Malaikat Jibril

Posted on

Materi Malaikat Jibril Lengkap dengan Tugas

Malaikat jibril ialah malaikat yang bertanggung jawab menyampaikan wahyu. Jibril ialah salah satu dari tiga malaikat yang namanya disebutkan dalam Al Qur’an.

Namanya disebutkan dua kali dalam Alquran dalam surat Al Baqarah ayat 97-98 dan dalam surah at-Tahrim ayat 4. Dalam Alquran, jibril memiliki beberapa gelar, seperti Ruh al Amin dan Ruh al Qudus (Roh Kudus), Ar-Ruh Al-Amin dan lainnya.

Materi Malaikat Jibril

Bentuk fisik terkandung dalam deskripsi kisah Nabi Muhammad Saw ketika ia menerima wahyu kedua, dan nabi menuntut penampilan asli dari utusan dari surga dalam bentuk aslinya. atau betapa benarnya menjadi Jibril tanpa tatapan yang tidak jelas, seperti di waktu lain, pembawa pesan malaikat jibril selalu muncul dalam bentuk manusia normal.

Malaikat Muncul dengan enam ratus sayap di antara masyrik dan fajar atau barat-timur, sayap dan kemuliaan berwarna putih sebagai mutiara yang larut, dengan penampilan dan keindahannya yang halus dan dengan kekuatan luar biasa.

Katakanlah “Siapa pun yang menjadi musuh Jibril, dia telah mengirimkannya (Alquran) ke dalam hatimu dengan izin Allah, membenarkan apa yang ada (kitab suci) dan berfungsi sebagai panduan dan kabar baik bagi orang-orang beriman, siapa pun yang menjadi musuh dari Allah, malaikatnya, rasul-rasulnya, jibril dan Mikail, maka pastilah Allah adalah musuh orang-orang kafir.

Jibril adalah malaikat yang membawa pesan kelahiran nabi Isa kepada ibunya Mariam, dan juga malaikat yang membawa Alquran kepada Nabi Muhammad Saw.

Dalam kisah suci perjalanan dari Isra ‘Mi’raj, ketika Jibril tiba di pos Sidratul Muntaha, jibril tidak bisa lagi menemani Nabi Muhammad untuk terus menghadiri kehadapan Allah SWT.

Baca Juga :  Hukum Adzan Jum'at Dua Kali

Dia berkata, “Aku tidak bisa mendekati Alloh sama sekali, itu akan memakan waktu 60.000 tahun lagi untuk terbang, itulah jarak antara aku dan Allah yang dapat aku jangkau, jika aku melangkah lebih jauh, aku akan hancur.”

Maha Suci Allah, ternyata Jibril As tidak mencapai Alloh SWT.