harus digetarkan tetapi kecil atau tipis saja atau dibaca dengan pantulan yang tidak terlalu kuat

Artikel Lainnya :

hukum-tajwid

doa-meminta-kemudahan

izhar-syafawi