Malaikat Mikail

Posted on

Materi Malaikat Mikail Lengkap dengan tugas dan sejarah singkatnya agar mudah dipahami oleh pemula.

Mikail merupakan salah satu dari empat malaikat yang menjadi pembesar semua malaikat. Dalam sebuah cerita dikatakan bahwa ia diciptakan oleh Allah SWT setelah malaikat Israfil dengan perbedaan sekitar lima ratus tahun.

Materi Malaikat Mikail Lengkap

Menurut sebuah cerita, dikatakan telah mengenakan jubah hijau zamrud yang memenuhi langit. Dari kepala ke telapak kakinya yang berbulu. Ketika semua air di lautan dan sungai di muka bumi terciprat ke kepalanya, tidak setetes pun jatuh dari kepalanya.

Seluruh tubuh terdiri dari nur atau cahaya dan berbulu za’faran. Yang istimewa, ada sejuta wajah di setiap bulu yang dimilikinya. Dan setiap wajah memiliki sejuta mata. Bahkan, setiap mata berseru meminta belas kasihan bagi orang-orang beriman yang berdosa.

Nilai tambahnya adalah setiap wajah memiliki satu juta mulut yang memiliki jumlah bahasa dan satu juta bahasa yang sama. Dan setiap lisan yang dimiliki memohon pengampunan bagi orang-orang beriman yang berdosa.

Dari sekian banyak mata yang ada, selalu menumpahkan tujuh ribu tetes. Kemudian, dari setiap tetes air mata, Tuhan menciptakan malaikat yang menyerupai bentuk Mikail. yang memiliki tugas membaca tasbih sampai akhir hari. Mereka disebut Karubiyun. Tidak hanya bertasbih, mereka juga memiliki tugas membantu Mikail untuk menurunkan hujan, untuk merawat tanaman dan buah-buahan, dan untuk memberi rezeki kepada makhluk-makhluk Allah SWT.

Dalam satu pernyataan, dikatakan bahwa Allah mengirim malaikat untuk memastikan kelangsungan hidup makhluk di laut, buah dari pohon, atau tanaman di bumi. Karena itu sebutir biji buah selalu dijaga oleh malaikat.

Baca Juga :  Qalqalah

Dalam Hadist Riwayat Ahmad dari Annas bin Malik, ketika nabi melakukan perjalanan isra’ ke langit, Beliau bertanya kepada malaikat Jibril, “Mengapa aku tidak pernah melihat Mikail tertawa?” Malaikat jibril menjawab: “Mikail tidak pernah tertawa sejak Neraka diciptakan.”

Baca Juga : Nama-nama Malaikat

Tugasnya

Sering menemani Malaikat jibril dalam memenuhi tugasnya. Di antara tugas-tugas yang dilakukan dengan malaikat jibril antara lain :

  1. Ketika jibril memenuhi tugas untuk mematahkan dada Rasulullah untuk dibersihkan, karena itu akan dipenuhi dengan iman, Islam, yakin, dan sifat diam. Saat itu, peran Mikail tidak kalah penting. Dia mengambil Al-Kautsar atau air Zam-Zam sebagai pembersih hati untuk Rasulullah.
  2. Ketika Nabi mendapat kepercayaan untuk melakukan Isra ‘dan Mi’raj, Mikail dan jibril menemaninya dalam perjalanan.
  3. Mikail juga adalah utusan Allah, yang menyerahkan daun kepada malaikat maut. Pada halaman-halaman ini ditulis dengan sangat rinci tentang nama, tempat dan penyebab kematian untuk nyawa yang di tuju.

Sekarang kamu tahu siapa itu malaikat yang bernama Mikail, kan? Ya, dia tentu saja makhluk Allah SWT. Dia memiliki tugas yang sangat mulia dan murah hati bagi dunia. Ini mengatur pemeliharaan dan hujan. Wallahu ‘alam.

Pertanyaan seputar materi ini akan kami bahas dibawah ini

Apa Tugasnya?

Menyampaikan rizki kepada mahluk

Malaikat Mikail adalah?

Salah satu dari empat malaikat yang menjadi pembesar semua malaikat