Doa meminta Pertolongan

Posted on

Doa Meminta Pertolongan Lengkap dengan bahasa Arab, Latin, Indonesia dan terjemahnya agar mudah dipahami oleh para pembaca.

Pada kesempatan ini, penulis akan membahas tentang doa meminta pertolongan. Banyak dari kita sering lupa berdoa, padahal berdoa adalah senjata orang beriman.

Doa Meminta Pertolongan

Doa Meminta Pertolongan
Doa Meminta Pertolongan

Di dalam kehidupan ini kita sering menghadapi kesulitan. Terkadang kesulitannya sangat parah sehingga kita hampir putus asa. Namun, keyakinan pada kekuatan Allah Ta’ala yang tak terbatas membuat kita sabar dan penuh harapan.

Padahal, alam semesta berada di bawah kekuasaan dan kendali Allah Ta’ala. Mereka semua mematuhi tetapan dan kemauan-Nya. Tidak ada yang bisa bergerak atau berperilaku kecuali dengan daya, kekuatan, kehendak dan izin-Nya. Apa yang Dia inginkan akan terjadi. Sebaliknya, apa yang tidak Dia inginkan tidak akan pernah terjadi.

Allah SWT Mahakuasa melakukan segalanya. Dia mampu mengubah semua fasilitas menjadi sesuatu yang sulit, bahkan sesuatu yang sulit menjadi mudah. Tidak ada yang sulit bagi-Nya, karena Dia berkuasa atas segalanya. Karena itu, kita jangan putus asa ketika menghadapi kesulitan dan berbagai cobaan hidup. Masih Allah yang bisa kita minta pertolongan-Nya. Maka kita harus berdoa ketika kita memiliki masalah

Sudah sepantasnya bahwa sebagai manusia hendaklah memohon pertolongan kepada Allah dalam segala hal.

Rasulullah saw, bersabda kepada Ibnu Abbas :

وَإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ

Artinya : “ketika engkau meminta pertolongan, maka mintalah pada Allah” (HR. Tirmidzi no. 2516)

Berikut ini doa memohon pertolongan Allah dari Al-Quran yang disampaikan kepada kita oleh Rasulullah Saw :

Baca Juga :  Ayat Seribu (1.000) Dinar

Doa meminta pertolongan terhadap kaum kafir

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

(Robbanaghfir lanaa dzunubanaa wa isroofanaa fii amrinaa wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa ‘alal-qoumil-kaafiriin)

Artinya : “Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebihan (dalam) urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir” (Q.S Ali Imran : 147)

Atau :

رَبِّ انصُرْنِي عَلَى الْقَوْمِ الْمُفْسِدِينَ

(Robbinshurnii ‘alal-qoumil-mufsidiin)

Artinya : “Ya Tuhanku, tolonglah aku (dengan menimpakan azab) atas golongan yang berbuat kerusakan itu” (Q.S Al-‘Ankabut : 30)

Doa meminta pertolongan atas musibah dan kesusahan

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ

(yaa hayyu yaa koyyu-mu birohmatika astaghiitsu)

Artinya : “Wahai Yang Mahakuasa (Hidup Kekal), yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), hanya dengan rahmat-Mu saja, saya meminta pertolongan.”

Itulah beberapa doa yang dianjurkan, Semoga bermanfaat dan menjadikan kamu di ridhoiNya.

Doa Lainnya :