Ikhfa Haqiqi

Posted on

Materi Ikhfa Haqiqi Lengkap dengan Pengertian, Cara Baca, Huruf, dan Contoh dari dalam Al-Qur’an agar mudah dipahami oleh pembaca, untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

Ikhfa Haqiqi merupakan salah satu hukum dalam ilmu tajwid, bacaannya biasa di sebut dengan ikhfa saja. Adapun tambahan haqiqi hanya menjadi pembeda antara haqiqi dan syafawi.

Artikel ini berisi tetntang materi lengkap agar dapat membantu pembaca untuk memahami salah satu hukum ilmu tajwid tersebut.

Di dalam hukum bacaan Nun Sukun dan Tanwin, Ikhfa memiliki huruf terbanyak, totalnya ada 15 huruf, seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Pengertian Ikhfa Haqiqi

ikhfa haqiqi

Ikhfa’, berdasarkan asal-usul huruf [literal / etimologis], memiliki arti bersembunyi atau menyamar.

Dalam ilmu tajwid. Jika ada nun sukun dan Tanwin baik itu adalah Fathah Tanwin, Kasrah Tanwin dan juga Dhomah Tanwin. Di belakangnya ada lima belas huruf hijaiyah maka hukumnya ialah ikhfa Haqiqi. Ikhfa haqiqi adalah untuk menyembunyikan huruf-huruf Nun Sukun atau Tanwin dalam huruf hijaiyah yang terletak di belakangnya.

Huruf Ikhfa Haqiqi

Huruf hijaiyah yang termasuk ke dalam hukum ada 15, antara lain sebagai berikut :

Za (ز ), Dzal (ذ ), Kaf ( ك), Syin (ش ), Tsin (ث ), Dal ( د ), Ta’ (ت ), Qaf ( ق ), Fa’ (ف ), Jim ( ج ), Shad ( ص ), Tho’ ( ط ), Sin ( س ), Dho ( ض ), Dzo ( ظ )

Lima Belas Huuruf Hijiayiah di atas tidak mengandung Tasydid, dan kita harus membacanya dengan dengungan atau Ghunnah.

Cara membaca dilakukan dengan membuat rongga suara atau bunyi, dari rongga hidung hingga terlihat samar, atau bisa juga berupa suara (NG) atau (N). Setelah itu disambut dengan dengungan sepanjang satu sampai satu setengah alif atau kurang lebih satu sampai tiga harokat, maka setelah itu, kemudian masuk untuk membaca huruf setelah nun mati atau Tanwin.

Baca Juga :  Mad Arid Lissukun

Cara Membaca

Untuk membaca, Anda harus membaca samar-samar antara idzhar dan idzgham. Artinya, ketika membaca ikhfa ‘harus jelas, tetapi terhubung dengan berdengung dengan salah satu dari 15 huruf ikhfa.

Contoh

Pertanyaan seputar materi ini

Berapa huruf Ikhfa?

15

Bagaimana cara membaca ikhfa?

Untuk membaca, Anda harus membaca samar-samar antara idzhar dan idzgham. Artinya, ketika membaca ikhfa ‘harus jelas, tetapi terhubung dengan berdengung dengan salah satu dari 15 huruf ikhfa.

Apa pengertian ikhfa?

> Ikhfa’, berdasarkan asal-usul huruf [literal / etimologis], memiliki arti bersembunyi atau menyamar.
> Dalam ilmu tajwid. Jika ada nun sukun dan Tanwin baik itu adalah Fathah Tanwin, Kasrah Tanwin dan juga Dhomah Tanwin. Di belakangnya ada lima belas huruf hijaiyah maka hukumnya ialah ikhfa Haqiqi.