Doa Pengantin

Posted on

Doa Pengantin Sesuai Sunnah: Di bawah ini adalah doa penting ihwal doa pengantin sesuai Sunnah Nabi SAW

Doa merupakan sebuah harapan dari seseorang, biasanya kita berdoa ketika meminta sesuatu kepada Allah. Begitupun ketika kita menghadiri pernikahan kita juga harus membaca doa pernikahan untuk kedua mempelai.

Pernikahan merupakan hari yang sangat membahagiakan. Tidak hanya bagi pengantin, melainkan juga keluarga dan kerabat.

Diantara doa yang sudah masyhur di telinga kita ialah doa yang terdapat pada pernikahan. Syariat Islam yang begitu sempurna, mengatur setiap detailnya, doa pernikahan untuk kedua mempelai di pelaminan, doa pengantin yang cocok dan lengkap dalam walimatul ursy secara Islam.

Doa Untuk Penggantin

Dahulu, di masa kenabian Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam, masih ada doa yang baik tetapi tidak dianjurkan. Doa tersebut adalah “Semoga bahagia dan banyak anak.” Ternyata doa tersebut tidak ‘disetujui’ oleh Rosulullah SAW

Doa untuk pernikahan pengantin baru yang lebih baik itu adalah, doa ini adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abu hurairah,

Doa Pengantin
بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ
Barokallahu laka, wa baroka ‘alayka wa jama’a baynakuma fii khoyr.
Artinya:
“Semoga Allah melimpahkan keberkahan kepadamu dan keberkahan atas pernikahanmu, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan

 

Pernikahan wajib hukumnya bagi orang-orang yang cukup matang secara usia dan mampu secara ekonominya. Pernikahan adalah prosesi sakral yang menyatukan dua orang asing menjadi sepasang suami istri yang sah dan juga sekaligus menyatukan dua keluarga beserta adat istiadatnya. Proses pernikahan dalam islam memiliki ketentuan-ketentuan tersendiri yang berlandaskan pada Al-Qur’an dan As-Sunnah yang shahih.

Doa Lainya :

Baca Juga :  Doa Masuk Kuburan

 

Tujuan pernikahan tentunya untuk membina keluarga dan mendapatkan keturunan yang sah sesuai norma agama dan masyarakat, mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Menikah juga dapat membentengi diri dari perbuatan maksiat, mendapatkan rasa kasih sayang antar sesama dan mengikuti sunnah Rasul.

Dengan menikah maka akan memperluas tali persaudaraan karena mempersatukan keluarga dari pihak laki-laki dengan keluarga dari pihak perempuan. Selain itu juga, orang yang sudah berkeluarga akan dilipat gandakan pahala amalnya jika dibandingkan dengan yang belum menikah.

Itulah doa yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam kepada kita umat beliau. Mendoakan untuk keberkahan kepada pengantin. Kenapa berkah? Karena berkah itu berarti tetap berada pada jalur yang benar dalam keadaan apapun.

Mendoakan sepasang pengantin yang baru saja menikah adalah harus dalam Hukum Islam. Hal ini agar mereka beroleh keberkahan dari Allah SWT dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Lalu, Doa seperti apa yang hendaknya diucapkan oleh tamu undangan kepada mempelai yang baru saja menikah. Berikut ini adalah Doa Pengantin Baru Dalam Bahasa Arab Sesuai Sunnah Rasullullah SAW yang baru saja menikah agar dikarunia rumah tangga yang sakinah mawwadah warrahmah.

Pada umumnya, menikah merupakan salah satu tujuan hidup manusia dan Sunnah Rasullullah SAW. Namun setelah menikah, tentunya setiap hubungan tidak akan terus atau selamanya berjalan dengan mulus. Karena pada dasarnya setiap rumah tangga tentunya akan mengalami beberapa masalah. Namun agar hubungan pernikahan selalu berjalan harmonis dan romantis dengan pasangan, salah satu yang harus dilakukan adalah harus selalu saling percaya. Selain itu, hendaknya pasangan pengantin mengamalkan doa pengantin agar selalu diberkahi dan dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan membaca doa untuk pengantin, diharapkan rumah tangga yang dibinanya akan bahagia dunia akhirat.