Doa untuk Meminta Rezeki

Posted on

Doa Untuk Meminta Rezeki Lengkap Bahasa Arab dan Artinya dan dengan contoh doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Rezeki, Jodoh, dan Maut ada di tangan Allah. Yaitu, hanya Allah yang mengetahui jumlah hartanya dan arah hartanya. Apakah orang hanya bersantai, rileks, dan menunggu rezeki datang dengan sendirinya? Tentu tidak. Orang memiliki tugas untuk seoptimal mungkin dan tidak lupa berdoa untuk meminta rezeki.

Tidak diragukan lagi, banyak orang menginginkan kekayaan yang melimpah sehingga mereka dapat memenuhi semua keinginan mereka. Faktanya, setiap kekayaan yang kita peroleh baik dari jumlah, cara kita mendapatkannya, atau penggunaannya, akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah di akhirat.

Agar rezeki yang kita terima tidak menjerumuskan ke neraka, kita bisa meminta perlindungan kepada Allah SWT, sehingga rezeki yang kita terima itu halal dan berlimpah.

Bentuk rezeki juga bervariasi. Bukan hanya uang yang melimpah. Kesehatan, umur yang panjang dan bahkan menghabiskan waktu bersama keluarga juga termasuk rezeki yang sangat berharga dari Allah.

Doa Untuk Meminta Rezeki yang Berkah

اللَّهُمَّ أَحْيِنِي مِسْكِينًا، وَأَمِتْنِي مِسْكِينًا، وَاحْشُرْنِي فِي زُمْرَةِ الْمَسَاكِينِ

Artinya : Ya Allah hidupkan aku dalam kondisi miskin, wafatkan aku dalam kondisi miskin, dan masukkan aku ke dalam golongan orang-orang miskin.” (Hadis hasan Diriwayatkan Ibnu Majah)

Doa Meminta Keluasan Rezeki

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكاً لَا يَنْبَغِيْ لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِى إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya : Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang pun setelahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi (Q.S Sad : 35)

Baca Juga :  Do'a Sesudah Adzan

Doa Meminta Kecukupan Rezeki

اَللّٰهُمَّ اَكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Artinya : Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.

Doa Meminta Mudah Rezeki dan Terhindar dari Kekufuran

اَللّٰهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ وَعَذَابِالْقَبْرِ

Artinya : Ya Allah, aku berlindung dari kekufuran, kemiskinan dan siksa kubur (H.R Ahmad, Nasa’i dan Abi Syaibah)

Doa Memohon Limpahan Rezeki

رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِنْكَ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Artinya : Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu bagi orang orang yang sekarang bersama kami ataupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan engkau ; berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki (Q.S Al-Maidah : 114)