Doa Nabi Yusuf

Posted on

Doa Nabi Yusuf

 Nabi Yusuf. Adalah seseorang yang memmiliki paras Rupawan  dan mempunyai Rutinitas dalam sesudah sholat dan Nabi yusuf selalu senantiasa istiqomah memanjatkan doa-doa yang insya All0h akan dikabulkan semua Hajat-hajat yang baik.

Kisah tentang Nabi Yusuf tidak semua berjalan mulus tetapi sifat manusiawiah tetap ada dalam diri Nabi Yusuf. Seperti: dulu Nabi Yusuf mempunyai segalanya, namun ia sempat dipenjara karena sesuatu hal, ia kehilangan segalannya.

Kehidupan Nabi Yusuf tak jauh berbeda dengan kehidupan nya Rasulullah saw. Dalam keadaan apa pun, ia tetap selau sabar dan selalu menerima. Inilah Doa yang di Panjatkan Nabi Yusuf:

doa nabi yusuf
doa nabi yusuf

Doa Nabi Yusuf.

QS Yusuf ayat 33Artinya:

Nabi Yusuf berkata: Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku Termasuk orang-orang yang bodoh.”

Kerna pada saat itu Nabi-Yusuf telah digoda oleh istrinya Al Aziz.  Hampir sama cerita Nabi Yunus dengan kisahnya Rosululloh SAW, dimana Rasulullah saw pun pernah di goda oleh kaum untuk bertukar persembahan selama satu tahun (Kita bisa simak di QS Al-Kafirun). Dan tak tanggung-tanggung, yang membujuk dia adalah pamannya yang bernama Abu-Thalib.

Nabi Yusuf. Juga pernah dikucilkan (waktu beliau dibuang ke dalam sumur), namun dngan keteguhan hati beliau sangat kuat, dan beliau memilih penjara dari pada menuruti permintaan mereka.

Seperti halnya Rasululloh SAW, beliau juga pernah merasakan dikucilkan oleh orang-orang,  tetapi Rasululloh saw tetap teguh dan yakin dalam berdakwah untuk mengajarkan agama Allah dan agar menolak permintaan dari kaum Quraisy.

Baca Juga :  Do'a Mohon Ampun dan Rahmat Alloh SWT

Seorang sahabat dekat Rasulullah SAW yang bernama Muadz, ia pernah berdoa minta keteguhan dan kesabaran, namun Rasulullah saw berkata; itu sama dengan kamu meminta untuk di beri kesusahan.

Terus sahabat bertanya kepada Nabi, bagaimana saya harus berdoa wahay Nabi? Jawab Nabi; Berdoalah kamu dengan Yakin kalau semua masalahmu ada Jalan Keluarnya dan Janganlah kamu minta fitnah atau ujian dalam kehidupanmu.

Doa Nabi Yusuf Saat Mendapat Kejayaan

Ya Tuhanku, sebenarnya Engkau sudah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan serta sudah mengajarkan kepadaku sebahagian ta’bir mimpi. (Ya Tuhan) Pencipta langit serta bumi. Engkaulah Pelindungku didunia serta di akhirat, meninggal duniakanlah saya dalam kondisi Islam serta gabungkan saya dengan beberapa orang yang saleh. ” (QS Yusuf : 101)

Nabi Yusuf mengatakan Robbiy.. ”. Bukanlah mengatakan kehebatan dianya, namun mengagungkan Allah, mengatakan nikmat-nikmat Allah, lalu memohon husnul khatimah”

Apa yang diucapkan dalam doa, menerangkan mengenai semu hajat kita didunia. Dan diya menerangkan prioritas dalam hati kita. Dua pertiga dari doa harusnya mengenai akhirat. dan seterusnya  mengenai kebaikan didunia, serta kebaikan seperti :

  • 1 Ilman nafi’an-diberikan Ilmu yang Bermanfaat
  • 2 Rizqon thayyiban-rejeki bersih dari Riba
  • 3 Amalan mutaqobbalan-amal yang di terima.

Itulah doa-doa Nabi Yusuf semoga bermanfaat bagi kita semua.

Doa Lainya :