Doa Masuk Rumah Baru

Posted on

Doa Masuk Rumah Baru.

Bagaikan muslim, maka saat kita akan Berpindah Futuristis hunian baru. Jangan lupakan untuk berdoa memohon kepada Alloh Swt agar diberi keberkahan, keselamatan dan ketenangan saat menempati rumah tersebut. Meski tak ada doa yang dikhususkan dibaca di masuk rumah baru, namun ada beberapa doa yang Bisa dibaca dan diamalkan.

Pertama yang wajib kita lakukan sebelum berdoa tentu aja bersyukur kepada Alloh Swt atas semua nikmat yang Alloh berikan kepada kita berupa rumah baru. Dengan  itu Bisa Jadi sarana kita untuk beribadah dan berdzikir dengan lebh tenang lagi. Niatkan yang bagus supaya rumah Itu manfaat untuk hal hal yang bagus juga. Selanjutnya Yaitu dengan membaca doa.

Sebenarnya kita Bisa berdoa dengan apapun sesuai kehendak kita asalkan Itu bagus. Bisa juga dengan membaca ayat Al-Quran seperti surat Al-Ikhlas 3 sebanyak kali. Namun dibawah ini kami berikan beberapa contoh yang Bisa kita baca. Langsung aja simak berikut ini teks bacaan lengkap bahasa arab, latin dan artinya.

Doa Masuk Rumah Baru

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Artinya:

“Ya Alloh, sesungguhnya aku memohon kepadaMu kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan, dengan Menyebut Nama Alloh aku masuk dan dengan Menyebut nama Allah aku keluar dan kepada Alloh, Rabb kami, kami bertawakkal.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan untuk banyak beramal ketika di rumah, namun sifatnya umum berlaku untuk, tidak hanya rumah baru. Berikut diantaranya,

1. Sering-sering membaca Al-Quran dan melakukan ibadah apapun. Terutama membaca surat Al-Baqarah.

Baca Juga :  Doa untuk Suami
2. Membaca doa terlebih dahulu saat akan masuk.
3. Baca basamalah saat menutup pintu rumah.
Satu doa ketika keluar rumah. Ringkas, mudah dihafal, tapi khasiatnya besar:

بسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

BISMILLAHI TAWAKKALTU ‘ALALLAAH, LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Artinya”
Dengan nama Allah aku bertawakkal kepada Alloh. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Alloh.

Dalam sebuah hadis telah dinyatakan, siapa yang hendak keluar kemudian dia membaca doa di atas, maka disampaikan kepadanya: Kamu diberi petunjuk, dicukupi dan dilindungi. Maka setan kemudian berteriak:

كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ

Artinya:

“Bagaimana kalian bisa mengganggu orang yang sudah diberi hidayah, dicukupi, dan dilindungi.

Disisi amalan dan dzikir di atas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah juga mengajarkan kepada umatnya untuk melakukan sikap tertentu agar kediamanya di-masuki malaikat dan dihindari dari gangguwan setan. Diantara sikap itu yakni

1. Menjauhkan dari gambar makhluk bernyawa.

2. Menjauhkan dari musik.

3. Hendak berdoa ketika keluar rumah.

Doa tersebut tidak khusus untuk saat menempati memasukinya untuk pertama kali, tetapi hendaknya diucapkan setiap kali akan masuk rumah dan keluar rumah.
Artikel Lainnya :