Mimpi Basah Saat Puasa

Posted on

Mimpi Basah Saat Puasa – Salah satu yang bisa menyebabkan batalnya puasa yaitu keluarnya mani sebab hubungan seksual antara suami dengan isteri, atau pun sebab usaha dengan tangan sendiri (masturbasi). Lalu, jika seandainya air mani itu ‘keluar sendiri’ dikarenakan mimpi basah apakah bisa membatalkan puasa?

Mimpi Basah Saat Puasa

Seorang ulama besar dari Universitas Al-Azhar Kairo Mesir Syekh Ali Jum’ah menjelaskan bahwa mimpi basah di siang hari bulan Ramadhan tidak membatalkan puasanya seseorang. Mereka yang mengalami mimpi basah bisa dengan segera mandi junub dan meneruskan puasanya sampai Magrib.

“Puasanya diteruskan hingga waktu Magrib, dan tidak berkewajiban membayar hutang puasa,”

Mengutip sebuah hadist Nabi Muhammad SAW, Syekh Jum’ah memiliki pendapat bahwa orang yang tidur tidak terkena khitab (aturan) Alloh, sebagaimana anak kecil dan juga orang gila. Ketiga orang itu tidak dinilai berdosa saat berbuat sebuah kesalahan hingga mereka terbangun (bagi orang yang sedang tidur), menjadi dewasa (bagi anak-anak), dan juga sehat kembali (bagi orang gila).

“Orang yang berpuasa jika mengalami mimpi basah saat tidur siang tidak berdosa,” jelasnya.

Bahwa manusia tak terlepas dari urusan tidur. Sehingga Alloh tidak membebani mereka dengan hukumnya saat dalam keadaan terlelap. Bagi Syekh Jum’ah, ini adalah bentuk kasih sayang Alloh SWT kepada manusia.

Di dalam kitabnya Al-Hawi Al-Kabir, seorang ulama dari mazhab Syafi’i Al-Mawardi menegaskan, para ulama yakin dan sepakat bahwa mimpi basah pada siang hari tak membatalkan puasa. Namun sebaiknya mandi junub ketika sudah bangun dari tidur

Baca Juga :  Sahabat Nabi

Baca juga :

Apa penyebab mimpi basah?

mimpi basah saat puasa
mimpi basah saat puasa

Menurut ilmu kedokteran, mimpi basah adalah disebabkan naiknya kadar hormon testosteron yang terjadi pada tubuh laki-laki saat pubertas. Setelah tubuh memproduksi testosteron, Anda bsa mengeluarkan air mani bersperma melalui ejakulasi penis yang ereksi.

Selama pria masih memproduksi hormon testosteron, tubuh akan memproduksi air mani yang bisa dilepaskan melalui cara ejakulasi, bahkan ketika tidur. Itu artinya, baik lelaki remaja maupun pria yang dewasa tetap bisa mengalami mimpi basah bahkan sudah keluar dari masa puber.

Selama fase tidur, normal bagi laki-laki mengalami ereksi. Ada bagian yang tertentu dari otak yang dimatikan ketika tidur, sehingga ketika tengah tertidur, otak “mengabaikan” sebuah gerak-gerik penis.

Jika normalnya di siang hari otak bisa mengendalikan penis untuk memastikan ereksi hanya terjadi saat diperlukan, saat tidur penis bebas melakukan apa saja yang ia mau. Jika Anda kebetulan mempunyai mimpi yang erotis selama tidur, Anda bisa mengalami ereksi serta berejakulasi.

Adakah cara untuk mencegah mimpi basah saat puasa?

Terdapat beberapa cara yang sederhana di bawah ini bisa membantu mencegah mimpi basah saat puasa.

1. Bedakan mana khayalan dan nyata

Untuk mencegah mimpi basah di saat-saat yang tidak diinginkan misalnya saat puasa, perlu lebih mawas diri selama siang hari ketika beraktivitas. Lebih jeli mengamati apa yang terjadi pada lingkungan sekitar Anda. Anda harus mampu melihat perbedaan antara mimpi dengan kenyataan. Tekankan keinginan untuk bisa bangun begitu untuk mengenali perbedaan “suasana” ketika Anda bermimpi.

2. Jangan pikirkan kekasih hati sebelum tertidur

Mimpi sering mewakili impian milik Anda untuk memenuhi pada keinginan, di mana alam bawah sadar mampu mewujudkan sesuatu yang benar-benar di inginkan. Jadi, sebisa mungkin hindari lah merenung dan memikirkan sang kekasih hati ataupun artis favorit di siang bolong guna mencegah mimpi basah saat puasa.

Baca Juga :  Cinta Tanah Air Menurut Al-Qur'an dan Al Hadist (Hubbul Waton Minal Iman)

Semakin banyak kau memfokuskan energi memikirkan seseorang, maka semakin besar juga kemungkinan orang itu akan muncul ke dalam mimpi Anda. Pasangan atau orang yang disukai bisa muncul dalam sejuta kemungkinan skenario dalam mimpi yang berbeda. Tak menutup kemungkinan dalam mimpi basah itu tadi

3. Meditasi sebelum tidur

Amat penting ketika pergi tidur dalam keadaan pikiran jernih dan badan yang suci, terutama jika ingin berusaha mengatur apa yang ingin di impikan.

Anda bisa memulainya dengan cara berwudhu sebelum tidur dan biasakan membaca buku atau website yang berhubungan dengan agama dan keimanan anda, namun hindari menonton video ceramah yang menimbulkan emosi

Kesejahteraan mental wajib menjadi prioritas untuk semua orang, sebab ini bisa tercermin pada tiap aspek kehidupan Anda, termasuk untuk bagaimana Anda bermimpi.

Tapi, mimpi tak bisa diatur

Hingga kini belum ada cara yang terbukti dengan ilmiah yang mampu mengatur alur cerita mimpi maupun memprediksi kapan mimpi itu akan terjadi. Mimpi terjadi ketika Anda dalam keadaan tak sadarkan diri , tidak memiliki kemampuan untuk berpikir logis.

Nyatanya, tidak ada yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikan dan juga menghentikan mimpi basah ketika puasa maupun tidak. Seperti halnya mimpi-mimpi yang lain, mimpi erotis juga tak bisa dikendalikan atau cegah sebelumnya.

Bahkan mungkin saja Anda bisa tidak mampu mengingat mimpi Anda semalam. Yang harus dipahami, mimpi basah yaitu bagian alami dari reaksi tubuh normal ketika tidur dan untuk mengurangi mimpi adalah mengurangi tidur.

Demikianlah tentang artikel ini,  Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kalimat yang kurang pantas ditulis namun terpaksa kami menulisnya untuk pemahaman dalam kesehatan

Baca Juga :  Niat Sholat Witir