Niat Puasa Senin Kamis Beserta Doa, Keutamaan, Manfaat dan Cara Puasa Senin Kamis

Posted on

Niat puasa Senin Kamis – Puasa senin kamis amat dianjurkan, karena selain ada pahala yang besar, keutamaan puasa Senin Kamis memberikan manfaat besar bagi yang menjalankannya. Berikut adalah penjelasa tentang Niat dan Manfaat serta doa puasa senin kamis beserta manfaat puasa senin kamis bagi kecantikan dan kesehatan

puasa senin kamis
puasa senin kamis

Niat Puasa Senin Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى

Naaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatan Lillahi Ta’ala

Artinya : Saya berniat puasa hari Senin, sunnah karena Alloh SWT

Doa Berbuka Puasa

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

“Allaahumma lakasumtu wabika amantu wa’ala rizkika aftortu birohmatika yaa arhama Rohimiin”

Artinya :

“Ya Alloh karenaMu aku berpuasa, kepadaMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka puasa, dengan rahmatMu Ya Alloh Tuhan yang Maha Pengasih”

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis mempunyai sejumlah keutamaan yang membuat kita lebih bersemangat untuk mengamalkannya. Berikut adalah keutamaannya:

1. Rasulullah selalu mengerjakannya

Sebagaimana dua hadits dari Aisyah radhiyallahu ‘anha dan Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhu di atas, Rasulullah senantiasa mengerjakan puasa ini. Beliau senantiasa menjaganya.

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha beliau berkata, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam selalu menjaga Puasa Senin Kamis (HR. Tirmidzi dan Ahmad; shahih lighairihi)

2. Hari Senin hari istimewa

Salah satu keutamaan puasa pada Senin adalah karena hari istimewa. Pada hari Senin Rosulullah SAW dilahirkan dan pada hari Senin juga Rasululloh SAW mendapatkan wahyu.

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ الاِثْنَيْنِ قَالَ ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

Nabi ditanya tentang puasa pada hari Senin, maka Beliau Saw bersabda:

“Itu adalah hari kelahiranku dan pada hari itu wahyu diturunkan kepadaku.” (HR. Muslim)

3. Amal diperlihatkan pada Senin dan Kamis

Pada hari Senin dan Kamis, amal diperlihatkan agtau dilaporkan kepada Alloh SWT . Maka beruntung ketika saat itu seorang hamba yang berpuasa.

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

“Diperlihatkan amal pada hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diperlihatkan saat aku berpuasa.” (HR. Tirmidzi; shahih lighairihi)

Diperlihatkan amal-amal pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka Allah Azza wa Jalla pada hari itu mengampuni orang yang tidak menyekutukan Alloh SWT dengan sesuatu pun, terkecuali orang yang bermusuhan dengan saudaranya.

Maka dikataka :

“Biarkan keduanya hingga berdamai, biarkan keduanya hingga berdamai.” (HR. Muslim)

4. Pintu surga dibuka

Pada hari Senin dan Kamis pintu surga dibuka. Ini menunjukkan bahwa betapa mulianya hari itu dan betapa beruntungnya orang yang berpuasa.

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ

“Pintu-pintu surga dibuka pada Senin dan Kamis. Maka semua yang tidak menyekutukan Alloh SWT dengan sesuatu diampuni kecuali seseorang yang antara dirinya dengan saudaranya terdapat permusuhan.” (HR. Muslim)

Baca Juga :  Niat Sholat Idul Fitri

Keajaiban Puasa Senin Kamis

Syaikh Abdurrahman Al Juzairi dalam Fikih Empat Madzhab mengungkapkan :

“Di antara puasa yang dianjurkan yaitu puasa Senin Kamis, berpuasa pada setiap hari Senin dan hari Kamis setiap pekannya. Banyak sekali faedah yang didapatkan bagi seseorang jika membiasakan diri melakukan puasa sunnah ini, terutama sekali bagi tubuhnya.”

Mereka yang biasa puasa Senin Kamis pada umumnya lebih sehat wal afiat. Selain secara medis puasa sudah terbukti membantu kesehatan pencernaan, secara psikologis puasa pun mampu menjaga emosi lebih stabil. Tidak mudah marah dan tidak mudah depresi. Sebaliknya, ketenangan dalam puasa menghadirkan kebahagiaan di dalam jiwa pada bagian yang paling dalam

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Tata cara puasa Senin Kamis tak jauh berbeda dengan puasa pada umumnya, baik puasa Ramadhan dan puasa sunnah lainnya. Berikut tata caranya

1. Niat

Niat puasa Senin Kamis sebaiknya dilakukan pada malam hari, sebelum terbit sang fajar. Namun karena hal ini adalah puasa sunnah, maka anda terlupa, boleh niat di pagi hari namun belum makan apa-apa dan tidak melakukan hal apapun yang bisa membatalkan puasa.

