Ma Fi Qalbi Ghairullah Artinya

Posted on

Kali ini kita akan membahas makalah materi tentang Ma Fi Qalbi Ghairullah artinya yang meliputi penjelasan, makna dan kandungannya lengkap

Ma Fi Qalbi Ghairullah artinya

Ma Fi Qalbi Ghairullah

Ma fi qalbi ghairullah adalah ungkapan bahasa Arab yang memiliki arti dan makna yang sangat tidak biasa. Lalu apa arti dari Ma fi qalbi gairullah? simak ulasan berikut.

Ma fi kalbi ghairullah  berarti “tidak ada yang ada di hatiku selain Allah”

Pernyataan ini adalah bentuk pengakuan seorang hamba tentang tekad seseorang untuk selalu mengingat dan berharap bahwa hanya Allah Subhanahu wa Taala yang ada di hatinya.

Dia mengerti bahwa tujuan hidup di dunia adalah untuk melayani Tuhannya, yaitu, Allah Azza wa Jala. Ketika dia mengatakan “ma fi kalbi gyrulla,” itu berarti dia berharap untuk membuang hal-hal duniawi dari hatinya, seperti harta, takhta, atau lainnya. Allah sudah cukup di dalam hatinya.

Dengan kesadaran bahwa “Allah cukup di dalam hatinya”, hati orang ini akan diperkuat dari semua hal yang dapat mengabaikannya dari ingatan Allah, yang harus ia ingat sepanjang waktu.

Ma Fi Qalbi Ghairullah artinya

Penjelasan Ma Fi Qalbi Ghairullah

Ma fi qalbi ghairullah adalah kalimat yang terdiri dari 5 suku kata yang diterima dalam bahasa Arab, yaitu: “ma (مَا), fii (فِي), qalbi (قَلْبِي), ghairu (غَيْرُ) dan Allah (الله).”

Yang, ketika digabungkan, menjadi tawaran yang baik, yaitu: “Ma fi Qalbi Ghairullah,” yang berarti “tidak ada dalam hatiku selain Allah,” tidak ada di hatiku kecuali Allah atau cukup Allah di hatiku. ”

Baca Juga :  Hukum Mad

Berdasarkan apa yang telah dijelaskan di atas, ini berarti bahwa kami telah membantu kami memahami arti dari pernyataan ini.

Dimana sebenarnya pernyataan ini adalah keyakinan, juga sebagai pengecualian dalam kaitannya dengan hal-hal di luar Tuhan atau di samping Tuhan yang ada di hati. Namun jangan salah dalam menafsirkan kata “hati” dalam kalimat.

Artinya, “hati” di sana dapat diartikan sebagai keyakinan yang pasti dikatakan atau dihubungkan orang, yang dapat memahaminya sendiri, ini tidak berarti bahwa ia ada di dalam hati, karena tidak ada Tuhan. Seperti yang dikatakan Sayydina Ali RA:

Ma Fi Qalbi Ghairullah artinya

Artinya: Tuhan ada sebelum tempat itu ada, dan sekarang Tuhan tetap seperti sebelumnya, tanpa tempat.

Makna Ma fi Qalbi Ghairullah

Pernyataan atau ungkapan “ma fi qalbi ghairullah” ini memiliki makna yang merupakan penegasan iman kepada Allah Subhanahu wa Taala. Muslim yang mengaku percaya pada Allah adalah Muslim yang selalu mengutamakan Tuhan dalam hidup mereka.

Seorang Muslim harus tetap diam dengan keyakinan, mulai dengan mengucapkan kalimat di hati dan kemudian menyadari maknanya dan artinya dalam praktik.

Kenapa ini? karena kata-kata iman tidak cukup jika tidak disertai dengan perbuatan atau tingkah laku. Ingat, Allah akan membalas kita atas tindakan kita.

Seseorang mungkin mengatakan “ma fi qalbi ghairullah” dihatinya, tetapi apa yang dia katakan tidak sesuai dengan tindakannya. Dia masih sibuk dengan hal-hal yang mengabaikannya untuk mengingat Allah Subhanahu wa taala

Kandungan dari Ma Fi Qalbi Ghairullah

Selain makna dan kandungan, seperti yang dijelaskan di atas, “ma fi qalbi ghairullah” ini memiliki kandungan yang tidak biasa yang akan diterima oleh setiap Muslim yang ingin mempraktikkannya. Berikut ini adalah beberapa ucapan tentang apa yang kami uraikan untuk Anda:

  • Muslim akan selalu mengingat Allah
  • Memperkuat keimanannya kepada Allah
  • Perkuat hati atau dirimu dari berbagai hal selain Allah
  • Tidak mudah untuk melakukan persekutuan di dalam hatinya.
Baca Juga :  Contoh Ikhfa Syafawi, Izhar Syafawi

Nah, inilah yang suhupendidikan.com bisa sampaikan mengenai tentang Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah artinya. Anda juga dapat mengunjungi website kami dan membaca artikel kami yang lain di bawah ini. Semoga ini bermanfaat.

Artikel Lainnya :