Niat Puasa Rajab Beserta Manfaat dan Hikmah Puasa Rajab

Posted on

Niat Puasa Rajab – Berniat puasa pada malam harinya bisa menyusul pelafalan niat dan memasang niat sunah puasa Rajab ketika itu juga. Kewajiban niat pada malam hari hanya berlaku pada puasa wajib. Untuk puasa sunah, niat bisa dilakukan di siang hari sejauh yang bersangkutan belum makan, minum, dan hal-hal lain yang bisa membatalkan puasa sejak subuh.

niat puasa rajab
niat puasa rajab

Niat Puasa Rajab

Berikut adalah lafal niat puasa sunah Rajab di siang hari:

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma hâdzal yaumi ‘an adai sunnati Rojaba lillahi ta‘ala.

Artinya :
“Aku berniat puasa sunnah Rajab hari ini karena Alloh SWT.”

Kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk berpuasa pada bulan rajab mengingat besarnya keutamaan puasa sunah pada bulan Rajab. Tetapi kita juga dianjurkan untuk melafalkan niat puasa Rajab di malam harinya. Berikut ini lafal niat puasa Rajab:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ghodin ‘an ada’i sunnati Rojaba lillahi ta‘ala.

Artinya :
“Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Alloh SWT.”

Dalil Al-Qur’an

Bulan rajab adalah salah satu bulan suci yang penuh dengan keberkahan, sebagai mana yang di firmankan Alloh dalam surat At-taubah ayat 36:

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

Baca Juga :  Doa Sholat Hajat

Artinya :
“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Alloh adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Alloh di waktu ia menciptakan bumi dan langit, diantara bulan haram (bulan suci). Itulah agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiyaya diri kamu dalam bulan yang empat itu” (QS. At-taubah; ayat 36).

Menurut Syech Nawawi Banten

Puasa pada bulan Rajab dianjurkan. Pasalnya, kita dianjurkan berpuasa sunah pada bulan-bulan agung yang menurut agama sebagai keterangan Syekh Nawawi Banten berikut ini:

والعاشر صوم أيام الأشهر الحرم وهي أربعة المحرم ورجب وذو القعدة وذو الحجة. وأفضل الشهور رمضان ثم المحرم ثم رجب ثم ذو الحجة ثم وذو القعدة ثم شعبان. وظاهر كلامهم أن باقي شهور السنة على حد سواء

Artinya, “Kesepuluh puasa pada bulan-bulan terhormat, yaitu empat bulan: Muharram, Rajab, Dzulqa‘dah, dan Dzulhijjah. Bulan paling utama yaitu Ramadhan, kemudian Muharram, lalu Rajab, selanjutnya Dzulhijjah, kemudian Dzulqa‘dah, lalu Sya‘ban. Ucapan mereka dilihat secara zohir mengatakan bahwa pada bulan selain yang disebutkan kesunahannya sama, ”

Manfaat dan Hikmah Puasa Bulan Rajab

Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW telah bersabda, “ketahuilah bahwasanya bulan rajab itu adalah bulan Alloh”.

Mendapatkan Ridho Alloh swt

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya : “Barang siapa yang melaksanakan puasa di bulan rajab dengan niat yang ikhlas, maka akan mendapatkan keridhoan Alloh swt yang sangat besar”

Mendapatkan Pahala (Ibadah selama 5 tahun)

Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya “Barang siapa yang berpuasa di bulan rajab/27 rajab, maka mendapatkan pahala seperti melaksanakan ibadah selama 5 tahun berpuasa”

Mendapatkan Kemuliaan Alloh SWT

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya : “barang siapa yang beribadah puasa di bulan rajab, maka akan mendapatkan kemuliaan yang besar disisi Allah swt”

Baca Juga :  Sifat Rosul

Mendapatkan Pahala 900 Tahun Berpuasa

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya : “Barang siapa yang berpuasa di bulan rajab. Per tanggal 1, 2, 3 maka mendapatkan pahala seperti ibadah selama 900 tahun”

Mendapatkan Istajab Doa

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya :, “Barang siapa yang berpuasa lima hari pertama pada bulan rajab maka akan di kabulkan doanya”.

Ditutup Pintu Neraka

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya : “Barang siapa yang berpuasa tujuh hari pertama pada bulan rajab maka di tutup ketujuh pintu neraka dan di bukakan delapan pintu surge jika berpuasa tuju hari pertama di bulan rajab”.

Mendapatkan Ampunan Dosa yang Telah diperbuat

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya :“Barang siapa yang berpuasa lima belas kali pertama di bulan rajab maka di ampuni semua dosa yang sudah di perbuat dan di gantikan perbuatan dosa itu dengan amal sholeh/kebaikan.

Mendapatkan Berlipat Pahala

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya : “Barang siapa menambah-nambah hari puasa di bulan rajab maka pahalanya di lipat gandakan oleh Alloh swt”

Demikianlah tentang puasa rajab, Semoga bermanfaat

Artikel Lainya :