Proto Melayu

Posted on

Proto Melayu-Haii teman-teman semua!! Kali ini suhupendidikan.com akan membagikan sebuah informasi kepada kalian semua yaitu mengenai bagaimana dan seperti apa sih tentang Proto Melayu yang juga meliputi pengertian, kebudayaan, suku, perbedaan dan kehidupannya

Nah yukk kita simak penjelasan dibawah ini :

Proto melayu

Pengertian Proto Melayu

Apa yang dimaksud dengan Proto Melayu? merupakan golongan Ras ataupun suku melayu yang memiliki suatu kebudayaan asli yang datang didalam wilayah nusantara serta merupakan gelombang awal yang muncul semenjak 1500 SM.

Setelah itu pada rasa dijuluki seperti Melayu Tua perihal ini diakibatkan oleh mereka yang datang terlebih dahulu dari pada Deutro Melayu.

Bangsa Proto Melayu

Proto melayu

Pada bangsa protto melayu adalah satu keturunan dan juga termasuk nenek moyang bangsa Indonesia sedari awal kalinya mereka tiba ke Indonesia semenjak tahun 1500 SM.

Bangsa ini yakni ialah sekelompok orang yang berasal dari Austronesia yang setelahnya itu mereka bisa masuk ke daerah Nusantara dengan melewati 2 jalan, ialah jalan malaysia- sumatera ataupun disebut juga dengan Jalan Barat serta pula melewati phipipin- Sulawesi atau dinamakan dengan Jalan Utara.

Pada bangsa Protto Melayu telah kita ketahui yaitu sesuatu bangsa yang di dalamnya memiliki kebudayaan yang bisa dikatakan lebih maju bila dibanding dengan bangsa purba yang lain pada waktu itu.

Dalam Perihal ini telah terbukti atas bermacam temuan bermacam fosil serta pula benda dan barang yang ialah memang benar telah terbukti kebudayaan mereka.

Dimana nyaris dari seluruh barang serta perlengkapan yang mereka buat ialah suatu bahan dasar batu yang telah dibentuk serta dihaluskan.

Baca Juga :  Wr Supratman-Agama, Perjuangan, Biografi Dan Karyanya
Proto melayu

Ciri Bangsa Proto Melayu

Di bawah ini ada sebagian karakteristik dari bangsa Proto Melayu ialah sebagai berikut:

  • Dimana asal muasal mereka dari daerah Cina Selatan atau ( Cina).
  • Diperkirakan tiba di Nusantara dari 1500 SM hingga 500 SM.
  • Memiliki badan besar serta pula ramping.
  • Corak pada kulitnya sawo matang.
  • Memiliki wujud Rambut lurus, serta hidung serta mulutnya berdimensi lagi.
  • dan juga merupakan hasil dari kebudayaan( neolitikum) batu muda.

Kebudayaan Proto Melayu

Proto melayu

Pada bangsa Protto Melayu ini memiliki sesuatu kebudayaan Neolithikum ataupun biasa disebut dengan istilah Batu Muda yang mana pada tiap barang dari hasil kebudayaan pada bangsa ini nyaris seluruhnya dibuat dari batu yang telah dihaluskan.

Ada pula contoh dari hasil kebudayaan pada bangsa ini bisa kita amati bersama sampai pada waktunya, Contohnya semacam kapak yang membentuk seperti suatu persegi serta kapak lonjong.

Pada hasil budaya berjenis kapak persegi ini dibawa secara langsung oleh mereka dengan melewati jalan timur, dan hasil budaya kapak lonjong dibawa oleh mereka dengan melewati jalan barat.

Persebaran Proto Melayu

Dari kelompok ras ini yakni ialah suatu ras Mongoloid yang pada awal mulanya tiba dari wilayah Cina bagian Selatan, Lebih jelasnya di Yunan, nyaris sangat dekat dengan sebuah lembah Sungai Yang Tze.

Seperti apa yang sudah dijelaskan tadi kalau bangsa ini masuk dengan lewat 2 rute berikut penjelasannya:

Lewat Rute Barat: ialah dari Yunan– Thailand– Semenanjung Melayu– Sumatera– sehingga tersebar hingga keseluruh daerah Nusantara, lebih tepatnya bagian barat.

Setelah itu lewat Rute Timur: Ialah dengan lewat Yunan– Vietnam– Taiwan– Kepulauan Filipina– Sulawesi– Sampai menyebar luas ke tiap penjuru daerah Nusantara, khusunya dibagian timur.

