Doa Masuk Rumah

Posted on

Doa Masuk Rumah lengkap bahasa indonesia, latin dan arab

Jika Anda sebagai umat muslim dan akan masuk rumah maka disunahkan untuk berdoa terlebih dahulu. Dalam agama islam ada anjuran untuk  membaca doa keluar rumah dengan benar sebelum bepergian. Ketika ada orang muslim yang akan pergi keluar dari rumahnya dan ia-pun mau naik kendaraan, sangat dianjurkan untuk membaca doa agar perjalanannya selamat dan selalu dilindungan oleh Alloh SWT.

Doa keluar rumah ini sangat di wajibkn dan disunnahkan oleh Nabi SAW. Maka saat kamu berdoa harus memperhatikan adab yang benar agar doanya dikabulkan. Doa ini sangat berguna untuk Anda ketahui dan Anda praktekkan agar kegiyatan atau perjalanan Anda di luar rumah mendapat perlindungan dari Alloh SWT. Pada kesempatan ini akan membahas tentang doa keluar rumah dan doa masuk rumah.

Doa Masuk Rumah.

Doa Masuk Rumah
بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا ، وَعَلَى اللهِ رَبَّنَا تَوَكَّلْنَا
“Bismillahi walajnaa wa bismillahi kharajnaa wa-alallaahi rabbina tawak-kalnaa”
Artinya :
aku masuk dan keluar rumah, dengan menyebut nama Alloh
serta kepada-Nya sebagai  Tuhan pengatur alam semesta raya aku berserah diri.

Adab Masuk Rumah.

1.Mengetuk pintu dengan pelan

Jika akan masuk ke rumahnya, seorang Muslim dianjurkan menggetuk pintu dengan pe lan. Jika ada bel pintu, hendaknya dipencet dengan pe lan. Mengetuk pintu dengan keras atau memencet bel te rus-menerus dapat meng gang gu penghuni rumah. Ada sebagian orang yang mengetuk pintu rumah Imam Ah mad dengan keras-keras atau te rus-menerus. Beliau kemudian bangkit dan membuka pin tu seraya berkata, “Ini ada lah ke tukan pintu aparat keamanan.”

2.Memberi isyarat.

Baca Juga :  Doa Taubat

Hendaknya seseorang memberi isyarat kepada peng huni rumah apabila me reka tidak menyadari masuk nya ia ke dalam rumah. Ini bisa dilakukan misalnya dengan berdehem atau menghentakkan kakinya ke lantai se hingga ia tidak mengaget kan orang di dalam rumah. Juga tidak membuat mereka takut, atau mereka mengira sedang dimata-matai. Imam Ahmad berkata, “Jika seorang laki-laki ma suk ke rumahnya maka dianjurkan baginya berdehem atau mengentakkan sandalnya atau alas kakinya.

3.Mendahulukan kaki kanan

Melangkahlah ke dalam rumah dengan mendahulukan kaki kanan. Mendahului sebelah kanan dalam se gala urusan termasuk pe tun juk Nabi Muhammad SAW, kecuali dalam perkaraperkara yang jelek dan sejenisnya.

4.Berzikir kepada Alloh

Berzikir kepada Allah ketika masuk akan menjaga rumah dan penghuninya dari gangguan setan. Rasulullah bersabda, “Jika seseorang masuk ke dalam rumahnya dan ia menyebut nama Allah SWT ketika masuk dan ke tika makan maka setan ber kata, ‘Tidak ada tempat ber malam bagi kalian dan tidak ada makanan di sini.’ Sementara jika ia masuk tanpa mengucapkan nama Allah maka setan berkata, ‘Kalian telah mendapatkan tempat bermalam.’ Jika ia tidak menyebut nama Allah ketika hendak makan maka setan berkata, ‘Kalian telah mendapatkan tempat bermalam dan makanan’.”

Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

“Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi”

Artinya :

Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja

Nabi SAW mengajarkan kepada umat islam tentang adab, dzikir dan doa. yakni doa ketika akan keluar rumah atau ketika kembali kerumah dan sebagai rasa syukur-nya telah kembali dengan selamat.

Baca Juga :  Ayat Seribu (1.000) Dinar

Sunnah Saat Keluar Rumah

Berikut adalah (3) sunnah ketika akan keluar rumah

1. Sholat dua rakaat sebelum keluar rumah

Dengan melakukan sholat dua rakaat termasuk perbuatan yang bisa membuat Anda terhindar dari kekuatirn dan kesulitan dan bencana.

Berdasarkan kata-kata nabi:

“Jika kamu akan keluar dari rumah maka kamu hendak-lah melakukan sholat dua rakaat, maka dengan melakukan sholat dua rakaat akan melindungi kamu dari keburukan dan masalah. Jika kamu akan memasuki rumahmu maka, lakukalah sholat dua rakaat, maka kamu akan terlindungi dari keburukan dan masalah di dalam rumahmu.” HR. Al-Bazzar dalam sunannya

2.Berdoa saat keluar rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

“Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Artinya:

“Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

3. Melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu.

Setelah membaca doa keluar rumah sesuai ajaran rossul dianjurkan dengan mendahulukan kaki kanan. Karena kaki kanan untuk melakukan segala urusan yang baik itulah pentunjuk dari rosuloloh SAW.

Adab Keluar Rumah

Berikut adalah adab Doa ketika saat hendak keluar rumah.

  1. Mengucapkan salam kepada keluarga ketika akan keluar rumah atau berpergian.
  2. Membaca doa ketika akan keluar rumah:
  3. Perlahan Menutup Pintu Rumah.
  4. Saat Akan Menaiki Kendaraan Hendaklah Membaca Doa,
  5. Ketika Akan Pergi Dilarang Dengan Keadaan Marah.
  6. Menjaga Diri Dari hal-hal Yang Bisa Menimbulkan Dosa.

Itulah doa Keluar dan sebelum masuk rumah semoga bermanfaat.

Doa lainnya :