Mad Lazim

Posted on

Materi Mad Lazim Lengkap dengan Pengertian, Contoh, Jenis dan Cara Bacanya, Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

Sebelum kita benar-benar memeriksa konsep, jenis, dan contoh mad lazim, ada baiknya kita runtutkan dari Mad Far’i. Soalnya, Mad Lazim adalah bagian dari Mad Far’i.

Ada beberapa pembagian Mad Far’i mengenai penyebab yang membuat Mad Thobi’i berganti menjadi Mad Far’i. Jika penyebabnya adalah Hamza, tetapi masih dalam kata dengan Mad Thobi’i, maka Mad Far’i disebut Mad Muttashil.

Jika penyebabnya adalah Hamza, tetapi tidak dalam kata dengan Mad Thobi’i, maka itu Mad Munfashil. Lagi berbeda, jika penyebabnya adalah sukun, maka itu disebut Mad Lazim. mad ini akan di bahas pada kesempatan kali ini. Berikut adalah arti mad, jenis, dan contoh mad lazim.

Mad lazim dapat di artikan sebagai “membaca dengan panjang”. Panjang bacaannya adalah enam Harokat atau tiga Alif.

Pengertian Mad Lazim

mad lazim

Apabila sesudah Mad Thobi’i ada huruf yang mengandung sukun asli dan bukan Wakaf, maka hukum bacaan Mad Lazim berlaku. Yang dimaksud dengan sukun asli adalah apakah bacaannya ada di tengah atau di akhir wakaf, sukun masih ada dan tidak berubah sama sekali.

Ini berbeda dengan sukun, yang hanya tersedia di Wakaf. Ucapkan lafadz نستعين, yang dibaca dengan lafadz نستعين waqaf. Artinya, sukun dalam huruf ن hanya ada ketika lafadz نستعين waqof dibaca. Ketika نستعين washol dibaca, sukun tidak ada karena di gunakan asli, Dlummah, di gunakan.

Jenis Mad Lazim

Karena pembagian Mad Lazim ada empat jenis, yaitu Mad Lazim Kilmi Mutsaqqol, Mad Lazim Kilmi Mukhoffaf, Mad Lazim Harfi Mutsaqqol dan Mad Lazim Harfi Mukhoffaf. Yang dimaksud Mad Lazim Kilmi Mutsaqqol ialah mad ini merupakan mad Thobi’i yang di hadapkan dengan sebuah huruf bertuliskan Tasydid dalam satu kalimat yang sama.

Baca Juga :  Ikhfa Syafawi

Sementara itu, makna Mad Lazim Kilmi Mukhoffaf ialah Mad Thobi’i yang bertemu dengan huruf yang memilki harokat sukun dalam kalimat yang sama. Perbedaan mencolok antara Mutsaqqol dan Mukhoffaf adalah bahwa Mutsaqqol memiliki Tasydid. bukan dari mukhoffaf.

Mad Lazim Harfi Mutsaqqol adalah bacaan mad untuk huruf dengan tiga huruf, dan di depannya adalah huruf bertasydid. Di sisi lain, Mad Lazim Harfi Mukhoffaf adalah maduntuk huruf yang memiliki tiga huruf tetapi tidak ada huruf bertasydid di depannya. Sebagai pengingat, kedua mad ini ada di awal surat.

Cara Baca

Panjang bacaan adalah enam harokat atau tiga alif. Panjang enam harokat berlaku untuk semua Mad Lazim, baik Mad lazim Kilmi Mutsaqqol, Mad lazim Kilmi Mukhoffaf, Mad lazim harfi Mutsaqqol atau Mad lazim Harfi Mukhoffaf. Sama sekali tidak ada perbedaan.

Contoh

Contoh hukum bacaan Mad Lazim di dalam Al-Quran

F.A.Q

Sebutkan jenis mad lazim?

Mad Lazim Kilmi Mutsaqqol, Mad Lazim Kilmi Mukhoffaf, Mad Lazim Harfi Mutsaqqol dan Mad Lazim Harfi Mukhoffaf.

Ada berapa jenis Mad Lazim ?

4

Bagaimana Cara Baca Mad Lazim?

Panjang bacaan adalah enam harokat atau tiga alif.