Izhar

Posted on

Izhar dibaca jelas pada hukum nun mati dan tanwin. Berikut ini akan kami jelaskan tentang huruf, cara baca dan contoh yang di sertai keterangan untuk memudahkan pemahaman. Untuk lebih jelasnya sima pembahasan dibawah ini.

Jumlahnya sama dengan huruf Idghom pada pembagian hukum Nun Mati dan Tanwin. Namun, Huruf Idghom masih dibagi lagi menjadi dua bagian menjadi Idghom Bighunnah dan Bilagunnah. Hal ini berbeda dengan Izhar yang hanya ada satu di dalam pembagian hukum Nun Mati dan Tanwin yang diberi.

Pengertian Izhar

Izhar adalah satu hukum yang menjadi materi pembahasan Nun Mati dan Tanwin. Secara bahasa, Izhar memiliki arti jelas. Dan pengertian di dalam Ilmu Tajwid adalah bacaan yang terjadi apabila salah satu Huruf Izhar berada sesudah Tanwin atau Nun Mati. maka dibaca jelas

Huruf dan Cara Baca

izhar
izhar

Enam Huruf yaitu huruf-huruf Halaq, yaitu yang keluar dari tenggorokan, baik pangkal, tengah, maupun ujung. Sebab itu, ada yang menyebut sebagai Izhar Halqi. Istilah Halqi juga yang menjadi identitas ini untuk membedakan hukum Izhar pada Hukum Mim Mati.

ح خ ع غ ء هـ,

Ketika huruf di atas tersebut berada tepat di depan Nun Mati ataupun Tanwin, maka cara bacanya yaitu jelas. Suara Nun Mati jelas, tanpa dengung, dan sama sekali tidak menjadi samar.

Baca juga :

Contoh

Berikut adalah contoh yang dilengkapi dengan surat dan juga ayat pengambilan contoh, dan juga cara bacanya. Cara baca ini hanya sekadar untuk menunjukkan suara Nun Mati atau tanwin nya yang terdengar jelas. Sama sekali bisa dibedakan pada Huruf Izhar.

Baca Juga :  Pengertian Riba
No Huruf Contoh Surat dan Ayat
1 ء وَيَنْأَوْنَ Al-An’am: 26
2 هـ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ Al-Baqarah: 25
3 ح وَتَنْحِتُونَ Assyu’ara: 149
4 خ وَالْمُنْخَنِقَةُ Al-Maidah: 3
5 ع أَنْعَمْتُ Al-Baqarah: 47
6 غ فَسَيُنْغِضُونَ Al-Isra’: 51
1 ء وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ Al-Baqarah: 10
2 هـ جُرُفٍ هَارٍ Attaubah: 109
3 ح رَغَدًا حَيْثُ شِئْتُمَا Al-Baqarah: 35
4 خ نِدَاءً خَفِيًّا Maryam: 3
5 ع سَوَاءٌ عَلَيْهِمْ Al-Baqarah: 6
6 غ عَفُوًّا غَفُورًا Annisa’: 43

Ada juga nama pada hukum baca lainya yaitu izhar syafawi

Demikianlah pembahasan mengenai hukum nun mati dan tanwin, Semoga bermafaat dan diberi faham aamiin

5.0
01