Doa meminta Hujan

Posted on

Doa meminta hujan lengkap dengan bahasa Arab, Latin, dan arti Indonesia agar mudah dipahami oleh pemula

Berikut ini adalah bacaan doa yang bisa kita amalkan. Lengkap dalam bahasa Arab, aksara Latin dan terjemahannya.

Hujan merupakan salah satu hadiah terbesar yang diberikan Allah SWT kepada hamba-hambanya. Tanpa hujan, bumi akan mengering, pohon akan mati, hewan akan mati kehausan dan manusia akan sangat menderita, karena air ialah sumber kehidupan.

Oleh karena itu, jika tidak hujan atau musim kemarau berlangsung lebih lama, kita harus meminta Allah untuk membawa hujan ke bumi ini dengan cepat. Permintaan hujan dapat dilakukan dengan melakukan sholat Istisqo di berjamaah, yang biasanya dilakukan di lapangan, atau setidaknya satu doa diucapkan, sehingga hujan dapat dengan cepat diturunkan.

Doa meminta Hujan

Doa yang pertama :

(Allahummasqinaa ghaitsan mughitsan mari’an hani‘an mari‘an ghadaqan mujallalan aammaa thabaqan sahhan da’iman)

Artinya : “Ya Allah, kirimkan kepada kami air hujan yang bermanfaat, mudah, subur, deras, berlimpah, merata, menyeluruh, dan bermanfaat abadi”

Doa yang ke dua :

(Allahummasqinaal-ghaitsa, wa laa taj‘alnaa minal-qaanitiin)

Artinya : “Ya Allah, kirimkan kami air hujan, jangan jadikan kami salah satu dari mereka yang menyerah”

Doa yang ke tiga :

(Allaahumma inna bil ‘ibaadi wal bilaadi wal bahaa’imi wal khalqi minal-bala’i wal jahdi wad dhanki maa laa nasykuu illaa ilaika)

Artinya : “Ya Allah, benar-benar ada banyak hamba, negeri dan jenis hewan, dan semua makhluk lain mengalami malapetaka, kelaparan, dan sempitnya kami hanya mengeluh kepada-Mu”

Doa yang ke empat

(Allaahumma anbit lanaz-zar‘a, wa adirra lanad dhar‘a, wasqinaa min barakaatil-samaa’i, wa anbit lanaa min barakaatil ardhi)

Baca Juga :  Doa Setelah Adzan

“Ya Tuhan, tumbuhkan tanaman kami, tumbuhkan susu ternak kami, jatuhkan air hujan kami karena berkah langit-Mu, dan tumbuhkan tanaman kami dari berkah bumi-Mu”

Doa yang ke lima :

(Allaahummarfa‘ ‘annal jahda wal juu‘a wal ‘uraa, waksyif ‘annal balaa’a maa laa yaksyifuhuu ghairuka)

Artinya : “Ya Allah, angkatlah penderitaan karena kelaparan, kelaparan dan kehancuran dari pundak kami. Hapus dari kami bencana yang hanya bisa diatasi oleh-Mu”

Doa yang ke enam :

(Allaahumma innaa nastaghfiruka, innaka kunta ghaffaaraa, fa arsilis samaa’a ‘alainaa midraaraa)

Artinya : “Ya Allah, kami benar-benar meminta maaf kepada-Mu karena Engkau Maha Pengampun. Makan turunkan pada kami hujan deras dari langit-Mu”

Doa Lainnya: