Medan Magnet : Sifat, Pengertian dan Rumus

Posted on

Suhupendidikan.com Bab Medan Magnet menerangkan tentang pengertian magnet, Sifat magnet dan Rumus magnet

medan magnet

Pengertian Medan Magnet

Medan magnet adalah suatu medan yang dibentuk dengan menggerakan arus listrik yang menyebabkan timbulnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya”

Putaran mekanika kuantum dari satu partikel akan membentuk medan magnet dan putaran itu dipengaruhi oleh dirinya sendiri seperti arus listrik, inilah yang menjadi sebab medan magnet dari ferromagnet “permanen”.

Sebuah medan magnet termasuk medan vektor yaitu berhubungan dengan setiap titik dalam ruang vektor yang mampu berubah menurut waktu. Arah dari medan ini yaitu seimbang dengan arah jarum kompas yang diletakkan dalam medan tersebut.

Sifat Medan Magnet

Hasil kerja Maxwell sudah banyak menyatukan listrik statis dengan kemagnetan, yang menghasilkan sekumpulan empat persamaan mengenai kedua medan itu sendiri. Namun, berdasarkan rumus Maxwell, masih ada dua medan yang berbeda yang menjelaskan gejala yang berbeda.

Einsteinlah yang mampu berhasil menunjukkan dengan relativitas khusus, bahwa medan listrik dan medan magnet merupakan dua aspek dari hal yang sama (tensor tingkat 2), dan seorang pengamat mampu merasakan gaya magnet di mana seorang pengamat bergerak hanya dari merasakan gaya elektrostatik.

Jadi, dengan memakai relativitas khusus, gaya magnet yaitu manifestasi dari gaya elektrostatik dari muatan listrik yang bergerak, dan mampu diprakirakan dari pengetahuan tentang gaya elektrostatik dan gerakan muatan itu sendiri (relatif terhadap seorang pengamat).

Rumus dan Pengukuran Medan Magnet

Karena medan magnet adalah besaran vektor, maka ada dua aspek untuk mengukur medan magnet yaitu besarnya dan arahnya.

Baca Juga :  Materi Kinematika Dengan Analisis Vektor Beserta Contoh Soal

Untuk mengukur arahnya, kita bisa memakai kompas magnet. Jika kompas magnet diletakkan disekitar medan magnet, maka arah jarum kompas mengikuti arah medan magnet di titik itu sendiri

Pada rumus medan magnet, besarnya medan magnet ditulis dengan simbol B. Sesuai dengan sistem Internasional, besarnnya mempunyai satuan dalam tesla (T) yang diambil dari sebuah nama Nikola Tesla. Tesla didefinisikan sebagai seberapa besar gaya pada medan magnet. Misalnya, sebuah kulkas kecil memproduksi medan magnet sebesar 0,001 T.

Ada satu cara untuk membuat medan magnet tanpa memakai magnet, yaitu dengan cara mengalirkan arus listrik.

Jika dialirkan arus listrik melalui kabel misalnya dengan menyambungkannya ke baterai), maka akan mendapat dua fenomena. Semakin besar arus yang mengalir terhadap kabel, maka akan semakin besar juga medan magnet yang dihasilkan. dan demikian juga sebalilknya.

Sesuai hukum Ampere, besar medan magnet yang dihasilkan bisa dihitung dengan rumus:

rumus medan magnet

keterangan rumus :

Untuk mengetahui arahnya, kita bisa memakai prinsip tangan kanan. Ibu jari adalah arah aliran listrik dan jari-jari lainnya menunjukkan arah medan magnet disekitar kabel.

Demikianlah penjelasan mengenai medan magnet yang meliputi pengertian dan rumusnya, Semoga bermanfaat

 

5.0
01