Mad Farq

Posted on

Pengertian Mad Farq dan bagaimana hukum membaca, dan beberapa contoh yang mengutip nama surat dan ayat.

Mad ini masih diperdebatkan tentang mad far’i, yang berjumlah 15, dengan penjelasan yang dibahas dalam artikel sebelumnya.

Kawan-kawan juga dapat belajar dalam artikel di sini salah satu hukum mad far’i yaitu MadFarq dan contoh dalam Alquran

Mad Farq merupakan salah satu hukum mad yang muncul dari pertemuan mad badal dan huruf yang bertasydid. Di namakan MadFarq, karena untuk membedakan itu hamza di gunakan untuk bertanya “Apa?” atau bisa juga di sebut mad Istifham atau pertanyaan.

Pengertian Mad Farq

Mad Farq

MadFarq adalah bagian dari hukum membaca Mad Far’i, dan dapat di katakan bahwa hukum membaca MadFarq dalam Alquran agak jarang. Alasannya adalah bahwa hukum membaca madFarq hanya di temukan di empat tempat dalam Al Qur’an, yaitu dua tempat di surat Al-An’an, satu tempat di Surah Yunus dan satu tempat di Surat An-Naml.

Namun, untuk menjelaskan contoh-contoh di atas, lebih baik mempelajari dulu pemahaman hukum yang di baca madFarq. Untuk alasan ini, silakan perhatikan poin-poin berikut:

Secara harfiah Mad berarti panjang, sedangkan Farq berarti berpisah.
Sedangkan menurut istilah madfarq adalah Jika ada mad badal bertemu Tasydid di dalam kalimat lain.

Di katakan madFarq bahwa artinya membelah karena pemisahan antara Istifham dan Mubtada ‘, jika tidak ada mad di sana, maka akan di pahami bahwa posisi mad (Hamzah) tersebut adalah Mubtada’ bukanlah Istifham. Fungsi mad di sini adalah untuk menunjukkan bahwa hamzah adalah hamzam istifham.

Catatan :

  • Definisi dalam ilmu Nahwu adalah huruf yang berfungsi sebagai pertanyaan (apa artinya).
  • Mubtada ‘dalam praktik Nahwu adalah seorang Isim yang di gulingkan oleh Amil Lafdzi.
Baca Juga :  Amalan Bulan Ramadhan

Contoh

Sebagaimana di jelaskan di awal artikel di atas, hukum membaca Maad Farq hanya dapat di temukan di empat tempat dalam Al-Qur’an: dua tempat di Surat Al-AN’an, satu tempat di Surat Yunus dan satu tempat di Surat An -Naml

Cara Membaca Mad Farq

Hukum membaca Mad Farq di baca panjang tiga alif atau enam harokat.

F.A.Q

Bagaimana Membaca MadFarq ?

Di baca panjang tiga alif atau enam harokat

Sebutkan Pengertian MadFarq?

Jika ada mad badal bertemu Tasydid di dalam kalimat lain.

Sebutka Contoh MadFarq?

Hukum membaca Maad Farq hanya dapat di temukan di empat tempat dalam Al-Qur’an: dua tempat di Surat Al-AN’an, satu tempat di Surat Yunus dan satu tempat di Surat An -Naml