Baca Juga :  Zaman Logam-Perkembangan, Peninggalan, Pembagian Dan Ciri_Cirinya

Asal Usul Proto Melayu

Proto melayu

Banyak yang meyakini Proto Melayu ialah salah satu ras yang jadi asal usul manusia di indonesia serta dikatakan pula seperti nenek moyang orang Melayu Polinesia yang telah tersebar lumayan luas berawal dari Madagaskar sampai hingga pada sebagian pulau yang ada sangat timur di Pasifik.

Pada mulanya kedatangan bangsa ini dipatikan berasal dari Tiongkok bagian Selatan.

Dimana mereka memiliki karakteristik semacam yang telah dipaparkan diatasyakni memiliki rambut yang lurus, serta corak pada kulitnya bercorak kuning kecoklatan, serta memiliki mata mata yang sipit.

Setelah itu kala telah terletak di Tiongkok bagian selatan( Yunan) mereka melaksanakan imigrasi ke Indocina serta Siam, kemudian berikutnya kebagian Kepulauan yang terdapat di Indonesia

Pada awal mulanya bangsa ini bertempat tinggal di wilayah pinggiran tepi laut Sumatera Utara, kemudian Kalimantan Barat, serta berikutnya ke Sulawesi Barat.

Kemudia pada pada Protto Melayu ini bawa sesuatu peradaban batu di Kepulauan Indonesia.

Setelah itu sehabis muncul para imigran baru, ialah semacam Deutero Melayu ataupun( Ras Melayu Muda)

Hingga kesimpulannya Mereka melaksanakan perpindahan lagi sampai masuk ke wilayah pedalaman buat menciptakan tempat yang baru ke wilayah hutan supaya bisa dijadikan bagaikan tempat tinggalnya.

Dengan terdapatnya bangsa Protto Melayu tersebut berikan desakan terhadap keberadaan penduduk asli.

Proto melayu

Yang kesimpulannya dengan menempuh kehidupannya di dalam hutan sehingga membuat terisolasi dari kehidupan diluar, kesimpulannya membuat peradaban bangsa ini jadi pudar dengan seiringnya waktu.

Sehingga setelah itu para penduduk asli serta ras Protto Melayu itu juga lama- lama mulai menyatu serta berbaur jadi suku yang hingga dikala ini masih terdapat ialah Batak, Dayak, Toraja, Alas, serta Gayo

Baca Juga :  Kerajaan Kediri-Sejarah, Raja, Agama Serta Peninggalannya

Dengan terasingnya Kehidupan pada bangsa ini sehingga kesimpulannya membuat ras Protto Melayu sedikit terbawa- bawa atas kebudayaan Hindu ataupun Islam di setelah itu hari.

Hasil Aset Proto Melayu

  • Kapak persegi
  • kapak lonjong
  • kapak bahu
  • Gerabah
  • Perhiasan( gelang serta manik- manik) Perlengkapan pemukul kayu 

Suku Proto Melayu merupakan?

  • Suku Mentawai
  • Suku Dayak
  • Suku Toraja
  • Suku Batak

Apa yang dimaksud dengan Proto Melayu?

Adalah merupakan suatu Ras ataupun suku melayu yang memiliki suatu kebudayaan asli yang tiba kedalam wilayah nusantara serta ialah gelombang awal yang muncul semenjak 1500 SM.

Bagai manakan Bangsa Protto dapat masuk ke daerah nusantara?

Ialah dengan cara melewati 2 jalan berikut penjelasannya:

Lewat Rute Barat: ialah dari Yunan– Thailand– Semenanjung Melayu– Sumatera– kemudian khingga tersebar hingga keseluruh daerah Nusantara, lebih tepatnya bagian barat.

Setelah itu lewat Rute Timur: Ialah dengan lewat Yunan– Vietnam– Taiwan– Kepulauan Filipina– Sulawesi– Sampai menyebar luas ke tiap penjuru daerah Nusantara, khusunya dibagian timur.

Sebutkan apa yang membuat bangsa protto melayu melaksanakan imigrasi serta berangkat meninggalkan tempat asalnya?

Seluruh ahli pakar mengatakan kalau yang jadi alibi bangsa proto melayu ini tiba kewilayah nusantara yakni terdapatnya suatu peperangan terjalin yang dicoba oleh antar suku, dengan bermacam desakan dari bermacam ras ataupun suku yang liar yang berasal dari Asia bagian Tengah, serta musibah alam pula jadi aspek penyebabnya. 

Demikian dan sekian ulasan singkat yang bisa suhupendidikan.com sampaikan semoga bermanfaat terimakasih.

Baca Juga artikel Lainnya :