Idzhar Halqi

Posted on

Materi Idzhar Halqi Lengkap Dengan Pengertian, Cara Baca, Huruf, dan Contohnya agar mudah dipahami oleh pembaca dan menjadi ilmu yang bermanfaat.

Berikut ini adalah salah satu dari hukum ilmu tajwid yang harus di pelajari agar kita sebagai umat muslim dapat membaca dan memahami makna yg terkandung di dalam Al-Quran dan dapat memabacanya dengan baik dan benar.

Langsung saja di bawah ini adalah materi mengenai idzhar, secara ringkas dan mudah di pahami lengkap dengan gambar.

Idzhar Halqi adalah salah satu cabang dari Hukum yang ditemukan dalam Ilmu Tajwid. Idzhar memiliki makna yang terang atau jelas. Itu disebut Izhar, karena huruf-hurufnya berasal dari dalam tenggorokan.

Pengertian Idzhar Halqi

idzhar-halqi

Adapun pemahaman bacaan Idzhar, itu adalah pemahaman bacaan Tajwid Qur’an yang jelas terbaca ketika ada nun Sukun atau nun mati atau Tanwin bertemu dengan salah satu huruf Idzhar dalam Alquran.

Bacaan ini sendiri terdiri dari dua suku kata, Idzhar berarti tegas dan jelas dan Halqi berarti tenggorokan. Oleh karena itu, pembacaan Idzhar ini harus dibaca dengan jelas, tepat, dan terang dengan Makhroj yang keluar dari dalam Tenggorokan.

Huruf Idzhar Halqi

Sementara huruf-huruf Halqi ini adalah ada sejumlah enam huruf Hijaiyah, yang meliputi: Ha, Hamzah, Ain, HA, Ghoin, dan Kho.

Cara Membaca Idzhar Halqi

Kemudian di Cara Membaca Idzhar Pembacaan dalam Al-Qur’an adalah harus terang, jelas dan singkat. Ini terjadi ketika ada nun Sukun atau nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf Idzhar dalam Al-Quran.

Contoh Idzhar Halqi

Contoh idzhar yang terdapat di dalam Al-Quran sebagai berikut ini :

Baca Juga :  Bacaan Sholat Subuh dan Qunut Subuh Lengkap Dengan Tatacara Sholat Subuh

Untuk memudahkan Anda sebagai pembaca untuk memahami cara membaca Idzhar, penulis telah mengambil contoh dari dalam Al-Quran. di bawah ini contoh contoh sederhana dari hukum hukum Idzhar dan contoh contoh hukum Idzhar secara lebih rinci.

Contoh nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf alif, sebagai berikut :

Contoh Nun Mati atau tanwin bertemu dengan huruf Ha, sebagai berikut :

Contoh Nun Mati atau tanwin bertemu dengan huruf Kho, sebagai berikut :

Contoh Nun Mati atau tanwin bertemu dengan huruf Ain, sebagai berikut :

Contoh Nun Mati atau tanwin bertemu dengan huruf Ghoin, sebagai berikut :

Contoh Nun Mati atau tanwin bertemu dengan huruf HA, sebagai berikut :

Pertanyaan seputar materi ini

Idzhar adalah?

Salah satu tajwid hukum nun mati atau tanwin

Berapa huruf idzhar?

enam (6)

Bagaimana cara membaca idzhar?

dibaca jelas