Mukjizat

Posted on

Mukjizat adalah suatu perkara di luar kebiasaan yang dilakukan Alloh SWT melalui nabi dan RosulNya sebagai pembuktian pada manusia tentang kebenaran keNabiannya. Berikut ini akan kami sajikan tentang pengertian, macam-macam dan juga contohnya lengkap. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

mukjizat
mukjizat

Pengertian Mukjizat

Mukjizat yaitu suatu perkara luar biasa atau yang diluar akal yang diberikan Alloh SWT untuk Nabi dan Rosulnya

Kata mukjizat المعجزة adalah turunan dari kata al-Ajz [العجْز] yang memiliki arti tidak mampu melakukan sesuatu. Sementara istilah syar’i, mukjizat yaitu kejadian luar biasa yang Alloh berikan kepada para nabiNya sebagai bukti untuk status kenabian mereka.

Allah berfirman dalam surat Ai isra ayat 101

وَلَقَدْ آتَيْنَا مُوسَى تِسْعَ آيَاتٍ بَيِّنَاتٍ

Artinya :
Sungguh Aku telah berikan kepada Musa 9 ayat yang jelas.
(QS. al-Isra: 101)

Yang dimaksud kata ‘ayat’ pada ayat di tersebut adalah mukjizat.

Macam Macam Mukjizat

Mukjizat bisa dibedakan menjadi 4 macam yaitu :

1. Mukjizat Kauniyah.

Mukjizat kauniyah yaitu mukjizat yang slalu berkaitan pada peristiwa alam, seperti misalnya saat dibelahnya bulan menjadi 2 oleh Nabi Muhammad SAW dan juga dibelahnya Laut Merah oleh Nabi Musa as menggunakan sebuah tongkat.

2. Syakhsiyyah.

Mukjizat Syakhsiyyah yaitu mukjizat yang keluar dari tubuh Nabi dan Rosul, seperti misalnya air yang keluar dari celah jari Rosulullah SAW, cahaya bulan memancar dari tangan Nabi Musa as dan penyembuhan penyakit buta serta kusta oleh Nabi Isa as.

Baca Juga :  Dalil Tabaruk (Meminta Barokah)

3. Salbiyyah.

Mukjizat Salbiyyah yaitu mukjizat yang membuat sesuatu tidak berdaya seperti misalnya ketika Nabi Ibrahim as dibakar Raja Namrud, Naun api tidak bisa membakarnya.

4. Aqliyyah.

Mukjizat Aqliyyah yaiu mukjizat yang rasional dan masuk akal. Contoh satu-satunya yaitu Al Qur’an.

Contoh Mukjizat

Berikut ini adalah hanya beberapa contoh mukjizat yang dapat kami sajikan

Mukjizat Nabi Muhammad SAW

Mu’jizat Rosulullah SAW amat banyak sekali hingga mencapai ribuan. Yang sudah popular dimuat dalam buku hadis, di antaranya yaitu Al Quran Al Karim sebagai mu’jizat yang tampak dan jelas serta bukti yang nyata, Tidak bisa dikalahkan kebatilan, baik dari depan dan dari belakang.

Al Quran diturunkan oleh Alloh SWT Yang Maha Bijaksana dan Maha Terpuji, dapat melemahkan para sastrawan dan membuat tidak berdaya untuk membuat satu suratpun seperti Al Quran, meskipun mereka meminta bantuan semua makhluk.

Allah Ta’ala berfirman:

قُلْ لَـئِنِ اجْتَمَعَـتِ الْإِنـْسُ وَالْجِـنُّ عَلَى أَنْ يَأْتُـوا بِمِثْـلِ هَذَا الْقُرْآَنِ لَا يَأْتُونَ بِمِثْلِهِ وَلَوْ كَانَ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ ظَهِيرًا

Artinya :
“Katakanlah : “Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa dengan Al-Qur’an ini, niscaya mereka tidak akan mapu membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain.”

Rosulullah SAW menantang para ahli sastra untuk membuat suatu karya sekelas Al-Qu’ran, padahal jumlah mereka amatlah banyak, mereka juga fasih dan amat memusuhi beliau SAW. Namun tak satupun dari mereka yang mampu melakukan hal itu hingga hari ini.

Adapun mu’jizat beliau selain Al Quran Al Karim, tidak mungkin bisa diringkas di sini

Baca juga : Sifat rosul

Akan tetapi kami penulis akan menyebutkan sedikit dari mu’jizat beliau SAW, di antaranya yaitu :

  • membelah bulan
  • menahan matahari
  • mengucurnya air dari jari beliau SAW
  • air dan makanan yang menjadi banyak lantaran berkah beliau SAW
  • makanan yang dapat bertasbih
  • kerinduan pelepah kurma
  • pohon yang mengucapkan salam
  • berjalannya pohon kepada beliau SAW
  • persaksian pohon pada kenabian beliau SAW
  • berkumpulnya 2 pohon yang saling berjauhan tempatnya
  • kembalinya kedua pohon ke tempat masing-masing.
Baca Juga :  Tanda Baca Al-Quran

Mukjizat Nabi Musa as

Nabi Musa a.s. Beliau dibekali 9 mukjizat oleh Alloh SWT. hal ini sebagaimana dijelaskan di dalam Q.S. Al-Isra’/17: 101 yang bunyinya sebagai berikut.

وَلَقَدْ آتَيْنَا مُوسَىٰ تِسْعَ آيَاتٍ بَيِّنَاتٍ ۖ فَاسْأَلْ بَنِي إِسْرَائِيلَ إِذْ جَاءَهُمْ فَقَالَ لَهُ فِرْعَوْنُ إِنِّي لَأَظُنُّكَ يَا مُوسَىٰ مَسْحُورًا

Artinya :
Dan sesungguhnya Kami telah memberikan kepada Musa 9 mukjizat yang nyata, maka tanyakanlah kepada Bani Israil, tatkala Musa datang kepada mereka lalu Fir’aun berkata kepadanya: “Sesungguhnya aku sangka kamu, hai Musa, seorang yang kena sihir”.

Mukjizat Nabi Isa as

Bagi kaum Bani Israel, mukjizat Nabi Isa hanyalah sihir semata. Sedangkan, bagi pengikut Nabi Isa, mukjizat itu justru semakin menambah iman mereka. Para pemuka Bani Israel merasa amat terancam kekuasaannya dengan keberadaan Nabi Isa as.

Mereka melakukan semua cara untuk membendung pengaruh ajaran Nabi Isa, termasuk untuk membunuh Nabi Isa.

Di antara mukjizat nabi Isa yang lainnya adalah sebagai berikut:

  • Lahir tanpa seorang ayah.
  • Mampu berbicara ketika masih bayi, untuk menerangkan bahwa ia adalah seorang nabi yang diutus untuk bani Israel.
  • Mampu mengetahui Taurat asli Nabi Musa, yang disembunyikan dan sudah mengalami perubahan yang dilakukan oleh orang cerdik dari kaum Yahudi.
  • Menghidupkan orang yang sudah mati.
  • Diberi kemampuan untuk melihat hal-hal yang ghoib melalui panca inderanya meskipun ia tidak dapat menyaksikannya secara langsung.
  • Menurunkan makanan dari atas langit seba permintaan Hawariyun.

Demikialah pembahasan mengena mukjizat yag dapat kami sapakan, Semoga bermanfaat

 

Baca Juga :  Hukum Menggerakan Jari Saat Tahiyat (Tasyadud)