2. Makan Sahur

Makan sahur adalah salah satu sunnah puasa yang andai dilakukan akan mendapat pahala serta keberkahan. jika tidak dilakukan, seperti karena bangun terlambat, puasanya tetap sah.

3. Menahan diri dari hal-hal yang membatalkan

Menahan diri dari makan, minum, serta berhubungan dengan istri dan hal-hal lainnya yang mampu membatalkan puasa. Slalu jaga juga hati dari marah, bohong dan lai sebagainya untuk menjaga fitrohnya dan Waktunya dimulai sejak terbit fajar sampai terbenam matahari.

Perlu menahan diri dari yang membatalkan pahala puasa. Antara lain bohong, ghibah, dan segala bentuk kemaksiatan yang letaknya ada di hati

4. Berbuka

Buka puasa yaitu matahari terbenam, yaitu saat masuknya waktu sholat Maghrib. Menyegerakan buka puasa adalah salah satu sunnah puasa. meskipun masih kuat hingga esok hari, tetaplah jangan sombong, karna sunnah jika menyegerakan berbuka

Hukum Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis hukumnya adalah sunnah. Dalam Fikih Manhaji ditegaskan, dalil sunnahnya puasa Senin Kamis yaitu berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah radhiyallahu ‘anha

كَانَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- يَتَحَرَّى صَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ

Nabi SAW selalu menjaga Puasa Senin Kamis (HR. Tirmidzi dan Ahmad; shahih lighairihi)

Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu memasukkan puasa Senin Kamis ke dalam puasa sunah yang disepakati oleh para ulama.

Syaikh Wahbah Az Zuhaili berkata :

“Puasa sunnah yang disepakati para ulama antara lain,”

“Puasa hari Senin dan Kamis tiap pekan berdasarkan perkataan Usamah bin Zaid:

Nabi SAW biasa puasa pada hari Senin dan Kamis. Suatu ketika beliau ditanya tentang hal itu lalu beliau bersabda:

“Sesungguhnya amal-amal manusia di perlihatkan (kepada Alloh) pada hari Senin dan Kamis.”

Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Di dalam agama lain selain Islam, umatnya juga dianjurkan serta diperintahkan untuk berpuasa, meskipun tata caranya berbeda. itu adalah suatu tanda bahwa betapa dahsyatnya puasa andai kita mengetahuinya, Berikut adalah beberapa manfaat puasa senin kamis bagi kesehatan dan kecantikan

Baca Juga :  Tauhid Rububiyah

1 . Peremajaan sel kulit

Sel-sel kulit manusia yang sudah mati perlu diganti atau dengan istilah lain diremajakan kembali. Tidak perlu bantuan produk dan obat tertentu yang harus dikonsumsi. Hanya perlu melakukan puasa senin kamis dengan rutin. Hal ini dikarenakan berhubungan dengan metabolisme pada tubuh manusia yang berhenti saat berpuasa, dan itu menjadikan sel-sel tubuh mampu bekerja lebih aktif lagi, seperti halnya sel-sel kulit.

2 . Mengencangkan kulit

Mungkin kamu tidak percaya apa hubungannya antara puasa senin kamis dengan pengencangan kulit. Seperti halnya peremajan kulit, Ketika Anda berpuasa sehari penuh metabolisme pada tubuh juga ikut beristirahat hingga membuat sel-sel dalam tubuh bekerja dengan lebih maksimal. Hasilnya, antara lain, organ tubuh luar, seperti misalnya kulit akan lebih sehat dan kencang.

3 . Mengeluarkan racun dalam tubuh

Tanpa penelitian dari para ilmuwan, Anda pun mampu berpikir secara logika, jika puasa senin kamis bisa mengeluarkan toksin atau racun dalam tubuh. Racun yang bercampur pada lemak, darah, atau bagian yang lain itu berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Untuk mengeluarkannya bukan dengan berolah raga saja. Namun, harus berhenti mengkonsumsi makanan dan minuman minimal sehari, agar racun mampu dikeluarkan dengan efektif. Pengeluarannya bisa melalui keringat, urine, atau saat buang air besar. Cara puasa senin kamis memang dipercaya amat ampuh untuk mengelurkan racun yang mengendap dalam tubuh. Jika racun-racun sudah keluar, maka Anda sendiri yang akan merasakan tubuh Anda lebih sehat

4 . Memberikan istirahat pada organ pencernaan

Organ perncernaan pada tubuh yang Anda punya diibaratkan seperti mesin, sebut saja mesin kendaraan bermotor. Tak mungkin sebuah mesin bisa dihidupkan dan dijalankan terus menerus karena hanya dapat merusak salah satu atau lebih onderdil atau sparepart bagian dari mesin tersebut. Oleh sebab itu, mesin kendaraan bermotor membutuhkan istirahat agar tidak cepat rusak komponen di baian dalamnya. Selain itu, juga membutuhkan perawatan yang rutin.

