Mad Arid Lissukun

Posted on

Materi Mad Arid Lissukun Lengkap dengan Huruf dan hukum bacaan beserta contoh dari dalam Al-Qur’an

Salah satu hukum bacaan dalam ilmu tajwid yaitu mad aridlissukun. Hukum bacaan mad ini sangat penting untuk dipelajari karena merupakan salah satu bagian dari ilmu tajwid.

Selain  itu, mad juga kerap dijumpai dalam Al-Qur’an, yaitu pada saat waqaf dan saat berada di akhir ayat. Oleh karena itu, untuk mengetahui, berikut ini keterangan lengkapnya disertai dengan contoh, dan cara membacanya

Pengertian Mad Arid Lissukun

Pengertian menurut bahasa, (Mad) berarti panjang, (‘Aridl ) berarti baru atau mendadak ada, dan (Sukun) berarti mati.

Pengertian menurut istilah yaitu Pemberhentian atau waqaf bacaan pada akhir kata atau kalimat, sedangkan huruf sebelum huruf yang di waqafkan itu sendiri adalah salah satu dari huruf Mad Thabi’i yaitu alif, wau, dan ya.

Jadi kesimpulan dari pengertian diatas diartikan sebagai Mad Asli atau Mad Thabi’i yang diberhentikan atau diwaqafkan karena sebenarnya Mad ‘Arid Lissukun merupakan Mad asli yang diwaqafkan secara tiba-tiba, walaupun terdapat ditengah kalimat. Tetapi, bila mad ini di wasalkan maka hukumnya adalah Mad Asli.

Hukum Bacaan Mad AridLissukun

Hukumnya yaitu pada saat huruf Mad Thobii baik itu (alif, wau dan ya) bertemu dengan huruf hijaiyah yang berbunyi Fathah (a), Dhammah (u), Kasrah (i), atau tanwin (an, in, un) dan ini berada pada satu kata atau kalimat.

Contoh Mad AridLissukun

Berikut beberapa contoh yg terdapat dalam Al-Quran.

Cara Membaca Mad AridLissukun

Dapat disimpulkan dari pengertian yang didapat secara bahasa maupun istilah bahwa Mad AridLissukun dibaca panjang, boleh dua harokat, empat harokat atau pun enam harokat

Baca Juga :  Pengertian Infaq

Hukum Mad Lainnya :

Materi Terbaru

F.A.Q

Hukum Bacaan

Pada saat Mad Thobii (alif, wau dan ya) bertemu huruf hijaiyah yang berbunyi Fathah (a), Dhammah (u), Kasrah (i), / tanwin (an, in, un) dan ini berada pada 1 kata atau kalimat.

Contoh

Surat At tin ayat 2

Pengertian

Secara bahasa, (Mad) adalah panjang, (‘Aridl ) adalah baru atau mendadak ada, dan (Sukun) adalah mati.