Hukum Mim Mati

Posted on

Hukum Mim Mati – Pengertian, Jenis, Contoh dan Cara membaca akan dijelaskan secara rinci dibawah ini, Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut.

Ilmu Tajwid dalam membaca Al-Quran berperan sangat penting, karena dalam Al-Quran apabila salah membaca satu huruf saja maka akan merubah arti dan makna.

Oleh karena itu materi Hukum Mim Mati ini sangat lengkap mulai dari pengertian Hukum Mim Mati, Macam-macam, Contoh, Cara membaca disertai gambar agar mudah dipahami.

Perngertian Hukum Mim Mati

Huruf mim yang tidak berharokat atau tidak memiliki tanda baris. Dikatakan mim mati apabila mim sukun bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah.

Jenis-jenis, Contoh dan Cara membaca Hukum Mim Mati

Hukum mim Mati terbagi menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut :

Ikhfa Syafawi

Dikatakan Ikhfa syafawi apabila mim mati atau sukun bertemu huruf ba’. Dinamakan syafawi karena ucapan mim dari bibir. Pada saat bertemu ba’, mim mati atau sukun dibaca samar menjadi dengung dan ditahan dua harakat. Contoh Ikhfa Syafawi :

Cara membaca hukum bacaan Ikhfa’ syafawi :

Huruf mim mati harus dibaca samar. Ditahan kira-kira satu alif atau dua harakat. dan disertakan dengan dengungan atau mendengung dari pangkal hidung.

Idghom Mutamatsilain atau Idghom Mimi

Mutamatsilain memiliki arti serupa atau sama, karena Idghom Mutamatsilain ialah huruf mim mati bertemu dengan huruf mim. Cara membacanya apabila mim sukun di idghomkan dan disertai ghunnah dan ditahan dua harakat. Contohnya sebagai berikut :

hukum mim mati

Cara membaca hukum bacaan Idgham Mutamatsilain

pada saat membaca huruf mim sukun dimasukan kepada mim yang ada di depannya dan disertai dengan dengung dari pangkal hidung.

Baca Juga :  Mad Arid Lissukun

Izhar Syafawi

Dikatakan izhhar syafawi apabila mim mati bertemu dengan huruf hijaiyah selain ba’ dan mim. Huruf izhar syafawi sejumlah 26. Pada saat mim mati bertemu dengan salah satu huruf yg berjumlah 26 tersebut, maka dizhohirkan makhroj dan sifat mimnya. Contohnya sebagai berikut :

hukum mim mati3

Cara Membaca hukum bacaan Izhar syafawi

Lafaz mim mati dibaca dengan jelas sebab arti dari izhar itu sendiri yaitu jelas. Tidak dengung. Tidak ada tekanan. selain dari itu ketika bertemu dengan huruf WAU, FA maka cara membacanya lebih keras karena Huruf WAU dan FA adalah sama dengan Huruf MIM yaitu sama-sama Huruf yang pengucapannya keluar dari Bibir.