Jadwal Puasa 2019 : Puasa Ramadhan dan Puasa Sunnah

Posted on

Jadwal Puasa – Pada kali ini Suhupendidikan.com akan membagikan jadwal puasa ramadhan dan puasa sunnah  di tahun 2019. Simak kalender islam di bawah ini

Jadwal Puasa

Bukan hanya ibadah wajib, salah satu ibadah yang mampu meningkatkan keimanan adalah ibadah sunnah. Salah satunya yaitu dengan menunaikan ibadah puasa.

Bagi umat Islam, puasa bukan hanya dilakukan ketika bulan Ramadhan saja. Akan tetapi, bisa dilakukan pada setiap hari melalui ibadah puasa sunnah, mulai dari Puasa Senin-Kamis, hingga puasa tertentu di hari tertentu. Namun selain hari raya Idul fitri

Untuk menandai puasa sunnah dan puasa wajib di tahun 2019, simak kalender berikut ini.

jadwal puasa

jadwal puasa
jadwal puasa

Keterangan kalender :

Warna Kuning adalah puasa senin kamis
Warna Ungu adalah puasa tiga hari setiap pertengahan bulan hijriah (13, 14 dan 15)
Warna Hijau adalah Jadwal puasa ramadhan 2019
warna Merah adalah waktu haram berpuasa yaitu idul fitri
Warna Biru adalah puasa sunnah 9 dzulhijjah
Warna Ping adalah puasa ‘Asyura dan puasa Tasu’a

Lalu apa saja keutamaan dari berpuasa yang sunnah dan yang wajib itu ?, banyak sekali hadits hadits yang menyebutkan bahwa keutamaan dari berpuasa sunnah itu, seperti sebuah Hadits yang diriwayatkan imam al-Bukhari dan juga Muslim dalam kitab Shahiih al-Bukhari (III/22) dan dalam kitab Shahiih Muslim (III/157) berikut ini.

Baca Juga : Materi Puasa : Niat Puasa, Doa Berbuka Puasa dan 10 Manfaat Puasa

Keutamaan Puasa Menurut Hadits

Dan dari Abu Hurairah R.A, bahwasannya Rasululloh SAW bersabda:

اَلصِّيَامُ جُنَّةٌ فَإِذَا كَانَ أَحَدُكُمْ صَائِمًا فَلاَ يَرْفُثْ وَلاَ يَجْهَلْ وَإِنِ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ أَوْ شَاتَمَهُ، فَلْيَقُلْ: إِنِّي صَائِمٌ (مَرَّتَيْنِ)، وَالَّذِيْ نَفْسِي بِيَدِهِ، لَخُلُوْفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ تَعَالَى مِنْ رِيْحِ الْمِسْكِ، يَتْرُكُ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ وَشَهْوَتَهُ مِنْ أَجْلِي، اَلصِّيَامُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ، وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا.”

Artinya :
“Puasa merupakan sebuah perisai. Oleh sebab itu, jika ada di antara kalian yang berpuasa, maka hendaknya ia jangan berkata-kata yang kotor dan jangan pula berlaku bodoh. kalau ada diantara orang-orang yang memeranginya atau mencaci dirinya, hendaklah ia berkata, “Sesungguhnya aku sedang melakukan puasa” (sebanyak dua kali). Demi Tuhan yang jiwaku berada di tangan-Nya, bau mulut dari orang yang sedang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah Azza Wa Jalla dibandingkan aroma dari minyak kasturi, di mana (pada waktu itu) dia meninggalkan makanan, minuman, serta hawa nafsu syahwatnya karena Aku (Allah). Puasa itu untuk-Ku (Allah) dan Aku (Allah) akan memberikan pahala karena puasanya itu dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. (HR. Bukhari dan Muslim)

Demikialah jadwal puasa yang telah kami sajikan, Semoga bermanfaat

Artikel Lainya :

 

Baca Juga :  Cara Sholat Taubat