Mad Jaiz Munfasil

Posted on

Materi tentang Mad Jaiz munfasil yang berisi tentang Pengertian, Contoh, Cara baca, di lengkapi oleh gambar.

Mad Jaiz Munfasil adalah bagian dari hukum tentang membaca Mad, yang juga umum dalam ayat-ayat Alquran. Nah, jika kita ingin tahu apa itu hukum bacaan mad jaiz munfasil, tentu saja, itu tidak bebas dari pembacaan hukum mad thobi’i atau mad asli karena hukum membaca mad thobi’i terkait erat dengan membaca mad jaiz.

Jika Anda membaca Mad Thobi’i dengan Hamza di depannya yang dalam kalimat yang berbeda, itu harus di baca dengan Mad Jaiz.

Tentu sangat sulit untuk mengetahui apakah kalimat tersebut di golongkan sebagai hukuman untuk orang biasa atau tidak. Pikirkan saja ciri khususnya agar mudah.

Jika ada Hamza dalam bentuk Alif setelah membaca Mad Thobi’i, itu harus dalam kalimat yang berbeda, dan tentu saja itu di sebut Mad Jaiz Munfasil.

Pengertian Mad Jaiz Munfasil

Salah satu dari tiga belas bagian Hukum Far’i Mad dalam Ilmu tajwid. Secara istilah ialah: Jaiz berarti boleh dan Munfashil berarti terpisah atau dari kata-kata.

Mad ini muncul ketika ada huruf dari Mad Thobi’i bertemu dengan huruf hijaiyah Alif, yang berharakat Fathah, berharakat Kasrah, atau berharakat Dhammah.

Cara membaca

Cara baca yaitu panjangnya yaitu satu alif atau dua harakat, dua alif atau empat harakat, atau bahkan tiga alif atau enam harakat.

Dalam pembahasan tentang Hukum mad, di nyatakan bahwa ketika membaca Alquran, panjang masing-masing harokat ini harus teratur, berkelanjutan dan konsisten.

Jadi jika kita membaca dari awal Al Qur’an yang kita pilih dengan Mad ini, yang panjangnya satu Alif atau dua Harakat, maka semua kata atau kalimat yang memiliki hukum Mad ini harus di ganti dengan satu Alif atau dua harokat.

Baca Juga :  Sahabat Nabi

Jika Anda membaca Alquran dari awal dengan memilih Mad ini dengan panjang dua alif atau empat harakat, cara selanjutnya untuk membaca Mad Jaiz adalah dua alif atau empat harokat begitupun seterusnya.

Kata-kata atau kalimat yang memiliki hukum Mad Jaiz dan biasanya dibaca dengan 2/4 alif atau 4 atau enam harokat. digunakan untuk membedakan bacaan Mad Jaiz dari bacaan Mad Thobi.

Untuk bacaan yang membutuhkan ketukan cepat atau biasanya bacaan murotal, Mad ini sering dibaca hanya dengan satu Alif atau dua Harakat, misalnya, dalam pembacaan doa setelah shalat atau pembacaan Surah Yaasiin.

Contoh

F.A.Q

Jelaskan pengertian salah satu Mad yaitu Jaiz Munfasil?

Secara istilah mad Jaiz Munfashil ialah: Jaiz berarti boleh dan Munfashil berarti terpisah atau dari kata

Tuliskan Contoh Mad Jaiz?

contoh mad jaiz munfasil

Bagaimana cara membacanya?

Panjangnya yaitu satu alif atau dua harakat, dua alif atau empat harakat