Doa Sesudah Belajar

Posted on

Doa Sesudah Belajar adalah salah satu kegiatan yang wajib untuk semua orang muslim. tidak hanya anak-anak sekolah yang perlu belajar, orang dewasa-pun perlu. Karena setiap perjalanan hidup adalah pembelajaran. Sebagai orang yang beragama, kita di wajibkan dan dianjurkan untuk membaca doa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu dan mengakhiri pelajaran.

Membaca doa sesudah belajar telah di anjurkan oleh islam di karenakan mampu memberi ketenangan hati dan mampu menjadikan proses pembelajaran dan penyerapan ilmu ketika belajar bisa berjalan dengan lancar. Tak hanya berdoa, beberapa serba serbi dari belajar pun harus anda perhatikan agar proses belajar anda bisa berjalan lancar.

Doa Sesudah Belajar

Doa sesudah belajar dalam bahasa arab, latin dan artinya seperti di bawah ini

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa’ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu

Artinya:

Ya Alloh, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya”

Adab Belajar Dalam Islam

Terkait dengan kegiatan belajar atau menuntut ilmu, maka Islam sendiri memiliki adab-adab yang sebaiknya dilakuan ketika hendak menuntu ilmu. Selain dengan memanjatkan doa belajar, baik sebelum maupun sesudah belajar, maka belajar sendiri memiliki adabm yang sebaiknya dilakukan. Hal tersebut sesuai dengan pesan dari Rasulullah SAW, yakni seorang penuntut ilmu haruslah menghiasi dirinya dengan akhlak mulia dan adab yang bagus.

Terkait dengan adab menuntut ilmu dalam Islam, maka berikut ini ada beberapa adab yang sebaiknya dilakukan ketika menuntut ilmu. Silahkan simak adab menuntut ilmu dalam agama islam yang wajib anda ikut dan juga lakukan. Simak di bawah ini!

  • 1. Mengikhlaskan Hati dan Diri Dalam Proses Menuntut Ilmu.
  • 2. Berdoa Kepada Alloh SWT Atas Ilmu yang Bermanfaat.
  • 3. Selalu Bersungguh-Sungguh dan Haus Akan ilmu Pengetahuan.
  • 4. Jauhkan Diri Dari Perbuatan Maksiat dan Senantiasa Bertaqwa Kepada Alloh SWT.
  • 5. Hilangkan Sifat Sombong dan Juga Pemalu.
  • 6. Dengarkanlah Baik-Baik dan Seksama Pelajaran yang Disampaikan Oleh Guru.
  • 7. Diam dan Perhatikan Ketika Guru Sedang Menyampaikan Pelajaran.
  • 8. Berusaha Memahami Ilmu yang Kita Dapatkan.
  • 9. Menghapalkan Setiap Ilmu dan Pelajaran yang Kita Dapatkan.
  • 10. Ikatlah Ilmu Anda Dengan Media Tulisan.
  • 11. Mengamalkan Ilmu y1ang Kita Miliki.
  • 12. Mendakwahkan Ilmu.
Baca Juga :  Doa untuk Istri
Itulah doa yang bisa di amalkan kalau hendak belajar ataupun sesudah belajar. Dengan doa yang ucapkan semoga pelajaran yang sedang ingin hapalkan dan megerti bisa dengan mudah diserap. Pelajaran yang dimengerti dan dipahami membuat anda tidak perlu berbuat curang dengan mencontek atau melkukan hal lainnya dalam konteks curang. Anda juga bisa mengamalkan adab belajar yang ada di atas untuk mendapatkan keberkahan atas ilmu yang anda pelajari.
Doa lainnya :