Idgham Mutamatsilain

Posted on

Materi Idgham Mutamatsilain (Mimi) lengkap dengan penjelasan dan contoh dengan cara baca yg disertai gambar.

Idghom mimi termasuk dala salah satu ilmu tajwid dala hukum mim mati selain idzhar syafawi dan ikhfa syafawi.

Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan dibawah ini

Pengertian Idgham Mutamatsilain

Idgham Mimi atau sering disebut juga dengan Idgham Mutamaatsilain merupakan suatu hukum tajwid yang terjadi ketika ada huruf hijaiyah Mim Sukun/mim mati bertemu dengan huruf Mim, namun harus memiliki harokat.

Dikatakan Mutamaatsilain karena hukum ini terjadi antara pertemuan dua huruf hijaiyah yang mempunyai makhraj dan sifat yang sama persis, tetapi di khususkan untuk huruf hijaiyah Mim Sukun yang bertemu huruf Mim yang berharokat. Dan dinamakan Idgham sebab cara membacanya yaitu dengan cara menggabungkan atau meleburkan satu huruf ke dalam huruf hijaiyah sesudahnya, biasanya hukum ini dinamakan dengan istlah di-tasydid-kan.

Mutamatsilain berarti serupa atau sama, karena Idghom Mutamatsilain ialah huruf mim mati bertemu dengan huruf mim. Cara membacanya apabila mim sukun di idghomkan dan disertai ghunnah dan ditahan dua harakat

Contoh

idgham mutamatsilain

Cara Membaca

Cara membacanya huruf Mim bertemu dengan Mim yang bertemu tersebut melebur dan menjadi satu. Dan akan mengeluarkan Bunyi yang menyamai suara Mim Tasydid. Karena mim Tasydid adalah gabungan dari Mim Mati dan Mim hidup jika dijabarkan. Maka akan mengeluarkan suara yang sama.

F.A.Q

Ada berapa huruf idghom mutamatsilan ?

ada satu

Apa saja huruf nya?

mim

Bagaimana cara baca idghom mutamatsilain

Cara membacanya huruf Mim bertemu dengan Mim yang bertemu tersebut melebur dan menjadi satu.