Doa Tolak Bala Arab, Latin dan Terjemah Indonesia

Posted on

Suhupendidikan.com pada kesempatan ini akan berbagi mengenai Do’a untuk menolak bala’.  karna tiap orang pasti tak ingin musibah datang menimpa dirinya. meski hal itu tidak diinginkan. yang namanya musibah bisa datang kapan saja dan dimanapun tanpa bisa diduga, jika Alloh sudah berkehendak semuanya pasti akan terjadi

doa tolak bala
doa tolak bala

Doa Tolak Bala

Rasulullah SAW menyebut amal saleh, khususnya sedekah mampu menolak atau mengurangi tingkat musibah yang “seharusnya” menimpa kita. Hal ini merupakan sebuah upaya untuk “menghindar” dari takdir. Hal ini yang disebut sebagai tolak bala.

Selain sedekah, doa merupakan salah satu bentuk amal saleh penolak bala. Ulama mengajarkan lafal doa tolak bala agar Alloh menyelamatkan kita dari musibah. Sebelum membaca doa berikut ini, seseorang dianjurkan sebelumnya telah membaca Surat Al-Fatihah:

اللَّهُمَّ بِحَقِّ الفَاتِحَةِ وَسِرِّ الفَاتِحَةِ، يَا فَارِجَ الهَمِّ يَا كَاشِفَ الغَمِّ، يَا مَنْ لِعَبْدِهِ يَغْفِرُ وَيَرْحَمُ، وَيَا دَافِعَ البَلَاءِ يَا اللهُ يَا رَحْمَنُ، وَيَا دَافِعَ البَلَاءِ يَا اللهُ يَا رَحِيْمُ.

Artinya

“Ya Alloh, dengan hakikat dan rahasia Al Fatihah, wahai pemberi jalan keluar, wahai pembuka atas kegelisahan, waha Tuhan yang kepada hamba-Nya mengampuni dan menyayangi, wahai penolak bala ya Alloh wahai pengasih, wahai penolak bala ya Alloh wahai penyayang,”

Setelah membaca doa ini, seseorang dianjurkan untuk menutupnya dengan shalawat dan pujian singkat berikut ini:

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ و َصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامً عَلَى المُرْسَلِيْنَ، وَالحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Artinya:

“Semoga Alloh memberi shalawat untuk Sayyidina Muhammad SAW, keluarga, dan semua sahabatnya. Maha suci Alloh dari segala apa yang mereka sifatkan. Salam Alloh untuk para rosul-Nya. Segala puji bagi Alloh tuhan semesta alam,”

Demikianlah Do’a tolak bala, Semoga bermanfaat

Baca Juga :  Niat Buka Puasa

Doa Lainya :