Mad Tamkin

Posted on

Materi Mad Tamkin dengan pengertian, Cara baca, huruf dan contoh dari Al-Quran agar mudah di pahami oleh pembaca.

Mad Tamkin ini di anggap sangat langka dan tidak seperti hukum-hukum lain untuk pelafalan dan pelafalan yang jarang terjadi dalam A-Quran. Oke, untuk menghemat waktu, mari kita bicara lebih banyak tentang hukum bacaan tentang Mad Tamkin.

Jika ada dua huruf Ya di dalam satu kalimat , di mana yang pertama memiliki harokat Tasdid dan Kasroh, sedangkan yang kedua memiliki harokat Sukun atau mati. Dari makna tersebut, hukum bacaan ini di sebut madtamkin karena harokat tasdid menempatkan bacaan mad.

Pengertian Mad Tamkin

Mad Tamkin adalah salah satu dari tiga belas (13) hukum Mad Far’i Mad yang terjadi ketika huruf Hijaiyah Wau bertemu dengan surat Wau Berkarakat. Kunci utama MadTamkin adalah sama dengan hukum Mad Far’i lainnya yang terkandung dalam Hukum Mad Thobii.

Di tinjau dari segi bahasa, MadTamkin berarti menjangkan bacaan atau mad dalam huruf Hijiayah Wau dan huruf Hijaiyah ya dan kedua huruf hijaiyah persis sama dalam hal ini, bentuknya tidak dalam kalimat atau kata yang dipisahkan.

Namun, ada pernyataan lain yang mendefinisikan hukum Mad Tamkin dan dijelaskan di bagian berikut :

Tamkin berarti Penepatan

Penetapan di lakukan di sini jika:

  • Jika ada huruf hijriyah yang berharakat Kasrah bertemu dalam huruf hijaiyah Ya Sukun, dan huruf hijaiyah selanjutnya adalah huruf hijaiyah Ya berharakat.
  • Dan jika ada huruf hijaiyah yang berharakat Dharmah bertemu dengan huruf hijaiyah wau sukun dan kemudian bertemu huruf hijaiyah Wau berharakat.
  • Menurut pengertian penepatan ini, metode membaca sesuai dengan metode membaca hukum Mad-Thobi, dan panjang bacaannya adalah satu atau dua harokat.
  • Dan pada pertemuan Hijaiyah kedua dan ketiga dengan sifat yang sama dan Makhraj yang sama, dapat di baca dengan baik satu harokat. Dan ini tidak dibaca sebagai hukum Idgham atau peleburan dua huruf Hijaiyah tetapi dibaca, seperti halnya huruf hijaiyah yang berharokat Tasydid.
Baca Juga :  Bacaan Tasbih

Ada sesuatu yang perlu ditekankan, yaitu, jika ada perjumpaan antara dua surat Hijaiyah dengan Makhraj yang sama dan sifatnya dalam kata-kata atau kalimat yang berbeda, satu buah sukun dan satunya lagi huruf yang berharakat, maka Hukum Mutghatsilain Idgham berlaku di sini dan Hukum Idgham Mitslain.

Seperti hukum-hukum Idgham, yang memiliki ciri-ciri utama mereka, yaitu tanda Tasydid hukum, yang merupakan Tasydid yang di beri kata atau kalimat oleh hukum peleburan atau pertemuan.

Hukum pertemuan dua huruf Hijaiyah Idgham, yang kemudian di lambangkan dengan tanda Tasydid, bagaimanapun, tidak berlaku dalam hukum Mad Tamkin.

Mad Lainnya :

Contoh Mad Tamkin dalam Al-Quran