Doa Naik Kendaraan Arab, Latin, dan Terjemah

Posted on

Doa naik kendaraan – Sejak dahulu kala, manusia telah mengenal yang namanya kendaraan. Ada yang menyebutnya dengan angkutan / wahana. Semua mempunyai pengertian sama yaitu peralatan transportasi yang penting bagi manusia. Sebagian adalah buatan manusia dan sebagiannya tidak dibuat oleh manusia. Namun naik kendaraan ada doa nya.

doa naik kendaraan
doa naik kendaraan

Doa Naik Kendaraan

سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا

SUBHAANALLADZII SAKH-KHORO LANAA HAADZAA

وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْر ِنِيْنَ

WA MAA KUNNAA LAHU MUQRINIIN

وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

WA INNAA ILAA ROBBINAA LAMUN-QOLIBUUN

Artinya:

“Maha Suci Alloh yang sudah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”(HR. Turmudzi 3446)

Hikmah dari membaca doa naik kendaraan diatas adalah bentuk rasa syukur kita kepada Alloh SWT, atas Nikmatnya yang sudah menganugrahkan kendaraan untuk bisa kita naiki dan mengantarkan kita sampai tujuan.

Kemudian untuk doa mengendarai kendaraan laut bisa juga membaca doa diatas, karena doa diatas adalah doa naik kendaraan yang umum, namun bisa juga setelah membaca doa naik kendaraan dilanjutkan dengan membaca doa khusus naik kapal.

Berikut adalah doa khusus naik kapal lengkap

Doa Naik Kapal

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrohaa wa mursaahaa inna robbii laghofuu rurrohiim

Artinya :
“Dengan nama Alloh yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

Doa khusus naik kapal adalah doa yang di panjatkan oleh Nabi Nuh pada saat mengendarai kapalnya yang diabadikan Al-Qur’an Surat Al-Huud ayat 41.

وَقَالَ اَرْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya:
Dan Nuh berkata: “Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Alloh di waktu berlayar dan berlabuhnya”. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Hud :41)

Demikianlah doa naik kendaraan, Semoga bermanfaat

Baca Juga :  Doa Masuk Pasar

Artikel lainya :

5 (100%) 1 vote[s]