Doa Solat Jenazah

Posted on

Berikut ini materi mengenai doa solat jenazah secara ringkas agar dapat membantu pembaca untuk mempelajari sehingga dapat di aplikasikan di dalam kehidupan.

Mengusung jenazah, mensolatkan dan mendoakan jenazah merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim terhadap muslim lain-nya.

Sholat jenzah di lakukan secara tegak berdiri seperti akan melakukan sholat wajib dan sunah pada umum-nya.

Oleh karena itu sebaiknya kita sebagai umat muslim menjalankan kewajiban sebagai umat muslim, dan mempelajari ilmu agama contohnya seperti mempelajari doa solat jenazah agar dapat menjalankan kewajiban sebagai umat muslim.

Dan berikut ini materi mengenai doa solat jenazah secara ringkas agar dapat membantu pembaca untuk mempelajari sehingga dapat di aplikasikan di dalam kehidupan.

Semoga pembaca dapat mempelajari dan mengaplikasikannya dengan baik.

Setelah takbir pertama membaca surat Al-fatihah, takbir kedua membaca solawat nabi ibrahimiyah, dan selanjutnya takbir ketiga membaca doa untuk jenazah dan terakhir takbir keempat membaca doa solat jenazah.

Doa bagi jenazah merupan rukun dari solat jenazah untuk itu berikut ini dalah doa dari solat jenazah :

Doa untuk Jenazah Laki-laki

Setelah melakukan takbir ketiga, bacalah doa untuk jenazah. Doa untuk jenazah ini, sebagaimana diceritakan oleh Imam Muslim di dalam Sahih-nya :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Yang artinya : Ya Tuhan, ampunilah dia dan kasihanilah dia. Bebaskan dan maafkan dia. Lapangkan kuburan dan mandikanlah dengan air, salju, dan embun. Bersihkan dia dari semua kesalahan, seperti membersihkan kotoran dari kain putih. Beri dia rumah yang lebih baik dari pada rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Lalu masukkan dia di dalam surga dan lindungi dia dari cobaan kubur dan penderitaan neraka.

Baca Juga :  Mad Jaiz Munfasil

Doa untuk Jenazah Perempuan

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا وَوَسِّعْ مُدْخَلَهَا وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Atau dapat membacanya secara di singkat :

Laki-Laki

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

Yang artinya : Ya Tuhan, ampunilah dia dan kasihanilah dia. Bebaskan dan maafkan dia.

Prempuan

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا

Artikel Lainnya :

doa-masuk-masjid

yang-membatalkan-puasa

niat-sholat-witir