Doa untuk Pengantin

Posted on

Doa Untuk Pengantin Lengkap Bahasa Arab dan Indonesia agar mudah dipahami oleh pembaca pemula

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang doa untuk pengantin, semoga bermanfaat.

Pernikahan adalah salah satu momen ketika dua orang dan satu keluarga menjadi satu. Pernikahan juga merupakan momen yang sangat membahagiakan bagi calon pengantin. Mulai dari berkat, kebahagiaan, membuka pintu rezeki ketika pernikahan berlanjut, yang memiliki tujuan mulia. Karena itu, pernikahan adalah momen yang tidak akan di lupakan seumur hidup.

Dalam sebuah pernikahan hadir sejumlah teman, kolega, anggota keluarga, teman dan kerabat yang jarang akan bertemu dan akan menjadi hadiah pernikahan yang bahagia, yaitu hadirnya keramahan tamahan atau silaturahmi. Akan lebih baik jika dorongan hati ini di hiasi dengan kata-kata pernikahan dengan doa dan harapan tulus bagi pengantin untuk mengarungi hidup di rumah tangga baru.

Di mulai dengan membaca Al Fatihah, membaca sholawat Nabi sebagai cara berdoa yang baik. Kemudian ucapkan doa seperti doa yang di baca setelah solat, dan kemudian lanjutkan dengan Lafadz di bawah ini:

Doa Untuk Pengantin dan Artinya

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Barakalllah laka wabaraka aalayka wajamaa baynakumaa fi khayri

Artinya : Semoga Allah memberkahi Anda dan serta menyatukan Anda berdua (pengantin laki-laki dan prempuan) dalam kebaikan.

karena hukum Islam sangat sempurna dan mengatur setiap detail masalah kehidupan, termasuk kesopanan menghadiri pernikahan. Di antara sunnah yang sering di lupakan pada pernikahan adalah doa bagi mereka yang mengundang.

Doa yang di sunnahkan untuk dibaca yaitu :

Baca Juga :  Doa Nurbuat

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya : Ya Allah, berikan makanan kepada mereka yang memberi makan kepadaku, dan berkahi minum untuk mereka yang telah memberi minum kepadaku (HR Muslim No. 2055)

Adab Membaca Doa Pernikahan

1. Tidak Menunda

Jika Anda memiliki undangan pernikahan, Anda tidak boleh menunda-nundanya, kecuali ada udzur atau alasan tertentu, misalnya, kekhawatiran bahwa itu dapat membahayakan agamanya atau secara fisik. Ini juga benar jika Anda menghadiri pernikahan dan mendoakannya. Maka Anda lebih baik menerima undangan dan berdoa untuk pernikahan tanpa menunda kedatangan.

2. Tidak ada perbedaan kehadiran / doa

Selain itu, Anda tidak harus membedakan kehadiran di pesta pernikahan. Misalnya, jika Anda menerima dua undangan antara undangan orang miskin dan orang kaya. Anda tentu tidak boleh membeda-bedakan, bahkan jika, misalnya, undangan dua orang yang jauh dan dekat.

Jika Anda bingung, jika Anda menerima dua undangan dengan kriteria ini, sangat tepat untuk membuat undangan yang datang pertama ke rumah dan membuat permintaan maaf kepada peserta yang diundang yang terakhir memberikan undangan. Anda juga harus berniat datang ke pesta pernikahan untuk menghormati saudaranya.

3.Tahu doa Makruh

Selain doa yang direkomendasikan untuk pernikahan mempelai, ada juga doa yang diucapkan menurut Rasulullah SAW. Doa makruh untuk pengantin yang dimaksud adalah semoga bahagia dan banyak anak. Mengapa doa ini harus dikatakan kepada pengantin?

Para ulama menjelaskan bahwa doa itu makruh karena itu bukan doa yang benar. Faktanya, banyak anak memang baik dalam Islam. Kebahagiaan dalam pernikahan bukanlah hal yang dilarang. Namun, berdoa untuk pengantin wanita dengan kata-kata “Semoga bahagia dan banyak anak” bukanlah doa yang tepat di pernikahan.

Baca Juga :  Doa Keluar Kamar Mandi

Dari sini, Anda bisa mengetahui dengan tepat doa apa yang pantas untuk kerabat atau saudara yang melangsungkan pernikahan. Selain itu, Anda juga tahu bahwa ada doa yang makruh diucapkan kepada sepasang pengantin. Maka sudah sepantasnya untuk berbaik sangka dengan apa yang diajarkan Nabi Muhammad Saw.