Mad Wajib Muttasil

Posted on

Materi Mad wajib muttasil, cara baca dan contoh dari dalam Al-Qur’an yang di lengkapi dengan gambar agar mudah dipahami.

Salah satu aturan membaca Al-quran adalah bahwa ada bacaan yang di baca pendek dan panjang. Bacaan singkat cukup di baca dengan satu ketukan. Sedangkan bacaan panjang setidaknya dua ketukan harus di baca. Bacaannya mad dan salah satunya mad, mad wajib muttasil, yang juga termasuk mad fa’i.

Arti dalam bahasa adalah Mad berarti panjang, wajib berarti harus, sedangkan mutassil berarti bersambung. Dengan kata lain, Mad Wajib Muttasil adalah hukum bacaan di mana Mad Thobi’i atau Mad Asli bertemu dengan surat dari Hamza yang berharakat Fathah, Dommah, ataupun kasroh dalam satu kata (lanjutan).

Pengetian Mad Wajib Muttasil

Mad Wajib Muttasil

Madwajib Muttashil merupakan huruf mad dan hamzah dalam satu kata. Di katakan Mad wajib karena para ulama sepakat untuk membaca lebih dari dua harokat dengan ukuran yang berbeda. Di katakan Muttashil berarti melanjutkan, karena mad bertemu Hamza dalam satu kata.

Bagi orang awam, tentu saja, sangat sulit untuk membedakan suatu kalimat yang terdiri dari satu kalimat atau kalimat lain. Untuk ini, Anda perlu memahami secara spesifik bacaan ini.

Ciri khusus dalam membaca Mad ini adalah bahwa ketika Mad Thobii di baca, huruf Hamzah muncul, ini dapat di nyatakan dalam sebuah kalimat.

Cara Baca

Cara membacanya adalah dengan memanjangkan huruf Mad. Panjangnya dua setengah Alif atau lima Harakat.

Anda juga perlu tahu bahwa pembacaan Mad ini dalam Al-Quran, biasanya di tandai dengan garis tebal, melengkung dan tanda Mad ini mirip dengan gambar pedang, yang terletak di atas huruf Mad Thobii atau terletak di antara huruf Mad Thobii dan huruf itu huruf Hijaiyah Hamzah.

Baca Juga :  Pengertian Kaligrafi

Contoh

Untuk bahasan lebih lanjut, berikut adalah beberapa contoh Mad Wajib Muttasil. Anda dapat melihatnya di gambar berikut, yang di dasarkan, antara lain, pada huruf dan ayat dalam Alquran.

Untuk memperjelas, berikut adalah contoh Mad ini yang berada di dalam Al Qur’an

F.A.Q

Apa Pengertian MadWajib Muttasil?

Madwajib Muttashil merupakan huruf mad dan hamzah dalam satu kata

Bagaimana Cara Membaca Madwajib Muttasil?

Cara membacanya adalah dengan memanjangkan huruf Mad. Panjangnya dua setengah Alif atau lima Harakat.

Contoh MadWajib Muttasil

QS Azzumar 71