Doa Wudhu

Posted on

Doa Wudhu – Wudhu adalah membersihkan diri dari hadats kecil, baik untuk mendirikan sholat maupun mengerjakan perintah Alloh diluar sholat yaitu misalnya bekerja mencari rezeki yang halal. Segala sesuatu perintah Alloh baiknya diawali dengan basmalah dan berwudhu. bahkan sahabat nabi bilal pun sandalnya pernah ada di surga meskipun bilal masih ada di dunia di sebabkan karena bilal suka berwudhu dan sholat dua rokaat setelah wudhu

doa wudhu latin
doa wudhu latin

Doa wudhu

Dibawah ini adalah niat wudhu

niat wudhu
niat wudhu

Doa sesudah wudhu

doa sesudah wudhu
doa sesudah wudhu

Baca Juga :

Cara Wudhu Bagi Orang Yang Sehat

1 . Disaat menyiapkan air atau menuju air sambil membaca

“Dengan Nama Allah yang Maha Pengasih lagi maha Penyayang. Aku berlindung kepada Mu ya Tuhanku dari bisikan syaithon dan aku berlindung kepada Mu ya Tuhanku dari syaithon-syaithon itu mendatangi aku”

2 . Kemudian menghadap Qiblat dan berniyat untuk berwudlu

“Aku berniat wudlu untuk membersihkan hadats yang kecil karena Allah T a ’ala ”.

3 .  Menggosok gigi (sikatan) dengan siwak, saat menggosok gigi berdo’a:

“Aku berlindung dengan ridlo Mu dari Kemurkaan Mu ya Allah, dan aku berlindung dengan kemaafan Mu dari siksa Mu ya Allah. dan aku berlindung dengan Mu dari Mu, tiada’a hentinya pujianku kepada Mu, engkau adalah Dzat yang paling pandai memuji Diri Mu sendiri ”.

4 . Mencuci kedua telapak tangan dan berdo’a :

“Ya Allah aku memohon kepada Mu kebahagian dan keberkahan dan aku berlindung kepada Mu dari sial dan kebinasaan”.

5 . Berkumur dan berdo’a :

“Ya Allah tolonglah aku untuk dapat membaca kitab Mu dan banyak berdzikir kepadaMU ”.

6. Membersihkan kotoran yang ada pada hidung lalu menghisap air kehidung dan mengeluarkannya. Saat menghisap air kehidung berdo’a:

Baca Juga :  Doa untuk Pengantin

“Ya Allah dapatkanlah bagiku bau Surga dan Engkau ridl0 kepadaku

Dan saat mengeluarkan air dari hidung berdo’a :

“Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada MU dari bau neraka dan dari buruknya perkampungan “‘.

7. Membasuh muka dengan rata, dari tumbuhnya rambut sampai janggut dan saat membasuh muka mengucupkan niyat dan berdo’a :

“Ya Allah putihkanlah wajahku dengan Nur Mu, pada hari wajah-wajah kekasih Mu itu putih, dan janganlah Engkau hitamkan wajahku pada hari wajah-wajah para musuh Mu itu hitam ”

8. Membasuh kedua tangan, dari ujung jari sampai atas siku. Saat membasuh tangan kanan berdo’a :

“Ya Allah berikanlah catatanku pada tangan kananku, dan perhitungkanlah aku dengan perhitungan yang mudah”

Dan saat membasuh tangan yang kiri berdo’a :

“Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada Mu jika diberi catatan ku pada tangan kiriku atau dari belakang punggung ku

9 .  Mengusap seluruh kepala, dari depan sampai tengkuk, Caranya : basahi kedua tangan lalu tempelkan kedua ujung jari tangan kanan dan kiri, lalu letakan di bagian depan dan tarik sampai tengkuk dan saat mengusap kepala berdo’a :

“Ya Allah liputilah aku dengan Rohmat Mu, turunkanlah kepadaku sebagian keberkahan Mu dan naungilah aku dibawah ‘arsy Mu pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan Mu ”.

10. Membasuh kedua telinga, pada saat membasuh kedua telinga berdo’a :

“Ya Alloh jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti yang terbaiknya, Ya Allah perdengarkanlah kepadaku penyeru surga bersama orang-orang yang berbuat kebaikan ”. .

11.Membasuh tengkuk (leher belakang) dan saat membasuhnya berdo’a :

“Ya Allah lepaskan tengkuk ku dari rantai dan belenggu”

12. Membasuh kedua kaki dan saat membasuh kaki berdo’a :

“Ya Allah teguhkanlah telapak kakz’ku diatas shirothol mustaqim pada hari telapak kaki-telapak kaki tergelincir kedalam neraka, dan aku berlindung kepada Mu ketergelinciran telapak kakiku dari Shiroth pada hari telapak kaki~telapak kaki orang-orang munafiq tergelincir ”

13.Menginggalkan tempat wudlu, mencari tempat yang lebih tinggi atau lebih kering, Saat berjalan menuju tempat yang tinggi membaca tasbih :

“Maha Suci Allah dan segala Puji bagi Allah tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar dan tidak ada daya kekuatan kecuali dari pertolongan Alloh yang Maha Luhur dan Maha Agung ”.

14.Do’a Setelah berwudlu

“Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, tidak ada sekutu bagi Nya dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba Allah dan utusan Allah, tidak ada nabi setelah dia (Muhammad Saw). Ya Alloh jadikanlah aku golongan orang-orang yang bertaubat, dan jadikanlah aku orang-orang yang membersihkan diri dan jadikanlah aku temasuk golongan hamba-hamba Mu yang sholih. Jadikanlah aku hamba Mu yang shobar dan bersyukur dan jadikanlah aku selalu berdzikir kepada Mu dengan dzikir yang banyak dan jadikanlah aku selalu me Maha Sucikan Mu diwaktu pagi dan sore ”

Keterangan : Doa di baca dalam hati

Baca Juga :  Doa Keluar Rumah