Ikhfa Syafawi

Posted on

Pengertian Ikhfa Syafawi lengkap dengan contoh yang bersumber dari al-qur’an dan hadits

Ilmu tajwid sangat penting untuk dipelajari karena akan berdampak kepada bacaan Alquran dan maknanya.

Oleh karena itu materi Ikhfa ini menjelaskan singkat mengenai Contoh , penjelasanya dalam Al Quran dan cara membaca yang harus di pahami jika memang ingin belajar hukum mad dengan baik dan benar.

Dan apabila kita mengetahui dimana saja letak dalam sebuah ayat, maka akan memberikan nilai lebih dan tepat dalam membaca al quran.

Pengertian

Tajwīd (تجويد) secara harfiah yaitumaknanya melakukan sesuatu dengan indah atau bagus dan membaguskan

Tajwid memiliki asal dari kata Jawwada (جوّد-يجوّد-تجويدا) dalam bahasa Arab. Dalam ilmu Qiraah, tajwid artinya mengeluarkan huruf dari tempatnya dengan memberikan sifat yang dimilikinya.

Jadi ilmu tajwid yaitu suatu ilmu yang mempelajari cara membunyikan atau mengucapkan huruf yang ada dalam kitab suci al-Quran.

Ikhfa ini merupakan suatu hukum tajwid yang terjadi ketika ada salah satu huruf hijaiyah Mim Sukun ketemu dengan huruf hijaiyah Ba. Secara bahasa Ikhfa’ memiliki arti menyembunyikan atau menyamarkan sedangkan Syafawi artinya bibir.

Cara membaca hukum Ikhfa ini tetaplah wajib dibaca dengan dengung antara dua sampai tiga harokat atau satu stengah alif, karena bila hukum Ikhfa Syafawi ini tidak digunnahkan, maka hukumnya akan berubah jadi hukum Izhar.

Contoh

contoh ikhfa syafawi

Cara Baca

Jika mim mati (مْ) bertemu dengan huruf ba (ب), maka cara membacanya yaitu harus dibunyikan samar-samar pada bibir dan didengungkan.

Ikhfa ini termasuk dalam ilmu tajwid yang berhukum mim mati. Selain ikhfa yang syafawi, hukum mim matilainya yaitu idhgom mimi dan idzhar syafawi

Baca Juga :  Jadwal Puasa 2019 : Puasa Ramadhan dan Puasa Sunnah

Perbedaan itu harap dipahami denga benar untuk mengetahui cara baca yang baik dan benar

F.A.Q

Berapa huruf ikhfa syafawi?

ada satu huruf, yaitu ba (ب)

Bagaimana cara membacanya ?

cara membacanya yaitu harus dibunyikan samar-samar pada bibir dan didengungkan.

Ikhfa Syafawi termasuk dalam hukum apa?

Hukum Mim mati

Baca Juga :