Iqlab

Posted on

Iqlab – Pengertian, Huruf, Cara baca dan contoh akan dibahas secara detail agar mudah dipahami, untuk lebihjelasnya sima pembahasan dibawah ini

Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai ilmu tajwid yang salah satunya yaitu iqlab.

Agar kita dapat membaca dan dapat memahami bacaan dan makna dalam ayat Al-Quran, sebaiknya kita belajar terlebih dahulu mengenai ilmu tajwid sehingga kita dapat membaca Al-quran dengan baik dan benar.

Untuk itu mari kita pelari bersama mengenai salah satu ilmu tajwid yaitu iqlab, sebagai berikut ini :

Iqlab adalah salah satu hukum bacaan yang digunakan ketika nun Sukun atau Tanwin bertemu dengan huruf Hijaiyah Ba. Secara bahaasa, Iqlab memiliki arti untuk mengganti atau mengubah sesuatu dari bentuk aslinya.

Pengertian Iqlab

Iqlab artinya bergerak, berputar, atau bertukar. Dalam istilah ilmu tajwid iqlab ialah mengubah suara Nun atau Tanwin ketika bertemu huruf ba, yang disertai dengan dengungan.

Cara membacanya ialah dengan mengubah suara nun sukun atau tanwin menjadi mim sukun diiringi dengungan 2 harokat, sehingga bukan suara nun sukun lagi yang terdengar, tetapi suara mim sukun yang terdengar.

Mengapa ? kenapa nun sukun atau Tanwin diubah menjadi mim sukun? Setidaknya ada 2 alasan. Pertama, mim adalah saudara huruf ba, karena keduanya adalah makhraj. Kedua, mim juga merupakan saudara nun, karena keduanya sama-sama memiliki sifat berdengung atau gunnah.

Orang-orang Arab telah terbiasa mengubah atau menukar nun sukun menjadi mim (ketika bertemu dengan huruf ba) untuk memfasilitasi dan memper lancar pembicaraan, misalnya mimbar yang semula minbar.

Tanda bacaan biasanya di lambangkan dengan mim berdiri pada sukun atau Tanwin.

Baca Juga :  Kalimat Syahadat

Contoh

Contoh Iqlab di dalam Al-Quran, seperti di bawah ini :

Cara Membaca

Cara membaca secara baik dan benar, kita harus mengubah suara nun mati atau tanwin menjadi mim. Dengan cara kedua bibir yang kita punya dirapatkan untuk menghasilkan suara disertai dengungan yang keluar dari pangkal hidung. Maka itu harus di tahan sejenak, yaitu sekitar dua ketukan sebagai tanda bahwa ada hukum Iqlab di sana.

Pertanyaan Seputar materi

Berapa hurufnya ?

satu huruf yaitu ba’

Bagaimana cara membacanya?

Mengubah suara nun mati atau tanwin menjadi mim. Dengan cara kedua bibir yang kita punya dirapatkan untuk menghasilkan suara disertai dengungan yang keluar dari pangkal hidung

Termasuk hukum apa di dalam tajwid?

Hukum Nunmati atau tanwin

Sampai di sini bacaan dan contoh [Lengkap]. Semoga materi ini dapat memperluas pengetahuan dan juga memberikan pengetahuan dalam membaca Alquran yang baik dan benar. Terima kasih.