Seperti juga organ pencernaan pada tubuh Anda yang membutuhkan istirahat untuk tak bekerja minimal sehari hingga dua hari dalam seminggu. Hal ini berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi organ pencernaan, mengeluarkan racun pada organ pencernaan, dan sebagai perawatan rutin supaya tidak cepat rusak untuk organ pencernaan. Satu-satunya cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengistirahatkan organ perncernaan yaitu dengan cara puasa senin kamis.

5 . Menurunkan kadar lemak

Lemak adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh . Namun, jika memiliki lemak tubuh yang terlalu banyak tentu hanya mampu membuat penyakit datang. Oleh seba itu, kelebihan lemak dalam tubuh harus dihilangkan. Terdapat tiga cara yang sangat efektif dan dapat dilakukan segera, yaitu berolah raga secara teratur, melakukan diet yang menyehatkan, serta melakukan puasa senin kamis. Ketiga cara ini jika dilakukan dengan benar, dijamin akan menurunkan kadar lemak pada tubuh Anda. akibat positifnya, tubuh akan terhindar dari gangguan penyakit, seperti misalnya tekanan darah tinggi atau kolesterol.

6 . Mempercantik wanita secara alami

Dengan rutin berpuasa senin kamis, sel-sel tubuh mampu mengalami reorganisasi atau pergantian dengan teratur. Hal ini yang menyebabkan sel-sel pada tubuh selalu mengalami peremajaan. Dengan begitu, organ dalam dan luar tubuh akan menjadi lebih sehat serta segar. Contoh : pada organ kulit yang mengalami peremajaan sel-sel kulit mampu menjadikan kulit wajah lebih bersih, segar, dan terlihat lebih cantik. Bagi Anda para wanita yang menginginkan terlihat tampil cantik dan awet muda, tidak ada salahnya mencoba melakukan secara rutin puasa senin kamis.

Baca Juga :  Hukum Lam Ta’rif dan Lam Fi’il Beserta Contoh

7 . Menenangkan jiwa dan perasaan

Orang yang terbiasa melakukan puasa senin kamis umumnya mampu mengontrol pikiran dan perasaannya. Sebagai contoh saja , dengan puasa senin kamis orang bisa lebih bersabar, mengontrol hawa nafsu, serta pikiran kotor / negatif. Dengan terkontrolnya pikiran, mapu menyebabkan ketenangan jiwa. Bagi kamu yang selama ini selalu dihantui rasa takut, stres, depresi, dan mengarah pada gangguan kejiwaan. Cobalah mempraktikkan puasa senin kamis supaya pikiran dan jiwa lebih tenang dan terkontrol.

8 . Mampu mengendalikan hawa nafsu

Orang yang sering berpuasa senin kamis lebih dapat dan mahir mengendalikan hawa nafsu yang bergejolak dalam hati dan pikirannya. Contoh logis yaitu seorang pemuda juga pemudi yang selalu merasa kesepian serta selalu terbayang berhubungan dengan lawan jenisnya. Setiap manusia normal pastilah berharap seperti itu. Namun, hawa nafsu seperti itu harus dikontrol agar tidak menimbulkan efek negatif pada diri pribadi yang bersangkutan. Salah satu cara yang efektif untuk mengendalikan hawa nafsu yaitu melakukan puasa senin kamis.

9 . Lebih peka kepada lingkungan sekitar

Saat melakukan puasa senin kamis, pasti merasakan lapar dan haus yang sangat. Rasa seperti itu yang dirasakan banyak orang miskin dan tidak mampu. Mereka untuk mengisi perut supaya tetap bisa hidup sampai mengemis walau mengemis itu dilarang atau memungut makanan sisa dari tumpukan sampah. Namun, tentu lebih beruntung karena kamu tidak mengalaminya. Oleh sebab itu, orang yang terbiasa berpuasa senin kamis lebih peka pada kondisi lingkungan sekitar. Rasa ini menjadi lebih besar ketika orang yang berpuasa tersebut mengalami rasa lapar dan haus, seperti yang dirasakan orang miskin.

10 . Lebih banyak beramal

Orang yang puasa senin kamis mapu lebih meningkatkan amalan ibadahnya dengan banyak beramal. contoh : memberikan bantuan kepada fakir miskin, orang yang tidak mampu, juga pada anak-anak yatim. Orang itu yakin dengan banyaknya amalan tambahan pendamping puasa senin kamis yang dijalankannya, maka memperoleh banyak pahala yang berlipat. Itulah efek positif secara tak langsung yang mampu diraih setiap orang yang puasa senin kamis.

Dari berbagai manfaat dan keutamaan puasa senin kamis di atas, namun berpuasalah dengan mengharap Ridho Alloh dan RosulNya, Janga jadikan manfaat puasa sebagai tujuan walaupun keutamaan dan manfaat puasa pasti di berikan karena Alloh SWT tak akan ingkar pada janjiNya

Demikianlah pembahasan mengenai puasa senin kamis, Semoga bermanfaat

Artikel Lainya :

 

4.8 (96.67%) 24 vote[s]