Doa Sebelum Belajar

Posted on

Sudah menjadi ajaran agama islam, bahwa ketika melakukan aktifitas/belajar seseorang di wajibkan untuk selau berdoa. Dengan berdoa kita mempunyai tujuan yang jelas, selain dihindarkan dari masalah, kitapun diyakinkan akan mendapat jawaban yang tepat dengan apa yang sudah kita ragukan diawal.

Sama seperti saat kita ujian, melakukan usaha sudah dilakukan. Maka langkah selanjutnya adalah pasrah dan berdoa sehingga apa yang kalian mau bisa lekas tercapai. Dan tentunya untuk menghindari keragu-raguan itu.

Adapun Lafadz doa belajar yang bisa diamalkan ketika akan memulai menuntut ilmu adalah sebagai berikut.

Doa Sebelum Belajar

ﺭَﺏِّ ﺯِﺩْﻧِﻲ ﻋِﻠْﻤًﺎ، ﻭَﺍﺭْﺯُﻗْﻨِﻲْ ﻓَﻬْﻤًﺎ ﻭَﺍﺟْﻌَﻠْﻨِﻲْ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺤِﻴْﻦَ

Robbii Zidnii ‘Ilmaa, Warzuqnii Fahmaa, Waj’alnii Minash-Shoolihiin Amiin Ya Robbal ‘Aalamiin

Artinya :

Ya Alloh Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang shoolih. Ya Alloh kabulkanlah do’aku ini.

Dengan berdoa, kita jadi lebih percaya diri untuk mengerjakan sesuatu. Sebab disini kita sudah memasrahkan hasil semuanya kepada sang pencipta. Berdoa juga tujuannya untuk memohon perlindungan. Berlindung pula agar jauh dari rasa malas, nah? Buat kalian yang mungkin terkadang masih malas-malasan, hendaknya awali setiap aktifitas atau schedule kalian dengan berdoa. Karena meskipun kita orang islam, akan tetapi tak sedikit juga yang terkadang lupa dan meremehkan hal ini.

Tentunya sebagai orang islam, kita tidak mau jika apa yang kita kerjakan selama ini sia-sia begitu saja. Maka dari itu agar semuanya menjadi bermanfaat dan kitapun juga mendapatkan pahala yang baik dari ALLAH, salah satu syarat utama adalah berdoa.

Selain bermanfaat untuk hidup kita saat ini, hal yang tak kalah penting adalah bermanfaat untuk akhirat kita.

Baca Juga :  Surat Al-Kahfi

Dengan berdoa, seseorang tidak sengaja telah belajar arti sebuah kesabaran. Sebab segala sesuatu juga tidak bisa langsung ditembus begitu saja, namun juga memerlukan tatanan khusus. Dan tatanan yang baik dalam islam adalah belajar, action dan sabar nunggu hasilnya. Semoga saja kita masuk dalam golongan orang-orang yang sabar.

Hikmah Dari Membaca Doa sebelum Belajar

Dengan berdoa, membuat ilmu yang kita pelajari menjadi lebih berkah. Pasalnya, kita melibatkan Alloh dalam proses pencarian ilmu tersebut. Sehingga Alloh akan ridho dan memberikan banyak berkah dan pahala kepada mereka yang memulai belajar dengan berdoa terlebih dahulu.

Dengan membaca doa belajar, maka Alloh akan memudahkan dalam menerima ilmu yang dipelajari. Dengan begitu ilmu yang kita pelajari bisa masuk kedalam pikiran, dan bisa bermanfaat bagi kehidupan kita maupun orang disekitar.

Itulah Doa sebelum belajar.

Artikel Lainnya :

Doa Nabi Daud

Doa Nabi Musa

Doa Solat Jenazah