Mad Silah

Posted on

Materi Mad Silah Lengkap denga Pengertian, Cara Baca, Pembagian, Perbedaan Qasirah dan Towilah disertai denga contoh dari Al-Qur’an.

Bagian berikutnya dari hukum membaca mad far’i adalah mad silah, madsilah ini di bagi menjadi dua bagian, qasirah dan thowilah.

Tentu saja, bacaan Alquran harus di sertai dengan pengetahuan bacaan, salah satunya adalah hukum madsilah, yang akan kita pelajari pada kesempatan ini. Di sini teman akan belajar hukum dengan contoh-contoh serta istilah dan perbedaan antara Qashirah dan Thowilah.

Mari kita belajar lebih banyak tentang ilmu Tajwid, Mad silah, yang merupakan bagian dari mad Far’i. Untuk menjelaskan hukum mad silah berikut ini penjelasan singkat, semoga dapat membantu:

Menurut istilah Mad silah adalah Hukum membaca mad yang di tentukan berlaku untuk ha ‘dhomir (untuk pria). Ha’dhomir laki-laki berarti dalam bahasa Arab kata ganti laki-laki ketiga, lafadz hu dan hi.

Pengertian Mad Silah

Mad Silah

Arti MadShilah melalui bahasa, Mad berarti panjang, Shilah berarti sambung.

Makna MadShilah menurut istilah di asumsikan bahwa hukum bacaan mad jatuh pada ha ‘dhomir (untuk laki-laki). Kata ganti laki-laki dalam bahasa Arab berarti kata ganti orang ketiga, lafadz hu dan hi

Yang membuat bacaan madsilah yang berkesan adalah bahwa huruf ha dhamir ada di tengah bacaan (bukan di tengah kalimat) dan dibaca washal atau disambungkan. Jadi, hukum membaca ha Dhamir di tengah bacaan adalah apa yang dimaksud dengan madsilah.

Tentu saja, membaca Alquran, ada syarat kondisi hukum Mad Silah, adapun syarat kondisi di mana kondisi Mad silah adalah:

Pembagian dan Contoh


Di bagi menjadi dua bagian: Qashirah (pendek) dan Thawilah (panjang).

Baca Juga :  Pengertian Kaligrafi

MadSilas Qasirah terjadi ketika tidak ada hamzah qata setelah ha dhamir dan membaca washal yang panjangnya dua harakat. Contohnya terdapat dalam Q.s Al-Insyiqaq Ayat: 15

MadSilah Thowilah muncul ketika setelah ha sebuah hamzah qata di whasalkan dan panjangnya lima harakat. Contohny Q.s Al Humazah ayat: 3

Perbedaan Silah Qasirah dan Thowilah

Perbedaan antara MadSilah Qasirah dan MadSilah Thowilah yaitu ada dan tidak adanya hamzah qata ‘setelah huruf ha, ketika madSilah Qasirah tidak ada hamzah qata’ sesudahnya dan madSilah Thowilah adalah kebalikannya, itu berarti ada hamzah qata sesudah huruf Ha.

Dari penjelasan di atas kita sudah bisa mengerti apa yang dimaksud MadSilah Qasirah dan madsilah Thowilah dalam hukum bacaan ilmu Tajwid.

F.A.Q

Ada berapan jenis madsilah ?

Di bagi menjadi dua bagian

Jelaskan Jenis MadSilah?

Qashirah (pendek) dan Thawilah (panjang)

Bagaimana Cara Membaca MadSilah?

panjangnya lima harakat.