Do’a Sholat Dhuha

Posted on

Doa Sholat Dhuha lengkap dalam bahasa arab, Indonesia dan latin beserta artinya akan di bahas di bawah ini, Untuk lebih jelasnya simak beberapa penjelasan dibawah ini

doa sholat dhuha
doa sholat dhuha

Doa Sholat Dhuha

Sholat dhuha yaitu salah satu sholat sunnah yang istimewa. Berbagai macam manfaat dan keutamaan melaksanakan sholat sunnah ini secara rutin. Sholat dhuha juga dikenal sebagai shalat sunnah untuk memohon rezeki dari Alloh SWT.

Cara melaksanakan shalat dhuha sama dengan pelaksanaan sholat pada umumnya. Namun ada doa-doa tertentu yang dibaca setelah sholat Dhuha.

Niat Doa Sholat Dhuha

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatadh-Dhuhaa rak’ataini mustaqbilal qiblati ada’an lillaahi ta’aalaa.

Artinya :
Sengaja aku mengerjakan Sholat Sunnah Dhuha, dua raka’at  karena Alloh Ta’ala.

Waktu Mengerjakan Sholat Dhuha

Waktu sholat dhuha  dimulai sejak Matahari terbit (naik) sampai condong ke barat.

Awal Waktu Sholat Dhuha

Pada awal waktu sholat dhuha dimulai dua puluh menit setelah Matahari terbit. Hal ini sesuai dengan keterangan hadits yang diriwayatkan oleh ‘Amr bin ‘Abasah.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “ Kerjakanlah shalat subuh kemudian tinggalkanlah shalat hingga matahari terbit, hiingga matahari naik. Ketika matahari terbit, ia terbit di antara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud (menyembah Matahari).” (HR. Muslim)

Akhir Waktu Sholat Dhuha

Akhir waktu sholat dhuha yaitu lima belas menit sebelum masuk waktu sholat zhuhur.

Waktu terbaik mengerjakan sholat dhuha yaitu pada waktu yang akhir ataupun seperempat siang, yaitu dalam keadaan yang semakin panas. Itu sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Zaid bin Arqam.

Zaid bin Arqam melihat orang-orang mengerjakan shalat dhuha (di awal pagi). Dia berkata, “ Tidakkah mereka mengetahui bahwa sholat di selain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Shalat orang-orang awwabin (taat; kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan’.” (HR. Muslim)

Doa Setelah Sholat Dhuha

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai shalat Dhuha, beliau mengucapkan,

Baca Juga :  Perbedaan Sistem Ekonomi Islam dan Konvesional

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ

“ALLOHUMMAGHFIR-LII WA TUB ‘ALAYYA, INNAKA ANTAT TAWWABUR ROHIIM

artinya:

“Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang) sampai beliau membacanya seratus kali.” (HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad, no. 619. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sanadnya shahih”

Manfaat Sholat Dhuha

  • “Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat.” (HR. Muslim)
  • “Salat Dhuha itu sholat orang yang kembali kepada Allah, setelah orang-orang mulai lupa dan sibuk bekerja, yaitu pada waktu anak-anak unta bangun karena panas tempat berbaringnya.” (HR Muslim).
  • Dan masih banyak lagi manfaat sholat dhuha yang kita tau dan yang tidak kita tau, namun Alloh SWT tidak pernah ingkar janji, Maka kerjakanlah sholat dhuha tanpa mengharap apapun tapi belajarlah sholat karna perintah Alloh SWT

Baca Juga :